Ingatlah untuk Beristirahat

Manusia memang hanya bisa berencana dan berusaha. Manusia punya banyak keinginan, begitu pula dengan sosok itu dan keluarganya. Ada rencana mau berlibur ke Jakarta karena Kakak Bibin dan Adik Anin sudah nggak sabar ingin bertemu dengan mbahnya. Tetapi apa mau dikata, semuanya tinggal rencana belaka. Setelah beberapa hari tubuh sang belahan jiwa tidak enak dan nyaman, bahkan hari sebelumnya lebih banyak tidur-tiduran, akhirnya setelah dinas malam paginya langsung dirujuk untuk dirawat inap. Hari libur tanggal 25 Desember, Umi pun resmi masuk rumah sakit.

RS-1

Sungguh beruntung sang belahan jiwa dinas di RS Muhammadiyah. Meski nggak megang duit sepeser pun, bisa langsung masuk. Paling tidak, tagihan akan dikenakan di bulan berikutnya gajian. Khawatir juga, musim liburan anak-anak sekolah sosok itu nggak megang duit, ditambah sang belahan jiwa masuk rumah sakit. Sang adik yang di Jakarta langsung ditelepon untuk segera mentransfer sejumlah uang untuk pegangan. Inilah fungsi keluarga, saling membantu bila ada yang membutuhkan. Beberapa kawan pun sudah laksana keluarga, alhamdulillah.

Setelah malam sebelumnya anak-anak berkemping di halaman rumah, Umi pun terpaksa kemping di Gedung Dewi Sartika, kamar 110. Diagnosanya typhus dengan jumlah bakteri Salmonella Typhii sudah mencapai angka 6. Hebatnya sang belahan jiwa tidak merasa demam beberapa hari sebelumnya, hanya merasa dingin dan tidak enak badan. Mungkin tidak dirasa. Superwoman. Supermom. Luar biasa! Sosok itu salut dan takjub dengan kemampuan beliau. Bangga bisa bersanding dengannya selama ini. Seumur hidup berdampingan dari tahun 2002, tak pernah beliau masuk rumah sakit, dan kini setelah 11 tahun baru Sang Maha menegurnya.

RS-2

#BloggerBDG saat berkunjung

Hidup memang berputar, yang biasanya sehat suatu saat akan sakit juga. Paling tidak ini jadi peringatan agar terus menjaga kesehatan tubuh sekecil apa pun. Bisa dengan cara mengatur makannya atau menjalani pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Olahraga apa saja, mau sepedaan, mau lari, mau futsal, atau hanya sekadar jalan cepat alias jalan sehat. Sang belahan jiwa dengan gaya hidup yang luar biasa ke sana sini, bermotor ria, pun ditegur agar ada waktunya untuk istirahat. Kejadian lucunya, meski perawat, Umi takut dengan jarum dan merasa jeri saat dirinya harus diinfus. Yang luar biasa, doa rekan-rekan begitu hebat. Tercatat ada 74 komen dan 44 like pada status sosok itu saat mengabarkan istrinya masuk rumah sakit. Hatur nuhun, kawans. Dan sang belahan jiwa pun keluar dari RS pada 27 Desember. Cukuplah 3 hari 2 malam kemping di sana.[]

Advertisements

4 thoughts on “Ingatlah untuk Beristirahat

  1. Semoga trus sehat ya uminya anak2..
    Betul sekali, kadang keasyikan kerja, keasyikan beraktivitas membuat lupa dengan hak tubuh kita. Harus tetap istirahat dan asupan makan yg cukup.

    Saya merasa diingatkan nih.. Nuwun bang Aswi 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s