Instagram Tidak Lagi Bujur Sangkar, Lho

Instagram telah menjadi pemain utama di kelas aplikasi. Bahkan di media sosial, saat ini tidak lagi melulu bicara soal burung berkicau atau pesbuk, melainkan sudah melibatkan IG. Lebih dari itu, beberapa bahkan lebih suka posting pertama kali di IG yang sekaligus otomatis di-share di media keluarga biru. Yup, inilah teknologi. Hanya saja, bagi sosok itu IG tetap memiliki kekurangan. Di mana? Tentu saja pada format ukurannya yang cenderung ‘square‘ alias bujur sangkar.

Bagi beberapa orang (khususnya yang suka dengan seni visual) jelas amat mengganggu. Ada beberapa foto atau informasi yang harus ditampilkan secara persegi panjang, baik itu ‘landscape‘ atau ‘portrait‘. Sejak diluncurkan IG memang memiliki konsep tampilan foto berukuran 640×640. Sosok itu bilang, “Kaku!” Kalau alasan IG sih, “Format bujur sangkar telah dan selalu menjadi bagian siapa diri kami yang sebenarnya. Cerita visual yang ingin Anda tampilkan tentu harus disegerakan dan kami ingin membuatnya menjadi sederhana dan menyenangkan.”

Nah, bagi yang tidak terlalu menginginkan format bujur sangkar itu, syukurlah IG menjembataninya. Dimulai dari hari kemarin (Baca: http://blog.instagram.com/post/127722429412/150827-portrait-and-landscape), aplikasi ini sudah menyediakan format ‘landscape‘ dan ‘portrait‘, baik itu untuk foto maupun video. Keputusan ini diambil berdasarkan riset bahwa 1:5 foto atau video yang di-upload bukan dalam bentuk bujur sangkar. Lalu caranya gimana? Ternyata harus di-update dulu IG yang Anda miliki ke versi 7.5. Nanti bisa dilihat ada ikon baru di sana, tepatnya di kiri bawah (seperti yang terlihat pada gambar di atas) pada saat Anda sudah memilih foto/video. Tapi kalau ingin tampilan klasik bujur sangkar juga tetap ada, kok. Jangan khawatir.

Jadi, siap-siaplah berkreasi lagi ^_^

NB: Semua foto/gambar diambil dari petapixel.com/2015/08/27/instagram-will-now-support-landscape-and-portrait-format-photos/ dan postingan ini juga dimuat di Kompasiana.

Advertisements

4 thoughts on “Instagram Tidak Lagi Bujur Sangkar, Lho

  1. saya sempet ada tawaran waktu akan upload untuk membiarkan foto tidak kotak tapi hasilnya kok masih kotak ya???

    >> Sudah dijelaskan di atas, intinya klik simbol di sebelah kiri bawah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s