(Hampir) BBQ-an dengan Ridwan Kamil

It takes hands to build a house,
But only hearts can built a home

Cawan-Kitchen_2Adem. Tulisan yang menghangatkan hati. Itulah yang dirasakan sosok itu saat membacanya. Entah siapa yang menciptakannya. Setelah mencari-cari pun ternyata memang penciptanya tidak dikenal. Namun tulisan atau quotes ini memang popular, dan sering dipakai di beberapa resto atau kafe. Salah satu yang memakainya adalah Cawan Kitchen, sebuah kafe artistik di Jl. Ciumbuleuit, tepat di seberang Hotel Harris. Bangunan yang dipakai adalah rumah lama dengan bentuk yang masih terlihat jelas, tapi sudah didekor ulang di bagian dalamnya. Bentuk garasinya masih terlihat dan sosok itu memilih tempat di sana. Warna catnya didominasi warna putih, cocok dengan warna kursi besinya, sisanya dipadupadankan dengan warna kayu pada meja. Penyeimbangnya adalah beberapa pohon sedang dan tanaman kecil. Romantis.

Cawan-Kitchen_1Pada saat sosok itu sampai di tempat tersebut, hari sudah gelap. Aktivitas di jalan begitu padat, lampu berwarna-warni terang benderang di sepanjang perjalanan. Namun warna biru masih tersisa di langit, sehingga momen romantis terasa sekali. Meski parkiran motor begitu padat, tetap tidak mengurangi kenyamanan melihat beberapa kursi yang sengaja dipasang di teras. Sang belahan jiwa yang diajak serta langsung tersenyum bahwa sosok itu mengajaknya ke tempat ini. Italian Strawberry Mocktail dan Caffe Latte segera dipesan sebagai pembuka. Kalau ingin memilih yang lain masih ada Pink Lemonade, Oasis Tea, Midnight in Paris Orange, Kiwi Lemonade, Mojito, Black Coffee, Cappucino, Hazelnut, dan Tiramisu. Harganya bervariasi antara Rp6ribu sampai Rp20ribu.

Kang Feroz, alumnus FE Unpar, langsung menyambut mereka bertiga. Yup, Adik Anin juga bahagia bisa diajak. Kang Feroz ini adalah pemilik dari Cawan Kitchen yang didirikannya bersama Kang Rendi pada tanggal 1 Agustus 2015. Berarti baru resmi dibuka dua hari yang lalu. Sungguh beruntung sosok itu, sang belahan jiwa, dan Adik Anin bisa mendatanginya. Konsepnya sederhana, yaitu sebuah kafe yang nyaman buat nongkrong, harganya masih terjangkau oleh kantong mahasiswa tetapi masih berkesan bukan murahan. Itulah yang membuat desain interior dan eksterior Cawan Kitchen seperti yang terlihat dalam foto.

Cawan-Kitchen_3

Sebelum memilih makanan berat, mereka bertiga mencoba pemanasan dengan yang ringan-ringan saja. Terpilihlah Beef Burger with Cheese dan kentang goreng yang diberi saus khusus. Entah apa namanya, tapi yang jelas memberikan sensasi berbeda di lidah jika dibanding hanya makan kentang gorengnya saja. Pemanasan yang sebenarnya membuat kenyang juga hehehe. Nah, atas nama kenyamanan dan mencoba berdamai dengan perut, sosok itu taklama langsung memesan makanan utamanya. Apa itu? Ayam Bakar Madu dengan Tahu Lada Garamnya. Eh, tapi Ayam Bakar Bali juga amat menggoda. Ya sudah, dua-duanya pun tidak masalah. Toh, yang makan bukan hanya sosok itu seorang, kan? Dan tanpa mengurangi rasa hormat pada sang perut, dipesan pulalah Nasi Goreng Kampung. Ini bukan masalah rakus, tapi memang kelaparan.

Cawan-Kitchen_4Menu makanan berat sebenarnya jauh lebih banyak lagi. Sebut saja Nasi Goreng Bali, Mie Goreng, Mie Rebus, serta Ayam Goreng dan Tahu Sambal Matah. Bosan dengan menu tradisional? Masih ada kok yang sudah modern semacam Mushroom Swiss Beef, Classic Grilled Cheese Sandwich, Hotdog, Boneless Crispy Chicken with Gravy Sauce, dan lain sebagainya. Harganya pun dijamin sesuai kantong mahasiswa, yaitu pada rentang Rp15ribu sampai Rp30ribu. Oya, pada foto makanan ringan di atas juga terlihat adanya martabak. Nanti dijelaskan di bawah.

Cawan-Kitchen_5

INI DULUNYA MARTABAK SHAFFRON

Yup, Cawan Kitchen ini adalah pengembangan dari Martabak Shaffron. Jika dulu hanya khusus menjual martabak dan hanya mengandalkan gerobak sederhana di teras rumah, kini seluruh rumah terpakai untuk berjualan martabak dan makanan lainnya. Nama ‘Shaffron’ tetap dipakai dan ada gerainya tersendiri di dalam. Martabak ini masih diminati oleh pelanggan yang memang sering mencicipinya. Soal rasa jangan ditanya, apalagi dengan topping manis yang menggugah selera. Cokelat-cokelat legendaris digunakan sebagai pemikatnya, seperti Rozella Hazelnut, Skippy Peanut Spread, Delfi Chocolate, Toblerone White, Van Houten Creamy Milk, Nutella + Toblerone White, Milo Bar, Hershey Kisses, Oreo, Cadburry, Smarties, dan Ovomaltine.

Cawan-Kitchen_6

Sosok itu tidak terlalu suka manis. Tidak terlalu suka martabak yang ‘giung‘. Untuk itulah dia lebih memilih rasa Beef Curry atau Chicken Curry. Yang pasti rasanya sesuai dengan lidahnya dan juga sang belahan jiwa. Tapi ini kan soal selera, siapa tahu beda. Nah, karena itu lebih baik sila langsung mencobanya di Cawan Kitchen. Kalau ingin melihat foto-foto yang menggugah selera bisa langsung mencek instagramnya di @cawankitchen. Untuk menu baru atau promo juga bisa dicek twitternya di @CAWANkitchen. Kebetulan pada malam Senin itu, sosok itu sempat bertemu dengan Kang Emil dan Teh Atalia yang memang ingin makan malam dengan menu barbekyu. Beliau biasa saja makan malam di luar bersama kerabat dan keluarganya. Tidak ada rasa canggung dan agak gimana-gimana. Santai saja. Hanya saja demi menghormatinya, dipersilakan untuk makan di tempat yang telah disediakan oleh tuan rumah. Apalagi saat itu juga beliau langsung mem-follow akun twitter sosok itu. Semangat makaaan![]

RSVP: +6282122221596 / 02282021527
Jl. Ciumbuleuit No.85, Bandung
Jam Buka: 09:00 – 23:00 (Senin-Minggu)

Advertisements

4 thoughts on “(Hampir) BBQ-an dengan Ridwan Kamil

  1. Asyik kalo ketemu orang terkenal ya mas. Keknya jadi orang yang happy banget jika ia tersenyum, menyapa, jabat erat, trus diajak bicara.
    Tapi saya terkecoh dengan judulnya. hihihi….
    Sukses buat Cawan Kitchen. Kalo Bang Emil ke sana, pasti recommended banget

    >> Duh, maaf kalau terkecoh, tapi memang benar kok. Hampir saja bisa makan malam bersama, cuma berbeda meja saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s