Mie Sop Kampung

Ini postingan lama sebenarnya, tepatnya mengawali tahun 2014. Setelah malam tahun baru yang tidak lengkap karena Kakak Bibin lebih memilih bermalam tahun baru di Jakarta, paginya sosok itu bersama sang belahan jiwa bermotor ria menuju jalan Soekarno Hatta. Tujuannya adalah sebuah tempat makan (terbilang) baru tepat di seberang Kompleks Metro Margahayu, sebelum jembatan penyeberangan kalau dari arah Leuwipanjang. Sempat khawatir tujuan kuliner kali ini tutup karena biasanya per awal tahun seperti itu. Tetapi untunglah tidak.

Kuliner-04

Tempat yang dituju masih sepi. Tampak ada satu keluarga yang sedang menikmati hidangannya. Ruang parkir yang lumayan luas terasa lengang, apalagi pas motor diparkirkan ternyata di situ peruntukannya untuk mobil. Parkir motor lebih mepet ke tempat makannya. Tulisan ‘Mie Sop Kampung’ pun terpampang jelas di depan. Pemilihan font yang tidak kaku dan penataan karakternya juga menambah kedinamisan logo yang dibuat. Garis outline dengan warna merah menyala yang cukup tebal sangat ‘eye-catching‘ mengimbangi warna dasar font yang putih. Vektor mangkok pada latar belakang menambah kuat suasana betapa rumah makan ini menggunakan wadah serba mangkok seperti sop dan bakso.

Kuliner-05Sebenarnya ini bukan acara nge-date karena mereka berdua sedang menunggu kawan-kawan pengajian sang belahan jiwa yang sudah lama tidak ketemu. Reunian judulnya. Apalagi kurang dari seminggu sebelumnya ada yang mampir ke rumah mengingat sang belahan jiwa baru saja keluar dari rumah sakit. Anggap saja acara pagi itu adalah makan-makan di luar setelah sang belahan jiwa tiga hari memakan makanan rumah sakit. Sambil menunggu, sang belahan jiwa memesan sop yang terbilang khas tempat itu. Sosok itu sendiri tidak memesan karena entah mengapa sudah terbiasa tidak sarapan. Waktu memang masih pagi, menjelang pukul sepuluh. Sang belahan jiwa pun merasakan kesegaran sop saat mencicipi suapan pertamanya dengan sendok. “Cocok,” katanya tersenyum. Yang tidak cocok, ruangnya ‘agak’ terbuka sehingga jika angin berhembus, tiupannya jadi mengganggu terutama bagi pengunjung yang tidak kuat dengan angin besar.

Kuliner-06

Tadinya sang belahan jiwa ingin memesan Mie Sop Kampung (Rp8ribu) tetapi sepagi itu belum ada, sehingga diganti dengan Mie Sop Ceker (Rp10ribu). Eh, apa sebaliknya ya? Lupa. Pokoknya begitu, deh. Sosok itu sendiri tidak merasakan tetapi cukup tergoda dengan kerupuknya yang menawan hati. Kerupuk khas kampung. Semua menunya serba spesial (namanya). Selain menu spesial mie sop dan bakso, ada juga spesial ayam dan bebek, spesial nasi, spesial mie, spesial ikan, spesial soto atau iga, spesial sayuran, dan juga spesial steak. Harganya masih standar, yaitu mulai dari Rp8ribu hingga Rp20ribuan. Kalau serba iga di kisaran Rp30ribuan, kalau serba ikan (bawal, gurame, kakap) bisa sampai Rp50ribuan (satu ekor besar). Cukuplah untuk acara kumpul-kumpul makan atau makan-makan kumpul, meski kurang cocok untuk tempat nongkrong (lama ngobrolnya).

Kuliner-07

Tanpa terasa, semangkok sop kampung tandas. Sambel untuk sementara puasa dulu mengingat sang belahan jiwa baru keluar dari rumah sakit. Dan akhirnya, kawan-kawannya berdatangan. Pesanan mengalir lagi. Ternyata tidak hanya serba sop dan bakso, tetapi ada juga menu lain yang sudah modern (misalnya steak atau spageti) sehingga sebutan ‘kampung’ dirasa kurang cocok. Reuni yang ramai, apalagi ditambah beberapa anak yang turut serta lengkap dengan candaan dan tawa. Pertemuan sambil kuliner ini makin mempertegas tagline ‘Mie Sop Kampung’, yaitu ‘Kembali ke Selera Asal’. Konsep berkumpul jadi terasa nikmat dengan hidangan yang tersaji. Hanya saja suasana reunian itu amat disayangkan karena terganggu oleh satu-dua pelayan yang kurang ramah dan layanan yang tidak sigap (agak lambat). Bisa jadi karena ini masih pagi di awal Januari 2014 dimana mereka masih lelah setelah begadang memenuhi malam tahun baru. Siapa tahu?[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s