Ngobras Panser ala Blogger BDG

Mengapa mesti galau?
Sedang dunia ini tidak hanya ada kau
Masih ada dia, dia, dia, dan mereka
Dan di sinilah kita bisa berteriak, “No Galau, Kaaa!”

Sudah tiga hari ini sosok itu berlari. Dimulai sejak hari Senin, 6 Januari 2014, dengan hasil berlari sejauh 1.23 km interval tiga kali jalan. Setelahnya paha sedikit sakit sehingga hari Selasanya istirahat dulu. Sebenarnya total jaraknya bisa lebih dari itu, yaitu sekira enam kali trek lari resmi di Sabuga alias 2.4 km, hanya saja sosok itu memfokuskan diri pada jarak tersebut biar dapat melihat progres per harinya. Hari Rabu lari kembali dengan hasil lebih baik, yaitu lari 1.23 km interval dua kali jalan. Hari kedua itu napas rada tersengal karena faktor asma yang hampir kambuh. Dan hari ini bisa lari 1.23 km interval dua kali jalan. Memang sama, tetapi dari sisi napas jauh lebih baik dan tidak terlalu capek, bahkan bisa menambah jarak lari sampai 0.8 km lagi.

Event-1

Oke, itu hanya prolog saja agar progres lari bisa dipantau dengan baik. Postingan kali ini sosok itu tidak akan membahas tentang lari tetapi tentang aktivitas asyik lainnya, yaitu ‘Ngobras Panser‘. Apa pula ini? Inilah gelaran #BloggerBDG bersama QWords di akhir tahun 2013. Ngobras adalah akronim dari Ngobrol Asyik, sedangkan Panser adalah akromin dari Passion Blogger. Jadi, ‘Ngobras Panser’ adalah Ngobrol Asyik (tentang) Passion Blogger. Bukan kebetulan kalau event ini adalah salah satu dari rangkaian #QwordsRoadShow di lima kota besar, yaitu Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Medan.

Jadi, ide acara ini sederhana saja, meski sosok itu tahu bahwa QWords sebagai pihak pendukung sudah menyiapkan jauh-jauh hari. Bella, markomnya QWords menghubungi sosok itu dan menjelaskan tentang acara yang bisa dibuat di Bandung. Setelah saling sapa di email dan twitter, keduanya pun ketemuan di daerah Buah Batu. Dari sana, akhirnya disepakati untuk membuat acara sederhana dan mudah-mudahan ramai. Sosok itu sendiri lalu menghubungi beberapa #BloggerBDG dan mereka pun siap bikin acara di akhir tahun 2013. Sosok itu pun juga mencorat-coret idenya hingga menghasilkan sebuah konsep acara bernama ‘Ngobras Panser‘.

Event-2

Duo MC dengan Duo Gitaris

Temanya sendiri kemudian dipilih “Transformasi Blogger dari/ke Penulis Buku dan Pentingnya SEO bagi Blogger”. Hal ini didasari bahwa ada blogger yang bisa berkarya sebagai penulis buku dan ada pula penulis buku yang kemudian berkarya menjadi seorang blogger. Kedua profesi itu bisa dijalani bersama-sama dan tentunya menghasilkan. Eh, memang blogger itu profesi? Jangan salah, menjadi blogger pun bisa menghasilkan materi, lho. Ada banyak contoh. Salah satunya ya sosok itu yang sering membawa pulang produk-produk tertentu atau uang hanya dari ngeblog. Untuk bahasan ini dipilihlah Evi Sri Rezeki yang berprofesi sebagai penulis buku dan blogger. Sedangkan tema SEO dipilih berdasarkan fakta bahwa sebuah blog tidak bisa terlepas dengan search engine optimization. Popularitas sebuah blog amat bergantung pada SEO. Dan Kang Argun adalah pilihan yang tepat untuk membicarakan hal ini mengingat dirinya adalah Bos DEWA SEO, sebuah kantor yang bergerak di bidang jasa optimasi mesin pencari.

