Atas Nama Sehat

Sehat itu mudah dan tidak sulit
Yang penting adalah mau menjalaninya
Buah alami solusinya dan janganlah pelit
Beli dan nikmatilah saat mengonsumsinya

Rasa sumringah yang sejak tadi meresap ke dalam hati tiba-tiba lenyap. Indahnya pemandangan yang ada di sekelilingnya seolah langsung berubah menjadi neraka. Warna biru langit, warna hijau pepohonan, atau asap eksotis yang melayang-layang di atas danau tidak lagi menjadi perhatian utama. Pandangan sosok itu nanar. Berputar tak tentu arah. Kadang memperhatikan sang belahan jiwa yang semakin menjauh, atau hanya menapak pada sepatu. Sesaaak sekali! Ia mencoba menarik napas panjang. Tapi sulit! Napasnya hanya tinggal satu-satu. Ia tahu tidak ada yang bisa menolongnya saat ini. Bau belerang itulah penyebabnya, ditambah baru saja menyelesaikan lari-jalan sejauh 5K. Ia menenangkan diri, meyogakan diri. Selang beberapa menit, napasnya kembali lega. Alhamdulillah.

Tinggal selangkah lagi. Setelah dipastikan napasnya lega kembali, sosok itu melanjutkan lari-larinya menyusul sang belahan jiwa. Sudah banyak orang yang bertamasya di Kawah Putih, padahal jarum jam belum menunjuk pada angka sembilan. Tempat wisata yang terletak 40 km di sebelah selatan Bandung ini relatif sudah stabil sehingga wajar kalau banyak dikunjungi wisatawan, termasuk dijadikan ajang Food, Fashion, and trailFunrun pada hari Minggu, 4 Mei 2014. Sempat berfoto, akhirnya sosok itu dan sang belahan jiwa langsung menuju garis finish. Meski urutan terakhir, mereka berdua masih mendapatkan asupan energi berupa pisang cavendish dan jambu batu. SunPride memang mendukung acara lelarian ini. Dan asupan pisang produk SunPride ini didapatkan lagi oleh sosok itu saat mengikuti Jakarta Marathon 26 Oktober 2014.

Dulu, sosok itu berpikir kalau pisang cavendish ala SunPride itu produk luar negeri. Maklum saja, selain namanya berkesan asing, produk buah yang (berkemasan) bagus biasanya juga dari luar. Sampai akhirnya ia tahu kalau SunPride itu milik PT. Sewu Segar Nusantara. SSN telah bekerja sama dengan petani lokal mengembangkan langkah-langkah pengendalian kualitas ketat yang tepercaya, jadi tidak heran kalau konsistensi kualitas, rasa dan kesegaran terus dijaga melalui penelitian secara terus-menerus ke dalam metode penyimpanan dan kemasan. Jujur saja, sosok itu tergila-gila dengan pisang. Dari semua pisang yang ada di pasaran, jelas dirinya lebih memilih pisang cavendish milik SunPride yang sudah terbukti enak dan bersih. Soal harga tentu wajar kalau lebih mahal, yang penting kualitas.

MENGAPA PISANG?

Sosok itu awalnya mengonsumsi pisang sebagai teman berolahraga karena ditawari saat bersepeda. Ia bersepeda sejak 2005 dan sudah banyak tempat yang dikunjungi di Jawa Barat ini. Dari semua perjalanan itu, pasti ada salah satu pesepeda yang membawa pisang. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada yang suka sekali membawa pisang sebanyak satu tandan. Wow! Dari obrolan ringan sampai mencari sendiri di internet, ternyata pisang sangat baik saat atau setelah berolahraga. Mengapa? Salah satunya adalah sebagai pengganti karbohidrat yang hilang dan mudah dicerna oleh usus. Penganan lain yang sering dibawanya saat berolahraga adalah cokelat.

Ternyata tidak hanya itu saja, pisang pun mengandung vitamin A, B6, dan C yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Flavonoid di dalam buah pisang juga bisa menjadi salah satu antioksidan yang mencegah terjadinya oksidasi dan pembentukan sel kanker. Keren, kan. Dan penelitian terbaru juga menunjukkan kalau pisang itu juga dapat dijadikan masker kulit sehingga dapat menunda proses penuaan. Hal ini karena adanya kandungan vitamin E dan potassium (kalium) yang mampu menghilangkan flek-flek hitam, menunda penuaan, menghilangkan keriput atau jerawat, melembabkan dan mencerahkan kulit, melawan radikal bebas, serta meningkatkan resistensi terhadap cahaya matahari.

