#ngaBUBURsehat ala Blogger

Kesibukan yang luar biasa di kantor maupun di rumah, sedikit banyak telah membuat sosok itu tidak dapat membersihkan sarang laba-laba yang kini bersarang di blognya. Malu sih, tapi mau gimana lagi? Sementara itu ada banyak hal yang bisa di-sharing selama periode ‘mati suri’ namun semuanya hanya tinggal rencana dan angan-angan saja. Data foto sudah ada tapi apa daya kalau penyakit malas begitu menggerogoti.

Semua hal di atas harus dilawan! Dan inilah buktinya, yaitu saat sosok itu dapat menghadiri acara #ngaBUBURsehat di Bober Cafe pada hari Selasa (31/7). Acara ini diselenggarakan oleh ICT Watch Indonesia yang bekerja sama dengan Relawan TIK Jawa Barat. Acara intinya adalah mengenalkan kepada peserta undangan tentang bagaimana berinternet sehat sesuai dengan slogannya yang sudah menasional: wise while online, think before posting. Jadi, sambil ngabuburit atau menunggu waktu berbuka (puasa) tentu lebih baik diisi dengan hal positif seperti berdiskusi tentang internet sehat.

Alhamdulillah, acara ini juga didukung oleh Telkom Indonesia, Qwords, dan XL. Dari brosur yang disertakan, Telkom terus mempromosikan Speedy dengan layanan terbaru berupa upgrade jaringan agar pelanggan dapat menikmati layanan internet berkecepatan tinggi plus Groovia TV-nya. Qwords sendiri masih berdiri dengan penawaran pembuatan nama domain dan paket shared hosting-nya. Sementara XL memperkenalkan program #XLFutureLeaders sambil membagi-bagian voucher pulsa gratis dengan nominal 50ribu maupun 100ribu.

Setelah melewati jalanan Bandung yang semakin macet, sosok itu tiba di Bober Cafe tepat pada pukul 16.00 lewat sedikit. Seperti biasa, @tie_shanti sudah menghadangnya di meja registrasi agar mengisi daftar hadir yang ditukarkan dengan satu goodie bag dari sponsor. Di tempat acara, sosok itu pun bertemu @fauzanalfi, batagoris yang (masih) rajin menyuarakan Mozilla Community. Di panggung, @fajareridianto yang menjadi MC, menjelaskan apa maksud dan tujuan acara ini diselenggarakan. Joke-joke segarnya pun keluar seperti biasa, apalagi mayoritas peserta yang datang adalah para pelajar SMK yang dibawa oleh @metimediya.

@tjatur, Direktur IT Detik.Com sempat meminta waktu untuk menjelaskan apa itu internet, kebebasan berekspresi, dan hak asasi manusia. Semua itu sudah ada dan ditetapkan oleh undang-undang bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, sekaligus berhak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi. Akan tetapi, semua hal itu bukannya tak terbatas, karena ada nilai-nilai moral di sana yang harus diperhatikan, termasuk memahami hukum yang menaunginya agar tidak terjebak dengan kasus-kasus yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan ini, juga ditayangkan film Linimas(s)a 2, yaitu film dokumenter tentang para pengguna teknologi internet yang menginspirasi di berbagai wilayah Indonesia. Film ini sedianya akan di-launching pada Oktober 2012 nanti, jadi sosok itu amat beruntung dapat menyaksikannya. Sebelumnya, sosok itu sudah menonton film Linimas(s)a 1 yang menampilkan sosok Blassius Haryadi (tukang becak di Jogja), Blontank Poer (Komunitas Blogger Bengawan), Valensia Mieke Randa (Blood for Life), Enda Nasution (Komunitas Obsat) yang bercerita tentang kasus Prita Mulyasari, Usman Yasin (Gerakan 1 Juta Facebooker Mendukung Bibit-Chandra), serta Putri Wulan Sari dan Ahmad Nasir (Jalin Merapi). Jadi, tentu saja menjadi penasaran dengan film sekuelnya.

Pada akhirnya terjawab sudahlah apa dan siapa saja yang muncul di film Linimas(s)a 2, yaitu tentang perjalanan Manda, penyiar radio El Shinta, memotret kehidupan para pelaku teknologi internet di berbagai wilayah Indonesia. Di sana ada provokator damai di Ambon, radio komunitas di Lombok, kampung cyber di Yogyakarta, desa Mandalamekar di Tasikmalaya, dan Yati Rachmat (blogger senior WB) yang masih aktif ngeblog meski sudah berusia 72 tahun. Semua sosok dan kisah itu benar-benar menginspirasi bagaimana teknologi internet dapat dimanfaatkan dengan baik dan semestinya, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk masyarakat luas.

