Bersepeda Bugarkan Jantung

Pengguna sepeda untuk berbagai kegiatan, terutama menuju tempat kerja, telah semakin banyak di sekitar perkotaan. Mereka bukanlah orang tak punya, justru sebagian dari mereka adalah para pengusaha muda. Jadi, mereka pun sebenarnya memiliki sepeda motor dan bahkan mobil di rumahnya. Tapi mengapa bersepeda?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu badan PBB yang bergerak di bidang kesehatan menyebutkan, bersepeda merupakan aktivitas fisik yang murah dan cocok untuk menjaga kesehatan yang bisa dilakukan untuk tujuan kerja, sekolah, dan lainnya. Bahkan studi di Denmark pada tahun 2000 pun mengungkapkan, kegiatan bersepeda ke kantor bisa menurunkan angka kematian sampai 40 persen! Tidak usah diragukan juga kalau sepeda pun telah menjadi salah satu cabang olahraga yang terus dipertandingkan hingga ke tingkat dunia.

Sepeda-30

Beberapa pesepeda yang baru pertama kali mencoba jalur Bandung utara (jalurnya lumayan ekstrim, baik dari derajat kemiringan maupun jalannya yang offroad) mengatakan bahwa mereka merasakan kelelahan yang luar biasa dengan berkali-kali berhenti dan menghabiskan berbotol-botol air minum. Pegal-pegal otot pun masih dirasakan hingga berhari-hari setelahnya. Namun setelah dicoba berkali-kali pada jalur yang sama, mereka boleh dikatakan mengalami peningkatan yang berarti. Mereka jarang berhenti, napas sudah tidak terlalu ngos-ngosan, air minum yang di botol boleh dikatakan lebih awet, dan badan pun tidak pegal-pegal setelahnya. Hasilnya, kawan-kawan yang sering bersepeda sebagai sarana olahraga boleh dikatakan jarang sakit jika dibandingkan dengan yang tidak. Bahkan, ada yang mengatakan kalau mereka kemudian tidak pernah lagi absen bekerja.

Bugarkan Jantung

Salah satu manfaat penting dalam olah raga bersepeda adalah untuk kebugaran jantung dan paru-paru. Dengan bersepeda, maka akan melatih kebugaran dua organ vital dalam tubuh manusia itu sehingga daya tahannya akan semakin baik.

Sepeda-31

Pemanasan dan peregangan (stretching) merupakan tahap penting yang mesti dilakukan sebelum bersepeda, terutama pada otot-otot dan sendi tungkai yang dominan dipakai. Otot tungkai meliputi paha, betis, dan kaki. Aktivitas ini bisa dilakukan kira-kira 10-15 menit. Ketika bersepeda tekukan kaki tidak mencapai 120 derajat untuk mengantisipasi gangguan pada sendi lutut dan engsel.

Pagi dan sore hari merupakan waktu yang baik untuk berolah raga sepeda. Kira-kira saat panas matahari tidak terlampau menyengat yang bisa mengakibatkan badan kelelahan karena kepanasan. Hal ini bisa berdampak pada dehidrasi (kekurangan cairan) sehingga otot akan kelelahan.

Bersepeda termasuk jenis olah raga aerobik. Di samping memengaruhi jantung dan paru-paru, tulang dan otot yang dilatih meliputi otot tungkai, lengan, pinggang, dan punggung. “Usia di atas 25 tahun, biasanya daya tahan dan kekuatan otot berkurang terutama otot tungkai. Jika bersepeda dipilih sebagai alternatif olah raga, maka akan mempertahankan daya tahan dan kekuatan otot,” ujar dr. Edward E Tambunan, SpKO, Koordinator Fungsional Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM) Bandung.

Sepeda-32

Sebagai media olah raga, sepeda baik dan cukup praktis karena bisa digunakan semua kalangan, termasuk anak-anak. Hanya saja, anak-anak yang termasuk dalam usia tumbuh-kembang tidak dibebani target tertentu selain untuk fun atau rekreasi. Karena tidak membebani tubuh, bersepeda juga dianjurkan untuk orang-orang yang kelebihan berat badan (overweight).[]

Catatan: Tulisan ini dimuat di rubrik Back To Boseh pada harian umum Pikiran Rakyat (Minggu, 22 Januari 2012) dengan judul ‘Bersepeda Itu Sehat, Lho!’.

Advertisements

2 thoughts on “Bersepeda Bugarkan Jantung

  1. Saya paling suka olahraga yang satu ini, apalagi jika dilakukan di pematang sawah.

    >> Seruuu banget tuh. Saya aja kadang menyengajakan diri untuk masuk ke pematang sawah. Kalau jatuh ya belepotan, asal jangan ketahuan sama petaninya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s