Lari-Lari Cantik

Lari itu sehat
Lari itu cantik
Yang cantik akan semakin sehat
Yang sehat akan semakin cantik

Ngomongin lari lagi, deh. Gak papa, yang penting kan tujuannya sehat. Siapa pun pasti sepakat bahwa sehat itu mahal setelah mengetahui bagaimana rasanya sakit. Bahwa sehat itu wajib bagi semua orang, termasuk kamu. Lari itu olahraga paling murah. Lari itu dasarnya olahraga setelah jalan. Gak harus punya sepatu mahal. Nyeker atau tanpa alas kaki juga bisa. Yang penting kemauan. Tinggal lari aja. Gitu aja kok, repot.

MariLari-16

Bagi yang ingin diet dan sering pake program ini-itu, coba deh lari. Gak usah diet gak boleh makan ini-itu dan harus makan itu-ini. Pokoknya lari aja. Kuatkan niat untuk lari. Cukup lari 5 menit. Kalau kuat dikit ya ditambah 15 menit. Makin kuat tambah lagi jadi 1 jam dan begitu seterusnya. Dimulai dari sebisanya kamu. Target 100 meter. Tambah lagi jadi 200 meter. Tambah terus jadi 1 km. Sampai pada akhirnya kamu akan mencapai target yang tidak terbayangkan sebelumnya. Beneran. Pola makan pun berubah otomatis setelah rutin berlari. Jarang makan gorengan, jarang ngemil, dan porsi makannya jadi berkurang begitu saja. Tanpa sadar, diet berjalan begitu saja.

Sosok itu sendiri sudah pernah bercerita bagaimana awalnya lari. Susah payah untuk menembus angka 1 km. Coba deh baca di sini bagaimana dia lari sejauh 1,23 km terpaksa diselang dengan jalan kaki sampai tiga kali 5 meteran. Paha pun terasa sakit. Kalau sekarang, alhamdulillah dia sudah bisa lari minimal 5 km. Serius. Gak perlu jalan kaki lagi di sela-selanya. Ritmenya sudah ketebak. Paling berat itu adalah 1 km pertama. Selalu ada perasaan mual, ingin berhenti, dan macam-macam. Ada yang bilang itu adalah batas kekuatan mental manusia. Kalau sudah lari lewat 1-2 km dijamin larinya sudah stabil dan asyik punya. Ke depannya, tinggal ditingkatkan lagi. Sedikit demi sedikit. Bikin target sendiri.

MariLari-17

Efek lainnya, lari bikin tambah temen. Gabung dengan komunitas, coba lari bareng. Kalau di Bandung ada program lari Selasa malam atau TuNR yang diadakan IndoRunners Bandung, biasanya kumpul dulu di Yoghurt Cisangkuy. Ada juga lari Kamis malam yang diadakan oleh Eiger di jalan Sumatra. Tempat lari juga banyak, kok. Bisa di Siliwangi, Saparua, Padjadjaran, atau di Gasibu. Pilih sendiri. Yang lari itu ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Seksi-seksi, lah. Tergantung pakaiannya, sih. Tapi itu mah bonus lain hehehe. Di Hangzhou, Cina, juga ada pelari cantik. Sudah terkenal. Fotonya tersebar di dunia internet, namanya Mao Dou dan masih berusia di bawah 30 tahun. Kelasnya sudah lari maraton, 42 km. Wajar, setiap lari dia bisa menempuh jarak 10 km. Cukuplah 3-5 kali seminggu.

MariLari-18

Mao Dou punya cita-cita yang tidak terlalu muluk bagi seorang pelari, yaitu dapat mengikuti 100 maraton tanpa cidera. Maraton bagi seorang pelari adalah ibarat ibadah haji bagi seorang Muslim. Itu kata seorang artis Indonesia yang hobi lari. Awalnya 1 km, terus 5 km, dilanjut 10 km, lalu half marathon atau HF, dan akhirnya marathon (FM). Tapi sekali lagi ini pilihan hidup. Kamu bisa memilih lari atau olahraga lainnya. Yang terpenting kan kamu harus sehat, bagaimana pun caranya. Ada yang mau seperti Mao Dou? #MariLari Yuk![]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s