Pisang adalah salah satu buah yang asli dari Indonesia. Kita mengenal pisang Ambon atau pisang Raja yang terus bergaung di pasar-pasar. Selain pisang, juga ada rambutan, duku, atau durian yang begitu khas dan bahkan hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Buah-buahan yang umum pun ada, misalnya apel (Malang). Namun meski sudah dikenal sebagai negara yang kaya akan buah-buahan, masih sedikit sekali yang diolah secara modern sehingga menghasilkan brand yang berdaya saing tinggi. Akibatnya, buah-buah impor membanjiri supermarket-supermarket di negeri ini. Buah-buahan lokal pun akhirnya hanya puas dijual di pasar-pasar tradisional dengan kualitas memprihatinkan. Ironis sekali, karena seharusnya buah-buah lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Untunglah ada SunPride sebagai brand buah lokal yang semakin dikenal oleh masyarakat. SunPride berhasil membangun kekuatan brand dan kualitas yang excellence. Branding yang bagus sehingga memiliki nilai tambah tinggi dan membanggakan karena berhasil membawa misi menjadikan buah lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. SunPride telah berhasil menjaga setiap proses pembibitan, penanaman, pemanenan, pengolahan pascapanen, hingga pendistribusian superrumit agar buah tetap segar dan berkualitas prima saat sampai di supermarket, sehingga memiliki standar kualitas kelas dunia.

Jadi, mengapa harus mengonsumsi buah impor kalau sudah ada buah lokal yang berkualitas? Apalagi pisang cavendish SunPride juga mengandung dopamin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa senang, bahagia, dan menghilangkan emosi negatif. O iya, kulit pisang juga bisa lho dipakai untuk mengempukkan daging yang akan Anda masak atau bahkan digunakan sebagai semir untuk sepatu, jaket, dan furnitur kulit Anda. Ini serius. Kalau tidak percaya, ya tidak ada ruginya untuk mencoba. Apalagi kalau alasanya adalah Atas Nama Sehat.

DAN AKHIRNYA GUAVA CRYSTAL

Pada saat selesai lomba lelarian di Kawah Putih tersebut, sosok itu tidak mengambil jambu batu. Pikirannya saat itu cuma ada satu kata, pisang. Ya, pisang adalah buah yang dikenalnya mudah dicerna setelah berolahraga. Jambu batu atau jambu klutuk tidak disentuhnya karena untuk mengonsumsinya tentu akan menjadi masalah. Keras dan banyak bijinya. Bakalan amat menggangu. Di kemudian hari, sosok itu mendapatkan lagi jambu batu dari SunPride. Kalau tidak salah ada seorang kawan yang memberikannya. Setelah dimakan, ternyata beda. Amat berbeda dengan jambu batu pada umumnya.

Jenis jambu keluaran SunPride ini ternyata memiliki nama Guava Crystal atau Jambu Kristal. Bentuknya tidak bulat dan cenderung persegi enam, mirip dengan bentuk kristal. Perlu diketahui kalau buah yang memiliki nama latin Psidium guajava ini adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Jambu kristal berbeda karena memiliki kandungan antioksidan likopen dalam jumlah tinggi sehingga mampu melawan kanker prostat. Penyakit lain yang bisa dilawannya adalah diabetes karena terbukti mampu mengurangi penyerapan gula dalam darah. Ada lagi? Masih banyak, misalnya kaya akan serat dan mudah dicerna di dalam perut, sehingga dapat mengatasi sembelit. Jambu kristal juga mampu meningkatkan sirkulasi yang dapat memacu fungsi otak.

Kandungan kaliumnya mampu mengatur tekanan darah. Bahkan, vitamin C-nya (628%) sekira 280% dari nilai harian vitamin C yang direkomendasikan. Jadi, alasan sosok itu tidak mengambil jambu kristal ternyata salah, padahal mudah mengonsumsinya, termasuk setelah berolahraga berat. Kandungan kaliumnya saja (688 mg) bahkan 40% lebih banyak dibandingkan pisang. Kalium ini amat bermanfaat buat sosok itu yang gemar berolahraga karena dapat mencegah terjadinya kram otot dan mengurangi rasa sakit pada otot, menambah energi, serta membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh setelah berkeringat. Lain kali, tidak hanya pisang cavendish yang harus dibeli, tetapi guava crystal yang memang enak dan menyehatkan. SunPride memang terbukti menghasilkan produk buah yang berkualitas, meski berasal dari buah lokal. Keren bingits, dah! Inilah alasan mengapa sosok itu jatuh cinta pada produk lokal yang berkualitas. Dan … sosok itu tidak keberatan, kok, kalau setiap bulannya dikirimin buah ke rumahnya. Siapa yang mau menolak? Atas Nama Sehat, lho … ^_^

Sumber Bacaan:
http://www.sunpride.co.id/indonesia/
http://www.sunpride.co.id/seputar-guava-crystal/
http://www.sunpride.co.id/catporto/guava-crystal-2/
http://www.sunpride.co.id/alasan-penderita-diabetes-harus-mengonsumsi-jambu-biji/
http://www.sunpride.co.id/resep-masker-pisang-untuk-masker-kulit/
http://www.sunpride.co.id/khasiat-tersembunyi-pisang-dan-kulitnya/
http://www.sunpride.co.id/pisang-berbintik-hitam-baik-atau-jelek-sih/
http://www.yuswohady.com/2015/02/22/talkshow-smartfm-branding-buah-lokal/
https://bangaswi.wordpress.com/2014/05/05/food-fashion-and-trailfunrun/
https://bangaswi.wordpress.com/2014/10/27/berlarilah-dengan-jujur/

Advertisements

3 thoughts on “Atas Nama Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s