Jangan Begadang dan Bangun Kesiangan

Ya, Bang Rhoma sudah mengingatkan bahwa begadang itu tidak sehat. Penyakit yang paling parah dari aktivitas begadang adalah kanker hati! Apalagi jika ditambah dengan aktivitas lain yang amat mubazir dan bahkan mengganggu orang lain untuk beristirahat. Ingat, mencegah jauh lebih baik dan murah ketimbang harus mengobati. Bangun kesiangan yang juga merupakan proses lanjutan dari begadang pun juga tidak sehat, tidak hanya rezeki yang katanya dipatok ayam.

Oleh karena itu, mulai saat ini juga: Yuk, atur gaya hidup kita lebih sehat lagi dengan tidak begadang dan bangun kesiangan. Atur juga pola makan kita sehari-hari. Pengaturan jadwal istirahat dan pola makan ini perlu diperhatikan karena memang tubuh kita sudah otomatis memiliki jam kerja yang tidak bisa diubah lagi, yaitu untuk penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna.

Kalau tidak percaya, pada pukul 21.00 – 23.00 adalah waktu pembuangan zat-zat tidak berguna atau beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Untuk itu selama durasi waktu ini sebaiknya dalam suasana tenang atau mendengarkan musik (lebih baik lagi sudah tidur). Pada pukul 23.00 – 01.00 adalah proses detoxin di bagian hati dan sangat diharapkan harus dalam keadaan tidur pulas. Lalu pada pukul 01.00 – 03.00 adalah proses detoxin di bagian empedu yagn kondisinya juga harus sama, yaitu tertidur pulas.

Pada pukul 03.00 – 05.00 proses detoxin sudah di bagian paru-paru yang akan menyebabkan batuk hebat bagi penderita batuk. Inilah proses pembersihandi bagian saluran pernapasan sehingga tidak perlu minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran. Bagi perokok aktif, proses pembersihan cenderung berlangsung dengan tidak sempurna. Sedangkan pada pukul 05.00 – 07.00 proses detoxin terjadi di bagian usus besar yang menyebabkan kita harus buang air besar.

Paginya, pada pukul 07.00 – 09.00 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil sehingga sangat dianjurkan untuk sarapan. Betapa pentingnya sarapan sehingga ada anjuran lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00 – 10.00 daripada tidak makan sama sekali.

Nah, dari semua kondisi yang telah dijelaskan di atas, betapa pentingnya untuk jangan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang karena hal itu akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. Selain proses yang telah disebutkan sebelumnya, dari tengah malam hingga pukul 04.00 adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

O ya, telah dijelaskan pada paragraf pertama bahwa efek dari keseringan begadang dan bangun kesiangan adalah kanker hati. Selain faktor itu, kKerusakan pada hati juga dapat disebabkan oleh :

  1. Tidak makan pagi.
  2. Tidak buang air besar pada pagi hari.
  3. Pola makan yang terlalu berlebihan seperti mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng. Perlu diingat bahwa minyak goreng yang sudah digunakan tidak boleh dipakai memasak lagi meskipun minyak goreng yang bersangkutan adalah yang terbaik.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan (penyedap rasa), zat pewarna, dan pemanis buatan.
  5. Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak ½ matang.
  6. Merokok atau menjadi perokok pasif. Hey, para perokok aktif, tolong ya atur waktu dan tempat merokoknya … jangan di tempat umum!
  7. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan narkoba.

Yuk, ah, jaga kesehatan kita semenjak dini dimulai dari mengatur pola tidur dan pola makan. Mariii….[]

Advertisements

19 thoughts on “Jangan Begadang dan Bangun Kesiangan

  1. Insya Allah terhindar dari kanker hati 🙂
    karena dari 7 indikasi di atas, semuanya sudah saya lakukan kecuali tidur tdk terlalu malam. eh tapi pulang liburan ini selalu tidur sebelum jam 12 ding 😀 gak tau besok2, akan kembali di atas jam 12 apa engga ehehehe

  2. kalau tidur masih sering begadang kecuali pas lagi capek banget..
    kalau makanan, insyaAlloh udah bisa dijaga..
    makasih infonya bang 🙂

  3. Begadang sesekali boleh kan Bang..
    Alhamdulillah begadang ga begadang, bangun pagi ga pernah kesiangan, sudah menjadi rutinitas emak2, secara alarm hidup *baca adzan subuh* di pinggir rumah..

    Yuj ahh,,kita menjaga kesehatan..
    Makasih Bang udah mengingatkan..

  4. >> Ni CampereniQue : Amiiin. Saya pun masih suka bandel kalau soal tidur malam mah :p tapi ke depannya akan berusaha dijaga demi kesehatan tubuh. Diusahakan lah, Ni.
    >> djanuar : Ya, harus diubah lah, Djan, daripada terjadi hal2 yang tidak diinginkan?
    >> ‘Ne : Sama2, semoga bermanfaat.

  5. >> Nchie Hanie : Iya, fleksibel aja dan jaga terus kesehatan, Nchie. Jangan lupa botram loteknya ya ^_^
    >> Orin : Iya, pasti cerewet atuh kalau jam 10 belum ke kasur. Ditungguin juga :p

  6. saya sudah gak kuat begadang sekarang Bang, Faktor “U” kali 🙂
    pernah terpaksa begadang sampai pukul 2 dinihari, besoknya langsung meriang.

  7. iya bang, ini pun lagi usaha kok. tidur awal, tapi bangun cepat. bukankah otak pun lebih fresh ketika bangun pagi 😀
    semoga bisa awet niy kebiasaan tidur beberapa hari inis ebelum jam 12 😀

  8. terima kasih atas informasinya,,,
    saya dlu seperti yg disebutkan oleh artikel diatas,,
    tp skarang tidak, skarang saya terbiasa tidur dini hari,,,
    gmn sarannya terima kasih..
    salam karimalamin.blogspot.com

  9. >> YSalma : Ada masanya ya gak boleh begadang lagi. Semoga sehat selalu, Mbak.
    >> Ni CampereniQue : Amin. Terus menjaga kesehatan, Ni.
    >> karim : Semoga bermanfaat dan terus saling mengingatkan. Salam kembali.

  10. betapa saya telah membuktikan bahwa bangun pagi, apalagi dilanjut dengan olahraga jalan pagi, meski hanya sekadar 30 menit keliling kompleks perumahan, badan kita lebih terasa segar dan sehat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s