Membuat Stop Motion dari Kamera HP

Shaun The Sheep

Ada yang tahu ‘Stop Motion’? Istilah ini sebenarnya lebih mengacu pada hal teknis, yaitu proses pengambilan gambar/foto secara berulang lalu hasilnya diputar dengan urutan tertentu sehingga menghasilkan gambar bergerak atau film. Ya, ini memang teknik animasi dengan memanipulasi objek tertentu seolah-olah bergerak sendiri. Film yang menggunakan teknik ini biasanya adalah film yang objeknya menggunakan media lilin/clay, misalnya Shaun The Sheep. Kalau dari sejarahnya sendiri, katanya sudah dimulai dari tahun 1897 di sebuah area pertunjukan sirkus. Sejarah detailnya silakan cari sendiri, ya.

Stom-1

Nah, berbekal pengetahuan itulah, sosok itu iseng-iseng sambil nunggu Kakak Bibin tadi siang menerapkannya di halaman sekolah. Objeknya bukan hanya benda mati seperti baju-bajuan yang dibuat oleh Kakak Bibin, tetapi juga Adek Anin. Awalnya memang sulit menjelaskan pada Adek Anin apa itu ‘Stop Motion’ tetapi setelah beberapa kali memberikan contoh dari hasil foto Soner K530i, barulah dia mengerti. Paling tidak, Adek Anin selangkah lebih maju bagaimana membuat film dari beberapa frame foto. Gaya, ya?

Stom-2

Hanya saja yang perlu menjadi catatan, bahwa untuk membuat efek ‘Stop Motion’ harus menggunakan tripod agar kamera sama sekali tidak bergerak. Nah, bagaimana caranya kalau menggunakan kamera HP? Sosok itu lalu mencari akal dengan membuat tripod bayangan. Tidak ada tripod sebenarnya, hanya saja satu tangan memegang HP, lalu tangan lain menjaganya agar tetap stabil dan tidak bergoyang. Cukup sulit, tetapi kalau sudah membiasakan diri, pasti bisa juga meski tidak sesempurna yang menggunakan tripod.

Stom-3

Sosok itu pernah menceritakan tentang bagaimana cara membuat animasi dari photoshop. Intinya kurang lebih sama dengan cara itu, hanya saja lebih sederhana. Setelah beberapa foto dihasilkan, saatnya sosok itu menyatukannya dengan photoshop. Nggak perlu software lain yang lumayan ribet karena belum terbiasa, cukup menggunakan software sejuta umat di dunia desain hehehe. Nah, kira-kira beginilah hasilnya … mau coba?[]

Advertisements

7 thoughts on “Membuat Stop Motion dari Kamera HP

  1. >> nh18 : Iya, setelah dicoba2 kok jadi keren ya hehehe. Salam kembali…
    >> yovieasy : Wah keren, ayo atuh dicoba lagi ^_^
    >> Ujang Sundana : Memang boleh dan silakan coba, salam kembali….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s