Ukuran Kaos Pun Merambah ke Dunia Provider

Ukuran kaos pun merambah ke dunia provider. Ini memang terjadi. Sosok itu geleng-geleng kepala. Dunia memang sudah berubah. Makin berkembang dan makin maju teknologinya. Persaingan pun terjadi di beberapa sektor. Sebagai konsumen, tentu saja sosok itu senang-senang saja. Jika dulu harga telepon genggam begitu mahal dan masih terbilang khusus kalangan menengah ke atas, kini zamannya telepon genggam bak kacang goreng. Satu orang seperti tidak cukup memiliki dua telepon genggam. Jika dulu harga nomor dan paketnya begitu mahal dan cenderung ’empot-empotan’ buat bayar per bulannya, kini siapa pun bisa mengganti-ganti nomornya sesuka hati. Paketnya makin bersaing dan makin murah. Bonus pun bertebaran di mana-mana.

Hari ini anak-anak muda sudah tidak mengenal lagi dengan istilah ‘pager‘. Mereka jauh lebih paham tentang game online terbaru dan juga paket internet yang gila-gilaan. Telepon genggam sudah beralih fungsi tidak lagi melulu sebagai alat komunikasi, tetapi sebagai alat pencari data/berita plus nge-game. Mereka mencari spek bagus untuk bisa bermain game dengan nyaman, atau memilih fasilitas kameranya yang juara agar tampang narsis mereka bisa dibanggakan di media sosial. Fungsi telepon dan sms pun tergantikan oleh whatsapp, telegram, dan media sosial. Untuk itu, paket media sosial menjadi patokan utama untuk memilih provider yang tepat (baca: murah dan cepat). Saat ini, ukuran kaos bisa dijadikan paket oleh para provider itu.

Produk-06.jpg

UKURAN KAOS ALA IM3 FREEDOM COMBO

Provider kuning ini memang agak lambat membuat gebrakan di jaringan 4G-LTE, tetapi mereka terus berinovasi. Salah satunya adalah menyegerakan paket gila-gilaan dengan IM3 Freedom Combo, yaitu pada 13 Januari 2016. Indosat Ooredoo mengklaim bahwa inilah terobosan pertama di Indonesia yang akan membebaskan masyarakatnya dari ketentuan batasan waktu dan tarif. Kok bisa? Pertama, paket ini menyediakan bonus data hingga dua kali lipat (double kuota). Kedua, dengan paket ini pelanggan bisa menelepon dan sms tanpa batas. Jika sebelumnya mereka sudah dikenal dengan paket siang dan malamnya, maka Paket IM3 Freedom Combo ini bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, tidak bergantung pada waktu lagi.

Uniknya, dengan paket ini mereka menggunakan ukuran kaos sebagai pilihan yang sederhana. Bisa dibilang, mereka adalah pioneernya. Paket ini bisa dinikmati mulai dari Rp59 ribu per bulan dengan kuota 1GB + 1 GB (4G), serta telepon dan sms sepuasnya tanpa batas ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo. Yup, keunggulannya bahwa semua Paket IM3 Freedom Combo itu adalah ‘Unlimited Nelpon dan SMS’. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini bahwa mereka telah menyediakan Paket M, Paket L, Paket XL, dan Paket XXL. Benar-benar menggunakan ukuran kaos untuk memberi nama paket mereka. Alasannya sederhana, yaitu bahwa masyarakat tidak perlu lagi diberikan beberapa istilah yang rumit. Cukup dengan istilah yang sudah umum dan menjadi kesehariannya.

Produk-07

Pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia dapat mengakses dan membeli pilihan paket ini melalui *123# atau melalui mycare.indosatooredoo.com sejak 6 Januari 2016 kemarin. “Kami akan terus menghadirkan terobosan-terobosan produk dan layanan bagi para pelanggan, sehingga mereka dapat meraih manfaat dari telekomunikasi. Paket Freedom Combo ini didukung dengan layanan high-speed internet di jaringan data terkuat saat ini, yakni 4Gplus,” ujar Andri Pranata, Group Head Channel Management. Layanan 4Gplus Indosat Ooredoo telah tersedia di 27 kota di seluruh Indonesia, yang akan disusul oleh 14 kota lainnya.

UKURAN KAOS ALA XL PRIORITAS

Tidak kalah dengan si kuning, provider biru juga meluncurkan beberapa paket yang diambil dari ukuran kaos. Namun meski diluncurkan agak lambat, XL bermain di segmen yang berbeda. Jika Indosat bermain di segmen prabayar, XL bermain di segmen pascabayar. Diluncurkan pada 29 Januari 2016, XL Prioritas hadir dengan mengambil Dian Sastrowardoyo sebagai sosok Brand Ambassador. Dengan paket ini, mereka ingin membebaskan pelanggan dalam mengontrol pemakaian dan juga bebas dari rasa khawatir dalam berkomunikasi. Konsepnya juga dibuat sederhana, sehingga menjadikan beberapa paketnya dari ukuran kaos pada umumnya.

Produk-08.jpg

Produk-09.jpg

XL Prioritas jelas memiliki beberapa keunggulan. Pertama, prioritas penggunaan di jaringan 4G-LTE tercepat. Kedua, fasilitas worry free nelpon dan sms ke semua operator. Ini hampir sama, hanya saja IM3 Freedom Combo hanya bisa digunakan pada sesama pelanggan si kuning. Ketiga, worry free data roaming. Keempat, kendali dalam pemakaian. Kelima, pengaturan serba digital. Oleh karena ini adalah layanan pascabayar, maka ada persyaratan utama yang harus dipenuhi para pelanggan, yaitu memiliki kartu kredit. Jika tidak, mending mundur dari peredaran. Persyaratan lainnya adalah KTP. Detailnya bisa dilihat pada gambar di atas. Agar berbeda, XL Prioritas tidak memakai istilah ‘paket’ tapi ‘prio’, sehingga ada Prio S, Prio M, Prio L, dan Prio XL. Dari ukuran tersebut dapat terlihat kalau si kuning tidak menggunakan ukuran S, sedang si biru tidak menggunakan ukuran XXL.

Sementara ini, XL Prioritas baru memfokuskan pada beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, dan Makassar. Mereka pun baru membidik kalangan profesional muda, usia pertengahan 20-an tahun sampai 30-an tahun, aktif menggunakan teknologi digital, dan mengikuti tren gaya hidup. Itulah secarik kisah tentang ukuran kaos yang merambah ke dunia provider. Dan pada akhirnya … pilihan ada pada Anda sendiri. Mau memilih ukuran kaos yang mana. Mau memilih prabayar atau pascabayar. Masing-masing ada kelebihan, dan masing-masing jelas masih memiliki kekurangan. Jangan mencari kesalahan. Pilih dan nikmati saja. Hidup Anda ditentukan oleh Anda sendiri, bukan oleh iklan. Semangat beraktivitas![]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s