Sobat Bumi ala Pertamina

Sobat Bumi

Tanpa disadari atau memang sudah banyak yang tidak peduli, ternyata Indonesia telah kehilangan hutan seluas satu juta hektar setiap tahunnya. Oleh karena itulah berdasarkan angka penggundulan hutan “ekstrim” telah menempatkan Indonesia pada peringkat kedua (Maplecroft). Dan siapa pun sudah sangat paham bahwa koloni pohon alias hutan amat bermanfaat untuk menyerap dan mengunci sebagian besar karbondioksida, serta membantu menghambat perubahan iklim.

Berkenaan dengan Hari Kartini dan Hari Bumi di bulan April kemarin, Pertamina mengajak seluruh wanita Indonesia untuk menyuarakan aksi dalam melestarikan bumi. Namun, gerakan Kartini Sobat Bumi ini tidak tertutup juga untuk para laki-lakinya, lho. Artinya siapa pun bisa terlibat, tanpa membedakan gender. Apa itu gerakan Kartini Sobat Bumi? Inilah aksi nyata menanam dan merawat pohon. Dan gerakan ini merupakan bagian dari program Menabung 100 Juta Pohon yang dilakukan Pertamina bersama masyarakat sekitar.

Program Menabung 100 Juta Pohon bercita-cita menanam dan merawat 100 juta pohon di seluruh Indonesia hingga 2015. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak efek rumah kaca akibat emisi gas karbon. Program ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan tabung pohon, melalui pemanfaatan hasil pohon yang berkelanjutan.

2 Twit = 1 Pohon

Lalu caranya bagaimana? Ternyata amat mudah karena Anda tidak perlu mengumpulkan dana untuk melakukan gerakan ini. Cukup dengan hanya melakukan twit, Anda sudah dapat berpartisipasi. Setiap 2 twit (tidak termasuk re-twit) dengan hashtag #sobatbumi akan dikonversi menjadi satu bibit pohon untuk ditanam dan dirawat oleh Pertamina di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan. Konten twit berkaitan dengan penanaman pohon, ajakan aksi penghijauan, atau inspirasi untuk melestarikan bumi.

Nah, daripada nge-twit yang biasa-biasa saja, mengapa tidak nge-twit hal-hal yang luar biasa. Seperti 2 twit yang dikonversi menjadi satu pohon. Luar biasa, kan?! Ayo, nge-twit sebanyak-banyaknya dan sedekah pohon sebanyak-banyaknya. Oya, twit Anda tidak boleh mengandung unsur SARA dan bibit pohon yang dikonversi akan ditanam dalam periode waktu 1 (satu) tahun. Lalu, laporan penanaman bibit pohon akan disampaikan pada akhir tahun 2012 melalui www.kartinisobatbumi.com dan www.pertamina.com.

Medal of Honor

Jadi, kumpulkan pohon sebanyak-banyaknya dan koleksi 6 badge menarik atas usaha Anda melestarikan bumi. Keenam badge ini akan terpasang pada profil Anda setelah Log In. Sebagai ucapan terima kasih, khusus untuk Medal of Honor, Pertamina akan membuatkan medalinya dan mengirimnya ke alamat Anda. Menarik bukan?[]

Advertisements

24 thoughts on “Sobat Bumi ala Pertamina

  1. waahh .. ternyata …
    keren banget ini. saya mau ikutan juga ah …
    btw, bang aswi udah punya 262 pohon @_@
    sebuah hutan baru telah lahir … 🙂

  2. >> Nchie Hanie : Iya, tolong diulur ya …
    >> risa : Alhamdulillah, meski tidak melihat bentuk nyatanya tapi yakinlah bahwa ada 262 pohon baru yang ditanam ^_^
    >> Lidya : Semoga. Sampai saat ini sudah mencapai 15ribu pohon baru …

  3. >> marsudiyanto : amiiin, dan memang harus dan hanya kitalah yang peduli.
    >> Diandra : amiiin…
    >> yisha : pengen dong ^_^
    >> monda : hayu dimulai lagi, bu dokter, semoga bermanfaat untuk sesama.

  4. Bang.
    Pengennya saya juga dapat pohonnya. Ya bukannya pelit karena gak mau beli sendiri, tapi kalau dapat kan kesannya memang ada barangnya hehehe….

  5. >> M A Vip : mari aktifkan kembali ^_^
    >> dea : coba dong saling pengertian hehehe
    >> syahru Al Banjari : untuk tujuan kebaikan ya harus kreatif. salam kembali dari bandung ^^
    >> Myra Anastasia : sama-sama, semoga bermanfaat dan bisa membantu menghijaukan hutan2 di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s