KIA: Muncul dari Asia

Minggu, 27 April 2014. Pagi-pagi sosok itu sudah langsung menembus lalu-lalu lintas Jakarta, bergerak ke arah selatan, melewati jalan antar propinsi dan sarapan bubur ayam di Bogor, sedikit terjebak arus buka-tutup yang memang biasa terjadi di hari libur, merasakan hawa dingin dan ‘view‘ indah di Puncak, lalu berpanas-panas ria mulai dari Rajamandala hingga sampai Bandung. Ya, dia mengejar waktu menjadi seorang biker—sekalian mengantarkan motor yang sudah diperpanjang STNK-nya—agar bisa bertemu dengan kawan-kawan Blogger Bandung di BIP pukul 14.30. Dan … di pusat kota hujan pun turun tanpa diundang sehingga basahlah beberapa bagian tubuhnya hingga akhirnya selamat sampai di rumah, pukul 12 lebih sedikit. Perjalanan non-stop enam jam lebih.

Rasa kangen pada keluarga setelah ditinggal selama satu minggu akhirnya ketemu muaranya. Menikmati spageti buatan Sang Belahan Jiwa, sampai kemudian harus pergi lagi pada pukul 14.00 meski di luar sana hujan telah turun dengan derasnya. Enaknya bermotor ria di tengah hujan ini tentu saja tidak terlalu banyak saingan motor, mayoritas lebih memilih berteduh di pinggir jalan. Sosok itu sendiri tentu lebih memilih tidur di rumah kalau tidak ingat ada janji yang memang harus ditepati. Meski minim motor, tetap saja jalan Terusan Buah Batu dan Buah Batu macet total. Bergerak hanya sedikit demi sedikit, tidak bisa dikatakan merayap. Isinya tentu saja mobil. Dan sesampainya di Bandung Indah Plaza (BIP), pukul tiga sore kurang sedikit, dia bisa bertemu dengan kawan-kawan bloggernya. Sudah lama tak bersua jadi pertemuan itu begitu istimewa, apalagi di sana ada pameran sebuah produk mobil. Ini yang mau dibicarakan di sini. Mobil lagi mobil lagi hehehehe.

Pameran-11

Setelah ketemu @adetruna @fauzanalfi @alaikaabdul @efi_thea @tyanlicious @bandungdiary, sosok itu mencari-cari orang yang bertanggung jawab adanya mobil-mobil KIA di atrium BIP ini. Setelah dicari-cari dan sempat salah dua orang, barulah dirinya ketemu dengan @enzeliq yang lagi berdiri di belakang counter. Cantik dan murah senyum, ciri khas seorang Angelica Pramesthiningsih alias Teh Nining yang menjabat sebagai Asisten Manajer Marketing Communication PT. Kia Mobil Indonesia. Baru bertemu sudah langsung akrab. Baru ngobrol sebentar sudah dapat banyak informasi bahwa acara tersebut merupakan ‘Test Drive KIA on Tour 2014‘ pada tanggal 26-17 April 2014. Mobil-mobil yang boleh dicoba masih tergolong baru, yaitu Picanto, Rio, Carens, Sorento, dan Sportage. Apalagi ada embel-embel hadiah langsung dan undian berupa Samsung Galaxy Grand, voucher MAP senilai jutaan rupiah, dan merchandise KIA. Tanpa menunggu lama Ade Truna, Fauzan, dan Mbak Al langsung mendaftarkan diri. Sisanya tidak ikut-ikutan karena syarat utamanya harus memiliki SIM A/B.

Sekadar informasi saja ternyata ‘Test Drive KIA on Tour‘ ini sudah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut di 7 (tujuh) kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Palembang, dan Medan. Nah, tur di BIP Bandung ini adalah pembukaan dari ‘Test Drive KIA on Tour 2014’. Bandung memang Juara. Kota-kota berikutnya yang akan didatangi adalah Jakarta (Juli 2014), Makassar (Agustus 2014), dan Surabaya (Oktober 2014). Jadi, siap-siap saja yang ada di kota-kota tersebut ya. Tidak hanya ‘Test Drive‘ yang juga dilaksanakan di berbagai negara, mereka juga memberikan apresiasi kepada pelanggan yang melakukan pembelian varian mobil KIA di Indonesia selama periode 1 Februari hingga 30 April 2014, yaitu 1 (satu) paket menonton pertandingan Piala Dunia 2014 di Brazil dan hadiah langsung berupa Kia World Official Soccer Ball.

Pameran-12

Menurut Teh Nining, paket menonton ini lebih istimewa karena yang menang bisa langsung menonton di kursi VIP. Duduk di belakang para pemain bola, bisa bersalaman, dan bahkan bisa foto bersama. Buktinya adalah saat Piala Eropa kemarin. Jadi kalau pas ada kesempatan ingin ganti mobil baru atau ingin membeli mobil, coba saja produk-produk KIA yang memang berkualitas dunia. Desainernya sendiri adalah Peter Schreyer, desainer mobil dunia yang juga pernah mendesain mobil-mobil Audi. Jadi wajar saja kalau hasil desainnya bergaya Eropa dan Asia. Pada bentuk Sportage sendiri, lampu belakangnya mirip sekali dengan desain mobil Audi. Pokoknya dijamin PUAS!

