Mengintip Bayi Lumba-Lumba

Jangan punahkan kami | Satwa penghuni alam setia
Air tanah dan hutan yang indah | Udara segar gunung serta lautan

~ Tjokropranolo (Gubernur Kepala DKI Jakarta 20/12/1980)

Event-67

Ini cerita lama, tapi terbayang-bayang terus. Apalagi dengan kelucuan sang bayi dan ternyata begitu sulitnya melihat jenis kelamin sang bayi ini. Mengapa sulit? Padahal kan tinggal ditangkap, lalu diperiksa, mudah kan. Ternyata tidak segampang itu. Bayi lumba-lumba sangat sensitif, sama halnya dengan bayi kucing. Tapi menceritakan bayi kucing yang langsung dipegang manusia langsung merinding, mending gak usah diceritain. Sama-sama tahu, lah. Nah, begitu juga dengan bayi lumba-lumba, meski sosok itu tidak tahu apa yang bakal terjadi kalau sang bayi langsung dipegang manusia.

Pokoknya setelah lahir, butuh beberapa lama (mingguan) sehingga jenis kelamin sang bayi bisa dilihat dan dipastikan. Pada saat itulah sang bayi langsung diberi nama. Nah, itulah yang terjadi dengan bayi lumba-lumba yang dilahirkan dari pasangan Puji dan Rio di Ocean Dream Samudra (ODS), Ancol. Dulunya ODS ini bernama Gelanggang Samudra atau Oceanarium yang diresmikan pembukaannya oleh Letjen Ali Sadikin, Gubernur Kepala DKI Jakarta, pada 28 Juni 1974. Perlu diketahui bahwa ODS merupakan Edutainment Theme Park ketiga bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat aneka satwa khususnya mamalia laut, yang juga menjadi konservasi ex-situ lumba-lumba.

Event-68

Kebetulan sosok itu mendapatkan undangan untuk dapat menyaksikan bayi lumba-lumba itu pada hari Kamis, 08 Mei 2014, pukul 10.30 di Underwater Theater. Sang bayi ini lahir pada tanggal 28 Maret 2014, jadi sudah berusia hampir dua bulan saat melihatnya. Kalau sekarang berarti sudah berusia hampir enam bulan. Sudah seperti apa ya? Oke deh lanjut, induknya yang bernama Puji mengandung selama 13 bulan dan tanda-tanda kehamilannya sudah mulai terdeteksi pada bulan Juli 2013. Pada saat itulah tim kesehatan hewan ODS segera melakukan USG (ultrasonography) dan terlihat janin bayi lumba-lumba sepanjang 18 cm. Pada Maret 2014 Puji memperlihatkan perilaku yang semakin aktif seperti melompat-lompat di atas permukaan air, termasuk nafsu makannya yang tidak stabil. Hal itu merupakan indikator penting bahwa Puji telah siap melahirkan.

Event-66Akhirnya, Puji terlihat mengalami kontraksi pada 28 Maret 2014. Sampai kemudian terlihat ekor bayi lumba-lumba yang keluar dari lubang vaginanya. Inilah bedanya lumba-lumba dengan mamalia lainnya yang kelahiran normal dimulai dari kepala dahulu. Kelahiran lumba-lumba dimulai dengan ekor terlebih dahulu atau yang biasa disebut dengan “fluke“. Keren banget istilahnya. Sampai akhirnya air yang semula jernih berubah menjadi merah pekat. Bayi lumba-lumba yang keluar refleks berenang naik ke permukaan untuk menghirup nafas pertamanya. Setelah itu sang bayi terlihat langsung minum air susu dari induknya. Tim kesehatan hewan ODS sangat menjaga kesehatan, kebutuhan gizi, dan produksi air susu dari Puji, termasuk multivitamin dan suplemen tambahan.

DOLPHY DAN DOKI CARD

Tidak hanya menyaksikan bayi lumba-lumba yang lucu, tetapi sosok itu berkesempatan untuk menyaksikan peluncuran Dolphi dan Doki Card. Kedua kartu ini adalah salah satu bentuk nyata kepedulian Ancol kepada pelanggannya. Dolphy Card dikeluarkan khusus untuk pelanggan ODS dengan harga spesial sebesar Rp120.000. Keuntungan dari pemegang kartu ini adalah bahwa pengunjung dapat mendatangi ODS tanpa bayar lagi selama setahun. Jelas jauh lebih murah karena untuk tiket reguler di hari-hari weekend akan dikenakan dengan biaya yang sama.

Event-69

Sedangkan Doki Card dibuat untuk para pelanggan yang ingin mengunjungi Atlantis Water Adventure (AWA). Tempat rekreasi yang penuh dengan permainan air ini juga dipatok dengan harga yang sama, yaitu hanya sebesar Rp120.000. Bayangkan, dengan harga yang sama di hari weekend pengunjung tidak hanya dapat masuk satu kali tapi berkali-kali selama setahun. Luar biasa. Oya, kalau ingin mengunjungi ODS, jam operasinya adalah pada pukul 09:00 – 17:30 WIB (Senin – Jumat) dan pukul 09:00 – 18:00 WIB (Sabtu/Minggu/Libur). Tiket regulernya sendiri dipatok dengan harga Rp90.000 (Weekday) dan Rp120.000 (Weekend). Jadi, jauh lebih beruntung memiliki Dolphi Card dan Doki Card, kan? Nah, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Ancol Customer Care di (021) 29 22 22 22.[]

Advertisements

One thought on “Mengintip Bayi Lumba-Lumba

  1. baru tahu nih tentang penjelasan fluke dan menyusui lumba-lumba, penasaran ngeliat proses menyusui lumba-lumba jadinya, Kang

    >> Itu pun tahunya dari sang pelatih. Kalau menyusuinya belum ngelihat secara kita dari atas ketutup sama beriak air ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s