Indonesia, The Most Beautiful Country in Asia

Setiap negara itu unik, sama halnya dengan manusia. Tidak ada yang sama, baik itu manusia maupun negara. Cara mengelola dan budayanya jelas berbeda, meski itu satu rumpun sekalipun. Bagi sosok itu, jelas antara Indonesa dan Malaysia tidak bisa dibandingkan. Namun sebagai rumpun yang sama sudah seharusnya keduanya menjalin kerjasama yang baik dan tentu juga saling menghormati. Malaysia sudah berhasil mem-branding negaranya dengan baik. ‘Truly Asia’ sudah melekat ke kulit mereka. Salah satu video pariwisata mereka menampilkan beberapa keindahan alam dan budayanya. Keindahan alamnya tidak perlu dibahas, tetapi yang membuat sosok itu mengernyit adalah beberapa budayanya yang mirip (beberapa orang bahkan mengatakannya menjiplak) dengan Indonesia. Baiklah, kita tidak akan membahas masalah itu.

Mari berbicara tentang branding. Teorinya, branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan atau badan tertentu dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Di sini, dapat terlihat bahwa branding dan brand itu tidaklah sama. Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan atau badan tertentu itu. Pada akhirnya ‘Branding Nation’ adalah sebuah aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh suatu negara dalam rangka proses membangun dan membesarkan potensi yang ada di negara tersebut. Malaysia sudah dianggap berhasil dengan brandingnya yang ‘Truly Asia’. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Menurut sosok itu, Indonesia jauh lebih kaya dengan kekayaan alam dan budayanya jika dibandingkan dengan Malaysia. Lihat saja luas Indonesia baik itu daratan maupun lautannya. Lihat luas hutannya yang berada di Kalimantan. Dengan keluasan wilayah yang seperti itu, tidak hanya alamnya yang kaya tetapi juga kaya akan budayanya. Jika tidak dapat dikatakan jutaan atau ratusan ribu, paling tidak pernah tercatat adalah ribuan bahkan puluhan ribu suku bangsa yang ada di Indonesia. Artinya ada sejumlah itu ragam budayanya. Ini jelas jauh lebih banyak dan kaya dibandingkan Malaysia. Kenyataan inilah yang membuat sosok itu berpikir bagaimana jika Indonesia memiliki tagline pariwisata ‘Indonesia, The Most Beautiful Country in Asia’. Indonesia adalah negara paling cantik dari sisi kekayaan alam dan budayanya. Kala mau ditambahkan, tidak hanya cantik tapi juga komplit (complete). Akan tetapi, cukuplah dengan tagline pertama.

Kemudian, apapun tagline-nya, tugas utama selanjutnya adalah ‘Branding Nation’-nya. Branding-nya bagaimana? Inilah tugas utama yang harus dikerjakan bersama-sama tidak hanya oleh pemerintah atau swasta, tetapi juga dengan masyarakat di seluruh Indonesia. Sumber daya manusianya terus dilatih dan dikembangkan agar menjadi ‘cantik’. Sumber daya alamnya juga diperhatikan, dijaga, dirawat, dan dikembangkan dengan baik agar juga tampak ‘cantik’. Apabila semua itu berjalan dengan baik, dan dukungan yang baik pula dari semua pihak, percayalah bahwa Indonesia BISA menjadi negara paling cantik di Asia. Indonesia, The Most Beautiful Country in Asia. Why not?[]

Advertisements

4 thoughts on “Indonesia, The Most Beautiful Country in Asia

  1. Saya pun turut bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya raya, tidak saja hanya dibandingkan dengan negara Malaysia tetapi juga negara-negara yang ada didunia. Tapi saya masih mempertanyakan kenapa branding nation kita terkesan dipersempit, kita tidak hanya “tercantik di Asia” tetapi juga “paling cantik didunia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s