Perang Air di Sungai Palayangan

Dingin. Hanya dingin yang terasa. Kaki pun digerakkan untuk menapaki sesuatu, tetapi tidak ada sesuatu di sana. Sungai ini dalam! Terapung-apung tanpa arah, dan patut disyukuri karena sosok itu bisa berenang. Namun satu wajah tampak pucat pasi di sebelahnya. Hanyut tanpa bisa apa-apa dan semakin menjauh. Refleks, tangan sosok itu langsung meraih jaket pelampung yang dikenakan sang pemilik wajah pucat itu. Ditahannya sejenak, sementara kaki sudah berhasil menapak batu di dasar sungai, hingga sang pemilik wajah pucat itu berangsur-angsur ceria kembali. Alhamdulillah….

Rafting-4

Rafting Adventure bareng DEWA SEO ~ Sebuah persiapan yang apa adanya. Meski begitu, hal itu tidak menjadi halangan untuk sebuah aktivitas yang menyenangkan. Apalagi refreshing bagi seorang blogger adalah sesuatu yang ‘wajib’. Blogging adalah aktivitas senang-senang dimana menulis telah menjadi gaya hidup yang mengasyikkan. Dan pengalaman ini tentu akan berkali lipat kadar kesenangannya karena melibatkan banyak blogger. Blogger Bandung yang dikenal dengan kreativitas kopdarnya, bener gak? Dan siang yang terik selama perjalanan dari Bandung ke Pangalengan pun jadi raib saat menyentuh dinginnya cuaca kawasan wisata Bandung Selatan plus jalurnya yang berkelak-kelok. Suegerrr! Inilah tujuan utama rafting di Bandung. Seriously!

Rafting-2

Tim Blogger Bandung sebelum memulai petualangan!

Adalah Dewa SEO yang menjadi ujung tombak sehingga Blogger Bandung dilibatkan untuk meninjau beberapa permainan di sekitar Sungai Palayangan. Salah satunya adalah permainan arung jeram atau rafting sepanjang sungai dimulai dari Situ Cileunca, sebuah danau buatan dengan luas lebih dari 14.000 meter persegi. Sungai Palayangan sendiri terjaga jumlah debit airnya karena adanya Situ ini, dimana pada kondisi normal memiliki debit air dua meter kubik perdetik (kalau musim hujan bisa mencapai lebih dari empat meter kubik perdetik). Ditinjau dari tingkat kesulitan, Sungai Palayangan berada pada kelas III – IV, artinya memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi (apalagi kalau di musim hujan). Dengan jarak (meski) sekira lima kilometer, tingkat kemiringan 30-60 derajat, tentu membuat para anggota Blogger Bandung akan merasakan petualangan yang luar biasa dan istimewa. Arung jeram di Sungai Palayangan Bandung, siapa takut?!

Rafting-1

Tim HORE saat latihan di Situ Cileunca

Pengalaman itulah yang dirasakan sosok itu saat mencobanya. Adrenalin saat menuruni jalur yang curam hingga merasakan boat yang digulingkan oleh Mas Jawa, sang tour-guide. Aba-aba ‘kiri’, ‘kanan’, ‘bum’, ‘dayung’, ‘mundur’, dan lain-lain sering terlontar dari mulutnya agar perjalanan rafting berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Perang air pun juga terjadi di sepanjang perjalanan antar boat. It’s sooo FUUUN! Sosok itu sendiri bergabung dalam satu tim dengan Nchie Hanie, Mira Ayank, Eduard de Grave, dan Ipang (karyawan Dewa SEO). Dua orang pertama adalah emak-emak gaul yang berani mencoba sebuah pengalaman pemacu adrenalin. Paragraf pertama di atas adalah sebuah kisah dimana boat Tim Hore digulingkan oleh Mas Jawa, dan pemilik wajah pucat itu adalah Mira Ayank. Sandal gunung yang dipakai sosok itu pun menjadi korban karena talinya langsung putus. Pengalaman yang luar biasa!

Rafting-3

Perjuangan yang tak kenal lelah!

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan rafting adalah: tinggalkan barang-barang elektronik seperti hape atau kamera. Percayakan semua itu pada panitia atau kawan yang tidak turut serta. Pada tahap perkenalan atau latihan di Situ Cileunca, hal itu masih bisa dilakukan karena di sini semua tim boat akan berlatih bagaimana cara mendayung, berlatih kerjasama tim hingga semuanya siap untuk melakukan rafting. Setelah itu semuanya bisa terjadi. Mas Jawa pernah bercerita ada orang pertelevisian yang memaksa memasang kamera di helmnya, dan yang terjadi … kamera itu hilang! Jadi, jangan coba-coba mencoba apa yang diimajinasikan. Bersenang-senanglah dan berteriaklah sepuas hati. Itulah yang kami lakukan! Blogger Bandung was doing some fun. Dan Ayah Dian Kelana ‘terpaksa’ jadi korban untuk ditetapkan menjadi fotografer. Hatur nuhun, Ayah.

Rafting-5

Inilah Tim HORE yang sungguh menawan dan menggemaskan itu

28 September 2013 adalah tanggal istimewa. Jumat adalah hari yang luar biasa. Pada saat itulah Blogger Bandung bersama Dewa SEO melakukan kegembiraan bersama atas undangan Airris Adventure yang mengusung pakem Rafting di Bandung. Dimulai pada pukul 14.00, acara rafting berlangsung dengan seru, tegang, rasa nyaman menyaksikan alam yang masih asri dengan hutan dan pertanian, kegembiraan bermain air, dan segala macam pengalaman pertama akan aktivitas rafting atau berenang di sungai yang beriak, hingga selesai menjelang maghrib. Pada akhirnya kabut pun menyambut kami semua di Group House Cileunca, laksana terperangkap di tempat yang entah. Tertarik?

Oya, satu lagi dan hampir saja terlupakan. Arung jeram atau rafting bukanlah satu-satunya permainan yang ada di tempat wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung. Airris Adventure juga menyediakan perang cat atau Paint Ball dan juga terbang tanpa sayap alias Flying Fox. Tetapiii, semua itu akan diceritakan sosok itu di episode berikutnya, ya.[]

Rafting-6

HOREEE!

NB: Bagi yang ingin mencoba rafting di Sungai Palayangan, ada beberapa paket yang ditawarkan. Salah satunya adalah Paket A yang hanya menghabiskan Rp150.000 per orang. Syaratnya minimal ada 6 orang yang ikut. Fasilitas yang diberikan adalah arung jeram selama kurang lebih 2 jam, air mineral, instruktur, P3K dan rescue team, transportasi lokal, tiket objek wisata Situ Cileunca, serta asuransi. Oya, sumber foto adalah sosok itu, Ayah Dian, dan fotografer dari Airris Adventure.

Advertisements

13 thoughts on “Perang Air di Sungai Palayangan

  1. wuiihh keren banget bang. sempet ke situ pas ada pemuda bunuh diri dan 4 hari terkapung, bukannya menikmati alam yang sejuk malah terusik mayat yang sudah membusuku. heuheu..

    kapan2 kalo maen lagi ajak ya baaang,:)

  2. >> damae53 : Ih, ngeri banget. Semoga bisa mengulang kembali bermain di sana tetapi dalam suasana yang menyenangkan ^_^
    >> cicifera : Iya, keren. Ke sana lagi yuk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s