Yuk Ah, Ngeblog

Sudah lama juga sosok itu tidak menjadi trainer #alahgaya. Jadi seseorang yang bisa memberikan ilmunya di depan kelas. Anggap saja selama hiatus sosok itu terus mengumpulkan ilmu lebih banyak agar bisa membagi dengan lebih baik lagi. Paling tidak itu alasan terkeren yang bisa diutarakan #ehm. Dan alhamdulillah Rabu kemarin sosok itu kembali menjabat sebagai trainer, yang membahas masalah ngeblog #nyambung. Sebenarnya ilmu sosok itu sama saja dengan para peserta lainnya, hanya saja dibedakan lebih dahulu atau lebih berpengalaman saja. Tidak lebih.

Berangkat dari rumahnya di GBA Barat, sosok itu langsung menggowes dengan kecepatan tinggi menuju Ujung Berung, tepatnya di RM Restu Mande. Jarak 15 km ditempuh olehnya dalam waktu 52 menit. Kira-kira cepat atau standar ya? Rute yang ditempuhnya adalah Jl. Margacinta, nembus ke Jl. Rancabolang, nyebrang Soetta, lalu masuk ke Jl. Parakan Saat, diteruskan via Cisaranten hingga nembus ke Jl. AH. Nasution, belok kanan hingga sampai di lokasi tepat sebelum BTP alias Bandung Timur Plaza yang baru dibuat. Lumayan berkeringat dan hah-heh-hoh apalagi persneling disetel di level tertinggi.

Ngeblog-02Peserta pelatihan sudah banyak yang datang. Total dengan yang terlambat ada 16 orang, mayoritas para emak dan dua orang lelaki. Sebuah perbandingan yang wajar di dunia kepenulisan. Mereka memiliki semangat yang luar biasa, dari yang belum tahu bagaimana cara ngeblog hingga sampai yang sudah ahli dan hanya ingin mengetahui rahasia bagaimana membuat blog yang banyak dikunjungi, termasuk kunci-kunci SEO. Hufh, narik napas panjang dulu … intinya sosok itu hanya menekankan beberapa poin seperti database, alat pengetik, dan platform blog. Di luar itu masih ada yang namanya konsistensi dan tips-tips lainnya yang bisa dibaca di sini.

1. Database

Database ini penting, paling tidak bagi sosok itu. Mengapa? Karena sosok itu 100% tidak percaya dengan keamanan internet, termasuk juga dengan konektivitas. Untuk itu dia tidak pernah mengetik langsung di halaman dashboard, tetapi mengetik lebih dahulu pada alat pengetik dan kemudian mengeditnya di sana. Tulisan yang sudah dibuat, kemudian di-save dan diberi nama berdasarkan tanggal-bulan-judul. Misal, postingan ini diberi nama ‘0116 Ngeblog’, artinya ini postingan tentang seluk-beluk ngeblog yang diposting pada tanggal 16 Januari. Tahun tidak dimasukkan karena sosok itu sudah membuat folder tersendiri berdasarkan tahun. Bahkan, di dalam folder tahun ada juga folder-folder bulan.

Ngeblog-03

Setelah selesai membuat postingan, sosok itu membaca kembali untuk pengeditan. Inilah kunci mengapa tulisannya sebisa mungkin tidak typo dan lain sebagainya. Ini sebagai sarana latihan bagaimana membuat tulisan yang baik sebelum di-publish atau bahkan dikirimkan untuk ikut lomba atau ke penerbit (misalnya). Jika tidak ada lagi yang harus diperbaiki, postingan tersebut tinggal di-copypaste atau disalin-tempel ke dashboard. Jadi, tidak perlu menunggu waktu lama saat membuka internet. Cara ini pun efektif agar saat menulis tidak terganggu oleh godaan berselancar di dunia maya.

2. Alat Pengetik

Baiklah, alat pengetik apa yang biasa kamu pakai? Microsoft Words? Ya, banyak yang menggunakan alat bantu ini. Tidak masalah … dan sah-sah saja. Namun sosok itu tidak merasa nyaman. Salah satu alasannya adalah meski di Words sudah dirapikan seperti menggunakan tanda-tanda italic, bold, underline, dan sebagainya tetapi saat di-paste … hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Semuanya berantakan dan harus dirapikan kembali. Untuk itulah sosok itu lebih suka menggunakan Notepad sebagai alat bantu pengetiknya. Mudah dan ramah copy-paste. Coba saja … ^_^

3. Platform

Pembicaraan tentang ini sudah banyak yang mengulasnya. Platform yang amat dikenal para blogger adalah WordPress dan Blogspot/Blogger. Kalau tingkat lokal banyak yang mengenal BlogDetik (BD) dan Kompasiana (K). Mau milih mana? Lebih gampang mana? Sama saja, tinggal tergantung lebih biasa menggunakan yang mana. Sosok itu tidak berat sebelah, dan dirinya lebih suka dengan WordPress. BD dan K kebetulan masih menggunakan dasar platform dari WordPress. Keduanya pun sama-sama berjenis kelamin blog komunitas, artinya BD dan K sama-sama memiliki halaman khusus untuk anggotanya sehingga bisa dilihat beberapa tulisan anggotanya yang headline, paling banyak dibaca, paling banyak dikomentari, tulisan terbaru, dll. Di luar yang gratisan itu, ada juga blog berbayar (beli domain dan hosting-nya), yang pada akhirnya juga harus memilih platform-nya sendiri.

Ngeblog-04

Pelatihan ngeblog yang diselenggarakan oleh #WritingIndonesia ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Tak terasa, hampir tiga jam berlalu. Lygia Nostalina dan Astri Novia berhasil mengonsep acara dengan baik. Setelahnya baik sosok itu maupun para peserta langsung bersantap siang dengan nasi padang yang wuenak poll. Saat pulang, sosok itu pun masih sempat membawa satu paket Randang Padang yang bisa tahan satu tahun hehehehe. Mau?[]

Sumber Foto : Lygia Nostalina

Advertisements

8 thoughts on “Yuk Ah, Ngeblog

  1. baaang…aku juga mau ikut pelatihanmuuu….ke sini dooong #pakesepedayaaa hehehe…but seriously, banyak manfaat pasti dari ikut training seperti ini…suksees ya pak trainer …tosss!

    >> Hayu atuh, insya Allah kalau waktunya tepat bakal bisa deh. Dijadwalkan saja ^_^ #kring

  2. oalah, iya juga nih, saranya. Patesan kalo copas di word suka ada bayangan dan kalimatnya jadi berantakan.. nuhun ah kang.. *ngulik notepad dimana nya?* hihihi..

    > Biasanya kalau bawaan OS Windows sudah ada di Accessories, kalau Windows 8 bisa di-search.

  3. one day one post, programnya boleh juga nih mas, ngajakin blogger rajin ngeblog, jadi kepengen bisa…
    salam kenal mas 🙂

    >> Bisa langsung dimulai … mangga

  4. Pengen juga ah kapan-kapan nyedot ilmu ngeblognya secara langsung.
    Kalo saya kebetulan main ke Bandung, boleh mampir untuk ketemu ya kang…

    >> Hayu atuh. Jangan lupa kontek2 biar gak nyasar hehehe ^_^

  5. saya berminat jadi murid,
    akomudasi dijamin gak bang 🙂

    >> Mending saya yg diundang ke sana, lalu cari temen2 yang mau belajar bareng dan kelas pun dimulai….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s