Waktu dan tempat kemudian disepakati pada hari Jumat, 20 Desember 2013 di Simpul Space pukul 18.00 – 21.00. Simpul Space adalah nama tempat dimana para aktivis Bandung Creative City Forum (BCCF) sering berkumpul untuk menjadikan #BandungJuara. Bukan hanya mendiskusikan dunia perbukuan, perblogan, dan per-SEO-an, ‘Ngobras Panser‘ juga menghadirkan diskusi menarik tentang 5W1H-nya QWords yang diwakilkan oleh Kang Berri. Sebagai jasa pelayanan domain dan hosting yang sudah mendunia, QWords tetap harus turun gunung karena tidak semua pelaku online memahami apa itu domain dan hosting. Dan agar keseluruhan acara diskusi tidak membosankan, dipilih juga AH & Rekan untuk menghibur seluruh peserta dengan musikalisas puisinya yang bernas dan menyegarkan. Semuanya klop dan pas mantap. Eh, tapi ada kurangnya. Apa itu?

Event-3

Penyerahan dana komunitas didampingi Duo MC

Tentu saja hadiah! Selain merchandise/goodie bag dan doorprize dari QWords, sosok itu bersama teman-teman #BloggerBDG mencari sponsor lain untuk hadiah. Tujuannya biar acara lebih semarak dan mengasyikkan. Alhamdulillah ‘Ngobras Panser‘ pun didukung oleh Kaos Gurita, CKS, dan #BloggerBDG yang menyediakan buku “Cine-Us” Evi SR. Kaos Gurita sudah pasti menyediakan kaos blogger yang superkeren dan CKS menyediakan kaos distro bertemakan sepeda plus stiker kampanye hijaunya. Semua berpadu dan bersinergi dengan amat luar biasa. Dan hasilnya?

Alhamdulillah, berkat kerjasama yang apik antara #BloggerBDG dan pasukan QWords, acara ‘Ngobras Panser‘ tersaji dengan amat seru dan menarik. Acaranya pun sedikit molor hampir satu jam karena saking ramainya. Pokoknya meski jumlah peserta hanya 30-an orang, tetapi duo MC Ade-Hani mampu membakar hadirin yang diselimuti gerimis nan dingin. Begitu pula dengan penampilan para pembicara yang membahas seluk beluk dunia perblogan, perbukuan, per-SEO-an, dan kerennya AH & Rekan dengan musikalisasi puisi karya Widji Tukul – Remy Silado. Peserta yang hadir pun berasal dari beragam komunitas seperti Batagor, Warung Blogger, Emak Blogger, Komunitas Mozilla, Id Geek Girls, Blogger Kampus, Komunitas Sepeda, Media Cetak, Relawan TIK, dan bahkan Komunitas Pelaku Fitness (siapa ya?).

Event-4

Semua peserta ‘Ngobras Panser’ yang setia bertahan sampai diusir #eh

Akhir kata, peserta ‘Ngobras Panser‘ pada pulang membawa senyum di bibir. QWords yang diwakili Kang Ade Anto memberikan dana komunitas sebesar Rp2juta pada #BloggerBDG yang diwakili oleh sosok itu sendiri. Merchandise berupa boneka lucu dan goodie bag dari QWords tersimpan di dalam bawaan mereka masing-masing. Beberapa ada yang membawa kaos blogger dari Kaos Gurita, kaos sepeda dari CKS, juga buku bertandatangan penulisnya. Sosok itu sendiri menghadiahkan buku Storycake for Backpackers-nya pada Adew Habtsa, sang rekan pembawa musikalisasi puisi. Suasana Simpul Space juga amat mendukung dengan ruang belakangnya yang menyejukkan, mushola yang adem, dan juga sang bapak penunggu yang ramah nan ringan tangan. Tidak hanya perut kenyang tetapi juga mental dan otak yang kenyang bisa dibawa tidur, semoga melahirkan mimpi indah taklekangwaktu.

Sebuah kebersamaan tiada tara antara para blogger, komunitas, dan pihak swasta. Semoga kebersamaan ini bisa berkelanjutan demi kebaikan dan kemajuan #BandungJuara … amiiin.[]

Advertisements

4 thoughts on “Ngobras Panser ala Blogger BDG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s