Hey, It’s My Birthday!

Tak terasa waktu telah berlari begitu cepatnya. Tahu-tahu, sekarang sosok itu sudah berkeluarga dengan dua putri dan telah tujuh tahun menggowes bersama Spidi. Tahu-tahu, sekarang sosok itu telah berkurang lagi usianya dan sudah muncul satu per satu rambut putih di rambut, janggut, maupun hidung. Lalu, apa yang sudah ia dapatkan selama ini?

Tengah malam, tepat pada pukul 00.05 ketika 31 Agustus baru saja membuka mata, sang belahan jiwa sudah mengirimkan sebuah pesan pendek, “Honeybunnyku, met ultah ya. Banyak harapan yang belum kita capai dan terlalu banyak PR. Renungkan dengan bertambahnya usia Abi. Apa yang sudah Abi capai untuk diri sendiri, Umi, dan anak-anak? Mau dibawa kemana kita bertiga sama Abi sebagai imam kita? Doa Umi selalu untuk Abi yang terbaik.” Dan pesan itu diakhiri dengan ikon ‘kiss’.

Me-05

Hatinya berdesir bahagia. Sosok itu masih duduk di bangku kerjanya. Tak lama ia membalas pesan pendek sang belahan jiwa, “Thank youuu, Umi cantiiik. Abi bahagia banget nget nget bisa hidup bersama Umi. Abi akui banyak kesalahan dan kekurangan selama ini, serta pernah menyakiti Umi. Abi menyesal sedalam-dalamnya. Maafin Abi ya, Hon. Untung Abi punya dan gak salah memilih Umi. Yuk, kita bareng-bareng membawa keluarga kita ke jenjang yang lebih baik lagi. Abi juga ingin seperti keluarga penghafal Al-Quran di TV tadi, minimal anak-anak kita. Dukung Abi terus ya, Hon. Love u always till the end.” Dan sosok itu juga memberikan tiga ikon ‘kiss’.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa harus sms-an? Malam itu sepi. Sosok itu sedang asyik menulis sendirian sementara kedua putrinya telah terlelap di kamar depan. Sang belahan jiwa sedang dinas malam di rumah sakit. Jadi, itulah alasannya. Dan tiga jam sebelumnya sang belahan jiwa sms agar sosok itu menonton salah satu saluran TV yang menampilkan Ust. Yusuf Mansyur. Di sana, terdapat bintang tamu sebuah keluarga penghafal Al-Quran. Jantungnya seakan berhenti dan menjadi kaku tubuhnya saat anak-anak mereka bergantian melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan lantunan indah tanpa membuka mushaf. Subhanallah.

Sang belahan jiwa lalu sms lagi, “Kiss kiss kiss. Umi pun gak luput dari salah, bahkan terlalu banyak salah yang disengaja dan gak Umi sadari. Maafin Umi ya, Cinta, karena belum benar-benar bisa ngelupain biarpun sudah memaafkan. Bahkan, pernah beberapa kali berpikir untuk membalas perlakuan Abi. Yang pasti, Umi sayang Abi banget.”

Sosok itu membalas, “Kenapa harus dines sih malam ini? 😦 ” Dan sang belahan jiwa kembali sms dengan konten yang harus disensor. Sosok itu menulis, “Love u muach muach kiss kiss.” Dan dibalas, “Love u too.” Sementara itu sang katak yang biasanya nyasar masuk ke dalam rumah tidak tampak batang hidungnya. Malam teramat sepi. Sosok itu mendesah bahagia, lalu melanjutkan pekerjaannya menulis hingga selesai.

Me-08

Pagi harinya, sang belahan jiwa sudah sampai di rumah. Dan tarrraaa! Satu kue ulang tahun kecil diserahkan pada sosok itu. Mereka berdua langsung suap-suapan saat itu juga namun kue itu tidak dihabiskan karena terasa giung (terlalu manis) bagi sosok itu. Biarlah sisanya diberikan pada Kakak dan Adik yang siapa tahu mau. Pagi itu kisah cinta mereka pun berlanjut dan harus disensor.

Ada yang berbeda dengan hari ini. Sosok itu sudah lama tidak mencantumkan tanggal lahirnya di fesbuk alias disembunyikan. Ia memang tidak terlalu suka dengan ucapan hari lahir, meski tidak melarang orang lain untuk mengucapkannya. Sehingga, wajar saja jika fesbuknya hari ini sepi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang hingar-bingar. Baginya, lebih baik hari peringatan itu cukup dinikmati dengan orang-orang terdekat saja, tanpa perlu ramai orang yang mengetahuinya.[]

NB: Tulisan ini pertama kali dimuat di bangaswi [dot] co pada 31 Agustus 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s