Acara #ngaBUBURsehat ini pun juga sebagai ajang kopi darat bagi sosok itu dan kawan-kawan pelaku internet lainnya, khususnya blogger. Sebut saja @adetruna, @Adeanto, @yudhaspiza, @banyumurti, dan lain sebagainya. Acara ini juga dihadiri oleh Korean IT Volunteers (KIV) dimana hari Selasa itu adalah hari terakhir mereka menjadi sukarelawan IT di Indonesia yang dianggap artis oleh para pelajar ABG. Di penghujung acara, sosok itu juga didaulat sebagai perwakilan blogger Bandung untuk menyerahkan simbolis 186 buku yang berhasil dikumpulkan oleh para blogger Bandung kepada Dago Cozy, perwakilan Kaskuser regional Bandung, yang nantinya akan digunakan untuk perpustakaan umum. Jumlah yang sangat besar dikumpulkan dalam waktu singkat, melebihi jumlah buku yang dikumpulkan oleh Kaskuser sendiri (70-an buku).

Akhirnya, semua yang hadir mengungkapkan dengan tarikan bibir ke atas sebagai kepuasan suksesnya acara ini. Tidak hanya kesiapan panitia yang dapat memberikan voucher Rp20ribu untuk berbuka dengan berbagai menu menarik, tetapi tempat acara yang memang asyik untuk dijadikan tempat nongkrong bersama. Sedianya, acara ini tidak hanya diselenggarakan di Bandung, tetapi juga di Makassar, Gorontalo, Semarang, Banjarmasin, dan Bekasi. Jadi, jika berkesempatan untuk menghadirinya, just be there![]

*) Foto-foto di atas adalah hak cipta @bangaswi, kecuali foto penyerahan buku oleh @fauzanalfi.

Advertisements

21 thoughts on “#ngaBUBURsehat ala Blogger

  1. Wah, idah belum pernah lihat film Linimas(s)a 2. . .

    Ada Bunda Yati juga, Bang. Tetap eksis si Bunda. 🙂
    Acaranya seruuu meski bulan puasa. . . 🙂

  2. Bang Aswi, Insya Allah tanggal 10 Agustus bunda bisa menghadiri acara BUKBER yang akan diadakah di Cyber Park Bekasi. Semoga bunda sehat. Syukur Alhamdulillah bunda terbawa di Linimas(s)a#2 ini berkat Emak yang cvantik Mira Sahid tuh. Akhirnya jadi artis dadakan, hehehehehe…..

  3. Maksudnya bunda akan bisa menyaksikan film dokumenter linimas(s)a#2. pada acara BukBer di Cyber Park Bekasi. Btw bunda digeret sama mbak Mira@yank atau Mira Sahid ketika KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger mengadakan gathering beberapa bulan yang lalu di Gedung IDC, Jakarta. Begituuu………

  4. Ciyee yang abis ikutan ngabuburit sehat, eeh keren itu kayaknya cerita filmnya, mau dong bang filmnya yang seri 1 😀

    Nampak lezat makannnya, buka waktu pagi2 gini 😀

  5. yah.. ga jadi dateng gara2 si Olive ke bablasan tidur, jadi BEte duluan, padahal dah siap2 mo berangkat kemaren..hiks..

    Seruu YA BAng
    Seneng deh Ngabubur Sehat nya..

  6. >> yati rachmat : Berkah di bulan Ramadhan tampaknya, Bun. Iya, semoga sehat selalu dan bisa berbagi inspirasi positifnya ke teman2 blogger di mana saja. Mira emang tukang geret2 ya? ^_^
    >> adetruna (@adetruna) : Yup, betul banget!
    >> Niar Ningrum : Alhamdulillah ya banyak acara. Ada di youtube kok, Niar. Silakan dicicipi hehehe … ^_^

  7. >> Meti Mediya : Emang ada. Tapi diriku tidak difoto oleh dirimu ^_^
    >> Nchie Hanie : Padahal ditungguan. Pasti seru dong. Rugi banget dikau nggak dateng, Nchie.
    >> marsudiyanto : Alhamdulillah, Mas. Rezeki tinggal di kota besar, tapi ada juga minusnya tidak seperti tinggal di kota kecil :p
    >> Applausr : Hayu atuh kalau waktu dan tempatnya pas hehehe …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s