Menjadi Blogger yang Bermanfaat

“Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.”
(HR. Thabrani dan Daruquthni)

Menjadi bermanfaat adalah dambaan dan harapan semua manusia. Kehadirannya sangat dinantikan dan saat hadir seolah tidak ada keburukan pada dirinya. Semua manusia ingin berteman dan tersenyum padanya. Sungguh indah. Tidak ada manusia yang ingin menjadi tidak berguna dan tidak bermanfaat. Bahkan artis-artis dunia seperti Aaliyah, Elle Macpherson, Evan Rachel Wood, Enrique Iglesias, Mariah Carey, dan lain-lain pun mengatakan bahwa diri mereka adalah orang yang baik, orang yang bermanfaat. “I believe in love, children, and being a good person,” kata Leighton Meester.

Being a good person’ tidaklah mudah. Perlu waktu bertahun-tahun untuk membuktikan pada masyarakat luas bahwa diri kita ini memang baik. Akan tetapi menjadi manusia yang jahat tidak memerlukan waktu lama. Hanya satu perbuatan buruk saja, gelar ‘good person’ yang kita sandang bisa hilang. Itu baru menjadi manusia yang baik. Lalu bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat? Sebenarnya sebelas duabelas karena menjadi ‘good person’ pada akhirnya secara tidak langsung akan bermanfaat juga.

Abang-2Sosok itu sendiri sejak menasbihkan diri menjadi seorang blogger, terus berupaya agar bisa menjadi blogger yang baik dan bermanfaat. Blogger adalah sebutan pada orang yang gemar menulis di buku harian internet yang bernama blog. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger yang bermanfaat, salah satunya adalah tidak memposting atau menulis sesuatu yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Itu saja kunci paling dasar saat ngeblog.

Setelah dasarnya dijalani dan dijadikan kebiasaan, tentu akan mudah bagi seorang blogger menuliskan apa yang dilihatnya, didengarnya, dan dirasakannya. Sepanjang tidak menyinggung seseorang atau instansi tertentu, amanlah blog Anda. Setelah itu, sosok itu bisa menambahkan ‘madu’nya, yaitu menambahkan ilmu yang dipunyai, sesedikit apapun. Tidak ada ilmu yang basi, tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, meski sedikit.

Dalam sebuah hadis panjang yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Ibnu Umar diceritakan bahwa Rasulullah saw. mengatakan, “Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan ke dalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menunaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).”

Itulah panduan bagi seorang Muslim betapa menjadi orang yang bermanfaat itu sangat dianjurkan dan berpahala. Sosok itu pun yakin kalau Non-Muslim pun diajarkan dengan ilmu yang sama. So, jadilah orang yang bermanfaat. Jadilah blogger yang bermanfaat. Caranya sederhana, yaitu tidak menyinggung perasaan orang lain, mengkritik dengan cara yang ‘eleykhan’ eh elegan sebagaimana Anda berbicara dengan hati dan bibir penuh senyum, tidak membahas topik yang mengundang permusuhan, berkata tidak atau tidak tahu saat ilmu Anda tidak mumpuni, berbagi ilmu meski sedikit, siap menolong meski Anda sendiri sebenarnya sedang butuh pertolongan, dan menghindari percakapan yang Anda sendiri tidak paham atau tidak berhak berada di dalamnya. Dan masih banyak lagi cara sederhana yang bisa dilakukan. Apapun itu.

Menutup obrolan ringan ini setelah lama tidak meng-update blog ini, Kang Abik melalui akun twitternya @h_elshirazy pernah menuliskan, “Investasi paling berharga dan paling aman kau miliki adalah ILMU.” Have a good friday ^_^

And then a hero comes along with the strength to carry on
And you cast your fears aside and you know you can survive
So when you feel like hope is gone, look inside you and be strong
And you’ll finally see the truth that a hero lies in you
~ Hero dinyanyikan oleh Mariah Carey

Advertisements

14 thoughts on “Menjadi Blogger yang Bermanfaat

  1. setuju bang, walaupun jarang update blogger yang punya manfaat tentu lebih joss. sekecil apa pun sesuai kemampuan kita, mudah2an bisa senantiasa berbagi ya. berbagi ilmu atau rezeki. salam dingin dari Bogor 😀

  2. Duh, berat ya jadi blogger yg bermanfaat bang Aswi? selama ini walaupun tidak menyinggung siapa-siapa, tulisan blog saya biasa-biasa saja, tidak mencerahkan siapapun, kecuali saya sendiri tentunya 😉
    Semoga bisa ngikutin jejak Bang Aswi.

  3. >> belalang : Insya Allah harus bisa senantiasa berbagi. Salam hujan juga dari BDG
    >> Chandra Iman : Amiiin, semoga bisa jadi blogger manfaat
    >> taufan : Saling mengikuti ya, Mas ^_^
    >> cumakatakata : Amiiiiiiiiiiiiin……..
    >> Arif Setiawan : Aamiin
    >> akbar maulana : Meski sedikit … pasti bermanfaat
    >> kang haris : Saling mendoakan ya, Kang, saya sendiri harus banyak belajar berbisnis dengan Akang.
    >> Taufik Al Mubarak : Hayuuuuuuuuuk!
    >> Uniek Kaswarganti : Aminnn…
    >> edi padmono : Insya Allah bisa. Amin.
    >> Ety : Pasti bisa ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s