Nyereung Itu Nikmat, Lho!

Nyer-1Entah mengapa yang namanya makanan selalu terbayang-bayang, apalagi kalau makanannya itu memang menarik secara visual dan lezat di mulut. Yummy! Bahkan, tiga bulan berlalu tetap saja terbayang-bayang dengan satu tempat yang takjauh dari Gasibu/Gedung Sate/Monumen Perjuangan, Bandung. Ya, sosok itu masih terbayang-bayang dengan satu kedai yang mengusung sebuah jargon “THE RIGHT PLACE TO SPICE UP YOUR TUMMY”. Ehm, inilah Kedai Nyereung yang dimaksud itu.

‘Nyereung’ adalah sebuah kata dalam bahasa Sunda yang artinya kurang lebih ‘menyengat’. Lebih tepatnya, ‘nyereung’ itu adalah sebuah kondisi dimana setelah minum soda ada perasaan ‘menyengat’ pada hidung. Bukan hanya soda, beberapa orang juga merasakan sensasi yang sama setelah memakan makanan yang pedas. Nah, sensasi ‘nyereung’ inilah yang akhirnya diambil namanya oleh kedai ini. Mengapa ‘nyereung’? Karena makanannya memang serba pedas alias lada dan minumannya pun serba mengandung soda. Inilah kekhasannya.

Masih teringat jelas bagaimana Blogger Bandung berkumpul di sebuah tempat yang terletak di Jalan H. Hasan No. 19 Bandung itu pada hari Senin, 22 Juli 2013. Saat itu bulan Ramadhan sehingga mereka semua bersiap-siap untuk buka puasa bersama. Mereka yang hadir selain sosok itu adalah si kembar Eva-Evi, Amalia, Nchie, Ade Truna, Rolly, Cici Fera, Agus Herry, Argun, dan teman-teman yang baru dikenal. Kedai Nyereung menempati bangunan dua tingkat yang bersebelahan dengan Black Salon. Dari desain interior maupun eksteriornya jelas bahwa kedai ini menyasar pada anak-anak muda yang hobi nongkrong dan bersenda gurau. Tetapi kalau ada yang bukan anak muda nongkrong, gak ada yang melarang, kok.

Nyer-2

Namanya juga Kedai Nyereung, sehingga makanannya dijamin tidak akan jauh dari aroma lada atau pedas dan minumannya juga tidak akan jauh dari soda. Kadar ladanya sendiri pun punya level atau tingkatan tertentu, mulai dari yang kalem, nyereung, sampai super nyereung. Harganya sendiri masih terjangkau oleh kantong mahasiswa. Misalnya saja, untuk main course, dessert dan minuman, harga yang diberikan adalah pada kisaran 10 ribu sampai 36 ribu. Bahan mentahnya sendiri berasal dari tiga hewan, yaitu ayam, bebek, dan sapi (iga). Varian makanannya ada Ayam Bakar, Ayam Nyereung, Bebek Nyereung, Bebek Saos Jamur, Iga Bakar Mayonnaise, Sup Iga, Tahu Nyereung, dll. Bagi yang menyukai makanan Sumatera Barat, jangan khawatir karena ada juga saus padang dengan tingkat kepedasan yang tinggi (meski bukan nasi padang, ya). Kalau untuk minumannya ada beberapa nama atau varian yang bisa dicoba, yaitu Black Magic, Lychee Ice Tea, Magic Lovers, Red Mojito, Blue Cute, Pink Love, Sky Banana, Strawberry Ice Tea, dll.

Nyer-3

Ayam Bakar Nyereung + Tahu Nyereung + Blue Cute

Nah, kebetulan sosok itu ingin mencoba Ayam Bakar Nyereung yang menjadi ciri khas kedai ini. Termasuk mencoba Tahu Nyereung sebagai cemilan, dan juga Seafood Nyereung yang berisi cumi-cumi plus Blue Cute. Soal rasa, nggak kalah dengan tempat-tempat makan berkelas yang menjamur di Kota Bandung. Peyajiannya pun eksklusif. Jadi, meski dengan kantong mahasiswa tetapi pelayanan ala resto mewah. Kalau ada istilah agak ‘telat’ masih terbilang wajar. Oya, Blue Cute itu sendiri adalah sebuah minuman yang berisi pepsi blue dengan tambahan sirup jahe dan beberapa potongan buah. Benar-benar ‘nyereung’ deh rasanya. Makanannya apalagi. Dan semua itu akan bisa dinikmati kalau langsung mencobanya sendiri. Jadi, jangan hanya berdasarkan apa yang sudah diceritakan sosok itu di sini. Sensasinya beda!

Nyer-4

Blogger Bandung yang Asyik Punya!

NB: Kalau ingin mengetahui lebih lanjut tentang Kedai Nyereung, sila follow twitternya @kedainyereung atau like fanpagenya di Kedai Nyereung. Jam bukanya kalau hari biasa adalah pukul 10.00 – 22.00 tetapi kalau weekend adalah pukul 12.00 – 00.00. Selamat menikmati ya … ^_^

Advertisements

9 thoughts on “Nyereung Itu Nikmat, Lho!

  1. >> Nis : Silakan dicoba hehehe, semoga berkenan dan katanya ada menu baru loh
    >> Moudy : Pas di seberang Telkom Japati. Kalau dari Unpad, belok pas Rabbani, atau dari SMU PGII (di belakangnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s