Siapa Sosok Itu?

Me-01Ingin sekali memulai tulisan ini dengan kata-kata bersayap. Kata-kata yang tidak hanya terucap begitu saja tetapi juga masih bergema di dalam hati meski sang empu tulisan sudah berkelana. Jadi, nggak usah lah, ya. Nah, sebelum bercerita panjang lebar tentang hal-hal yang terjadi, alangkah lebih baiknya sosok itu menjelaskan tentang apa dan siapa sosok di belakang blog ini. Bagi yang belum mengetahuinya, sosok itu adalah sebutan dari kata ganti saya, aku, atau gue dari Bang Aswi. Pemilihan kata ganti ini tentu saja menjadi hal penting mengingat sebuah blog pun memerlukan brand yang unik dan mudah diingat. Dan Bang Aswi adalah sosok apa adanya dari seorang desainer grafis yang kebetulan menyenangi dunia kepenulisan dan persepedaan. Oleh karena itu konten dari blog ini tidak akan jauh dari ketiga hal tersebut ditambah dengan aktivitas perblogan yang (lagi-lagi) tidak bisa dilepaskan dari dunia kepenulisan dan desain.

Kata-kata adalah senjata
Ia tak hanya sekadar lisan atau tulisan
Ia lebih dari itu semua
Adalah sejarah, adalah kebudayaan
Dan semua itu bisa mengubah dunia

Entah sejak kapan sosok itu mulai menulis. Yang pasti ia menulis sejak bisa menulis, yaitu kelas 1 atau 2 SD, karena ia tidak pernah mengenyam pendidikan TK. Dan memang, ia begitu bodoh hingga angka merah selalu mewarnai rapornya hingga kelas 4 SD. Tetapi semua itu mengalami transformasi yang dahsyat saat naik kelas 5 SD. Jago matematika disandangnya hingga lulus SD. Pelajar teladan pun pernah diikutinya saat duduk di bangku SMP. Berbagai kompetisi pelajaran juga dijalaninya saat duduk di bangku SMA, hingga berhasil masuk ITB melalui jalur UMPTN.

Me-02

Jadi, apakah dengan diajarkannya anak-anak TK membaca dan menulis saat ini bisa menjamin mereka akan sukses di kemudian hari? Atau dipaksakannya anak-anak SD untuk belajar bahasa Inggris dan mengikuti kursus ini dan itu bisa menjamin mereka menjadi lebih cerdas saat dewasa nanti? Wallahu’alam.

Secara profesional, sosok itu mulai menulis sejak tahun 2000 dan “Copet!” adalah cerpennya yang pertama kali dimuat di surat kabar lokal Bandung. Kini, sudah lebih dari 50 buku yang diterbitkannya berupa antologi dan kumpulan cerpen, novel, komik, dan non-fiksi untuk pembaca anak-anak, remaja, hingga dewasa. Buku pertamanya adalah antologi cerpen “Atas Nama Cinta” (Asy Syaamil, 2001), sedangkan buku yang terakhir diterbitkan adalah “Storycake for Your Life: Backpackers” (Gramedia, 2013). Semoga akan ada buku barunya di kemudian hari. Amin.

Me-03

Sosok itu pernah bekerja di berbagai penerbitan sebagai editor dan desainer grafis, baik freelance maupun tetap. Saat ini, ia lebih memilih menjadi pekerja lepas alias freelancer. Bidang yang digarapnya tidak jauh dari dunia kepenulisan, desain, dan perbukuan. Di bidang kepenulisan, sosok itu pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah (2007) dan memenangkan berbagai lomba kepenulisan (khususnya) blog baik tingkat lokal maupun nasional. Di bidang organisasi, sosok itu adalah pengurus pertama FLP Bandung dan turut mendirikan FLP Wilayah Jawa Barat. Ia juga yang menjadi saksi pembentukan B2W Bandung, sebuah komunitas sepeda. Saat ini, ia masih aktif menghadiri acara-acara kepenulisan sebagai peserta maupun pembicara. Begitu juga mengonsep dan menghadiri acara-acara sepeda di Kota Bandung. Termasuk menginisiasi adanya #BloggerBDG sebagai forum komunikasi para blogger di Bandung yang ingin terjun sebagai jurnalis yang sebenarnya.

\(^o^)/

Advertisements

3 thoughts on “Siapa Sosok Itu?

  1. Salam kenal, Bang Aswi.. Sosok itu emang keren, ya 🙂
    btw saya juga gak maksa anak saya buat bisa baca-tulis-hitung di usia balitanya saat ini 🙂

    >> Mengalir saja dan jangan tergoda dengan program dari omongan orang-orang hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s