Event kemarin juga dilengkapi games-games seru yang akhirnya dicoba oleh sosok itu. Salah satunya adalah mengisi kuesioner yang disiapkan oleh para SPG yang berkostum pemain bola. Seksi dan menggoda. Pertanyaannya sendiri lebih menitikberatkan pada desain mobil-mobil KIA seperti tampilan depan, samping, belakang, bagasi, dan ruang kemudi. Setelah mengisinya, dia berkesempatan mengambil undian di fish bowl dan ternyata mendapatkan … 1 (satu) donat + hot tea dari J-Co. Yeay! Lumayan untuk mengurangi rasa lapar setelah melakukan perjalanan jauh. Games-games lainnya adalah KIA Speed Kicker—yaitu mencari penendang bola yang memiliki kecepatan tertinggi—dan Soccer Freestyler—juggling terlama. Hadiahnya sendiri adalah Samsung Galaxy Core, voucher MAP senilai jutaan rupiah, dan merchandise dari KIA.

Pameran-13

KIA Dukung Piala Dunia 2014

Tema yang diusung KIA tahun ini adalah ‘World Cup Road Show‘. Mengapa? Ini dikarenakan brand mobil asal Korea ini adalah official partner event akbar Piala Dunia 2014 di Brazil. ‘Test Drive‘ itu sendiri sebagai bukti peduli KIA yang memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mencoba dan merasakan berkendara dengan line-up terbaiknya. Ya, ini adalah layanan public awareness-nya. Hartanto Sukmono, Direktur Marketing PT. KMI, mengatakan, “Kami berharap dengan adanya event ini, masyarakat semakin mengenal dan dapat menerima produk KIA yang kami pasarkan di Indonesia.”

KIA Motors Corporation didirikan pada 1944 dan menjadi produsen kendaraan bermotor tertua di Indonesia. Jauh sebelumnya, perusahaan ini hanya memproduksi sepeda. Ini beneran, lho. Sampai akhirnya bertahan memproduksi mobil selama lebih dari enam dekade. Selain menjadi official partner di Piala Dunia 2014 (tahun 2007-2022), KIA juga menjadi sponsor utama kejuaraan tenis Australia Open (tahun 2002-2018) dan Kia World Extreme Games sebagai ‘title sponsor‘ (2013-2016). Dengan slogan ‘The Power to Surprise‘, KIA ingin menunjukkan energinya mengejutkan dunia dengan ‘providing exciting & inspiring experiences that go beyond expectations‘.

Pameran-14

Pameran-15

Mungkin banyak yang belum tahu, kata ‘KIA’ sendiri berasal dari dua makna. Pertama adalah ‘Ki’ berasal dari karakter Cina yang berarti ‘muncul atau keluar dari’. Mengapa Cina? Ternyata ada sebagian warga Korea yang masih menganggap Cina sebagai kiblatnya. Boleh dibilang bangsa Cina adalah asal usul Korea, bukan Jepang, katanya. Kedua adalah ‘A’ yang berarti Asia. Dan jika disatukan, jadilah ‘KIA’ atau yang muncul dari Asia. Dan sebagai buktinya, KIA telah menjadi pemain besar dunia yang muncul dari Asia. Lebih dari 2,7 juta kendaraan setiap tahun diproduksi di 15 pabrik dan perakitan di 10 negara yang kemudian dijual ke lebih dari 172 negara. Dengan jumlah karyawan lebih dari 47.000 orang, perusahaan ini mendapatkan penghasilan lebih dari US $39miliar setiap tahun.

Dari berbagai mobil yang diperlihatkan, sosok itu tidak hanya tergoda oleh Sportage yang memang merupakan model terbarunya tetapi juga pada kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) All New Sorento. Sorento ini baru di-launching bulan ini. Harga resminya berkisar antara Rp375 hingga 385 jutaan On the Road Jakarta. Detail spesifiknya, Sorento menggunakan mesin bensin Theta II yang berkapasitas 2.400 cc. Jantung mekanisnya mampu menghasilkan tenaga 176 PS. Mesin dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan shiftronic. Sistem keamanannya menggunakan ABS, ESC, airbag (kantong udara) serta disc brake pada empat rodanya. Keren nggak, tuh.

Pameran-16

Oya, satu games yang hampir terlupakan adalah twitpic. Di bagian depan kebetulan adalah boneka raksasa Fulleco (maskot Piala Dunia 2014), pengunjung bisa berfoto bersama dengannya dengan berbagai ekspresi kemenangan lalu di-twitpic dengan mention @KIAMotorsID dan tagar #fullecoandme. Hadiahnya sendiri adalah voucher MAP senilai Rp500ribu untuk 5 (lima) orang pemenang. Sosok itu dan kawan-kawan Blogger Bandung tentu saja tidak melewatkannya. Tinggal bergaya, klik, dan twit. Jadi! Seru, kan? Apalagi pas pulang, sosok itu dibekali merchandise dari KIA All New Sportage berupa jam, termometer, dan higrometer. Sederhana tapi ‘classy’. Belum dapat mobilnya, paling nggak dah dapat merchandise-nya.[]

Advertisements

3 thoughts on “KIA: Muncul dari Asia

  1. pokoknya all new sorento keren, titik πŸ˜€

    >> Harus belajar nyetir dulu biar punya SIM A, terus siapa tahu jadi magnet biar mobilnya datang ke rumah hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s