Liputan Datsun Risers Expedition Sulawesi

Datsun Risers Expedition (DRE) Gelombang II Etape 1 rute Manado ke Gorontalo telah selesai. Setelah itu, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) juga melepas para risers Etape 2 dari dealer Nissan-Datsun Palu. Mereka akan mengeksplorasi tanah eksotis dari Palu ke Toraja pada 15-17 September dengan menggunakan kendaraan Datsun GO+ Panca. Alhamdulillah #BloggerBDG yang terdiri atas Ali Muakhir, Ade Truna, dan Bang Aswi turut mengambil bagian di Tim Datsun 1. Mereka bertiga sudah tiba di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu pada hari Senin (14/9) pukul 8:30 WITA.

DatsunRiserExpedition_1

Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, menjelaskan bahwa pihaknya ingin menunjukkan kepercayaan dalam kualitas produknya sekaligus menempatkan relevansi brand Datsun dalam konteks kebudayan lokal Indonesia untuk mendekatkan risers dengan Datsun. “Datsun adalah merek global dengan produk lokal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” lanjutnya. DRE merupakan sebuah perjalanan inspiratif yang akan mengeksplorasi keindahan alam dan budaya lokal di seluruh nusantara, melewati lebih dari 10.000 kilometer, melalui 100 kota Jawa, Bali dan Lombok (gelombang I), Sulawesi (gelombang II), Kalimantan (gelombang III), dan Sumatera (gelombang IV). Tujuan ekspedisi ini untuk membangun awareness dan meningkatkan apresiasi akan kekayaan tanah Indonesia dan kebudayaan lokal yang sangat beragam.

DatsunRiserExpedition_2Selain mereka bertiga, juga ada 4 (empat) tim lainnya yang berasal dari Jakarta, Bandung, dan Balikpapan. Total perjalanan yang akan ditempuh selama tiga hari itu adalah 1.000 kilometer lebih dengan konvoi menggunakan 5 unit Datsun GO+ Panca melewati pemandangan hutan sawit, pantai, dan mengunjungi berbagai objek wisata lokal seperti Pusat Laut Donggala, Perkebunan Sawit Pasangkayu, Pantai Manakarra, Gunung Nona, Goa penguburan Londa dan Ke’te Kesu, desa yang terkenal akan ukiran kayu, tongkonan, serta lumbung padi.

RUTE PALU–MAMUJU

Para Risers DRE Etape 2 sukses melibas jalanan Trans Sulawesi dari Palu menuju Mamuju. Perjalanan sekira 415 km pun menyisakan rasa lelah, namun alhamdulillah semua itu terbayar dengan perjalanan yang mengasyikan. Nino, Risers asal Bandung, mengakui kalau perjalanan konvoi dengan banyak mobil merupakan pengalaman perdananya. Namun, dia sama sekali tak bosan dengan perjalanan selama 13 jam dari Palu ke Mamuju itu. “Capeknya hilang. Asyik dengan tim di radio enggak bikin bosen. Perjalanan bikin menyenangkan. Enggak nyesal deh, apalagi ini baru hari pertama. Kita lihat nanti sampai hari terakhir,” ujarnya di Mamuju, Selasa (15/9) malam.

DatsunRiserExpedition_3

Para Risers dan panitia di Perkebunan Kelapa Sawit Pasangkayu

Bang Aswi, Risers yang juga dari Bandung, pun mengakui hal yang sama. Hal menarik baginya adalah jalurnya yang bikin tegang. “Palu–Mamuju itu jalannya mengasyikan. Yang jelas banyak belok-beloknya. Jawa Barat masih kalah. Biasa di Jawa Barat yang ramai, enggak terlalu sepi. Tapi di sini tegang banget. Tegangnya karena nggak ada lampu penerangan jalan, sepi lagi. Meski sempat ketinggalan, tapi akhirnya bisa bergabung lagi dengan kecepatan tinggi. Enjoy lah. Pengalaman baru di tanah orang,” jelasnya tersenyum.

DatsunRiserExpedition_4

Para Risers saat di Tana Toraja

MENJADI RISERS TERBAIK

Akhirnya, DRE Etape 2 telah mendapatkan Risers terbaik selama perjalanan dari Palu (Sulawesi Tengah) ke Toraja (Sulawesi Selatan). Tim Risers terbaik ini dipilih berdasarkan penilaian panitia selama perjalanan. Yugo dari tim digital Datsun Risers Expedition (DRE) menyebutkan bahwa Risers terbaik adalah mereka yang aktif selama perjalanan. Para Risers itu dinilai dari keaktifan di jagat maya untuk mempublikasikan perjalanan eksplorasi Sulawesi, termasuk kekompakan tim serta sikap selama berkendara. Kedisiplinan selama berkendara dan keamanan berkendara juga menjadi penilaian. “Penilaiannya berdasarkan kekompakan tim, kedisiplinan, dan attitude mengemudi. Termasuk mereka yang selalu mengikuti arahan RC (road captain),” ujar Yugo.

DatsunRiserExpedition_5

DRE Tim 1 dari #BloggerBDG

Juara dua diraih oleh Tim Risers 4 yang beranggotakan Anggi Alfonso, Fadillah Ridho Pangesti, dan Billy Teofani Anes dari Balikpapan. Mereka masing-masing berhak mendapatkan satu buah kamera pocket. Sedangkan juara pertama diraih oleh Tim Risers 1 yang beranggotakan Ali Muakhir, Ade Setiadi Truna, dan Bang Aswi dari Bandung. Masing-masing berhak mendapatkan kamera GoPro.

Sumber:
1. otomart [dot] id [/berita/107-datsun-risers-expedition-masuki-rute-palu-toraja.htm]
2. oto [dot] detik [dot] com [/otofokus/read/2015/09/16/082538/3019937/1207/selesaikan-perjalanan-panjang-palu-mamuju-lelah-risers-pun-sirna]
3. oto [dot] detik [dot] com [/otofokus/read/2015/09/18/072438/3022176/1207/ini-dia-risers-terbaik-etape-kedua-palu-toraja]

Advertisements

2 thoughts on “Liputan Datsun Risers Expedition Sulawesi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s