Tips Bersepeda Saat Hujan

Banjir-1Musim hujan! Sudah pada tahu pastinya karena sudah ditandai dengan hujan setiap hari dan bahkan di beberapa tempat malah jadi banjir. Seperti hari Kamis dan Jumat kemarin di Bandung, meski hujannya sebentar tapi angin dan disertai hujan es membuat beberapa jalan langsung lumpuh. Beberapa pohon tumbang menghancurkan mobil dan rumah. Pohon tumbang yang berhasil dipantau sosok itu adalah di Balai Kota, Jl. Reog, Jl. Gatsu, Jl. Logam, dan Jl. Ambon. Mayoritas adalah pohon-pohon tua berusia 30 tahun, pohon-pohon penghasil oksigen yang baik.

Jumat kemarin pun hujan yang turun di Bandung juga diserta es. Kakak Bibin yang sedang renang rutin dari sekolahnya di Hotel Horison terpaksa menghentikan aktivitasnya. Ia melihat sendiri betapa banyak butiran es di lantai kolam dan tentu saja dingin. Sosok itu pernah mengambil dua genggaman es beberapa tahun lalu, mengerikan kalau menyaksikannya. Suara atap yang khawatir akan ambruk dan angin yang luar biasa kencang. Pokoknya harus bersikap waspada. RS Muhammadiyah saja pada hari Jumat itu kebanjiran, terutama di Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Radiologi. Air pun sampai masuk ke dalam lift yang langsung segera dimatikan.

Banjir-2Nah, berkenaan dengan itu, sosok itu kali ini mengetengahkan tips bersepeda saat hujan. Kebetulan artikel ini pernah dimuat di Koran Pikiran Rakyat edisi 14 Oktober 2012. Kontennya masih relevan dengan saat ini. Semoga bermanfaat ya … ^_^

  1. Siap dan sediakan jas hujan yang nyaman untuk bersepeda, biasanya terpisah antara atasan dan bawahan. Menjaga baju tetap kering adalah yang paling utama agar kesehatan Anda terjaga.
  2. Pergunakan lampu kedip di depan maupun belakang sepeda karena saat hujan pandangan pengendara kendaraan bermotor menjaga terhalang. Anda juga bisa menggunakan ‘reflective tape‘ karena dapat memantulkan cahaya dengan baik dan mudah dikenali.
  3. Hati-hati dengan permukaan jalan yang menjadi licin, terutama rel kereta dan bahan-bahan yang terbuat dari besi. Berjalanlah secara perlahan demi keselamatan Anda.
  4. Perhatikan lebih pada genangan air yang dimungkinkan adalah sebuah lubang. Jika dapat melihatnya, hindarilah. Anda bisa melihat pengendara yang ada di depan sehingga tahu jalan mana yang dianggap aman.
  5. Pergunakan jenis ban yang pas untuk jalanan licin. Pilih ban yang memiliki kembang agar dapat menempel kuat pada permukaan jalan licin. Untuk mencobanya, pilih jalan yang agak menanjak dan kalau terjadi slip berarti jenis bannya belum cocok.
  6. Berhati-hatilah pada beberapa benda yang tersapu hujan atau banjir sesaat ke tengah jalan. Batu, kerikil, atau sampah bisa menghambat yang mengakibatkan pecah ban atau bahkan membahayakan perjalanan Anda.
  7. Selalu siapkan kedua tangan untuk mengerem mendadak dan lebih dalam lagi. Pada kondisi hujan, fungsi rem akan berkurang terutama pada jenis V-brake atau U-brake.
  8. Jalanan yang basah akan membuat laju sepeda Anda menjadi lambat. Meski begitu, agar ban Anda dapat mencengkeram lebih baik pada permukaan jalan, kurangi tekanan ban hingga mencapai 80-85 psi (depan) dan 90-95 psi (belakang).[]
Advertisements

3 thoughts on “Tips Bersepeda Saat Hujan

  1. okeyy.. terima kasih tips tipsnya mas sangat berguna.. tapi sangat susah klo nyari barang barangnya harus kesana kemari buat beli perlengkapannya he..he..

    salam

    >> Nggak terlalu susah, tinggal pilah mana yang penting dulu. Misal jas hujan biasanya sudah termasuk reflektor. Pelan2 pasti bisa ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s