Arti Persahabatan [1]

Blogger-01

Sahabat. Sebuah kata yang kaya manfaat. Kebahagiaan paripurna saat menyebutnya sambil memperlihatkan barisan gigi nan putih. Namun bisa berderai air mata saat takada mereka di sekeliling. Merekalah yang selalu ada dalam suka, cinta, duka, dan pedih. Genggamlah dengan erat. Rasa cinta bisa dibakar oleh api cemburu, tapi persahabatan hendaklah disiram oleh air keikhlasan. Teruslah dekat, wahai sahabat.

Persahabatan itu ada 5 (lima) tingkatan sehingga bisa diukur dan dipetakan. Berikut akan dijelaskan bagaimana persahabatan itu diurutkan dari tingkat terendah sampai ke tingkat tertinggi.

  1. Fase Ta’awun atau saling menolong. Takperlu menunggu jadi sahabat kalau ingin menolong. Takperlu saling mengenal untuk memberikan pertolongan. Saling menolonglah meski bukan sahabat.
  2. Fase Ta’aruf atau saling mengenal. Persahabatan bisa dimulai pada tahap ini meski benihnya sudah disebar pada fase sebelumnya. Manusia akan lebih dihargai jika dipanggil dengan namanya, maka kenalilah mereka dimulai dengan nama panggilan kesukaannya.
  3. Fase Tafahum atau saling memahami. Kalau sudah saling mengenal, memahami akan kondisi sahabat jelas akan memberikan efek menenangkan. Memahami siapa sahabat kita adalah bentuk penghargaan selanjutnya setelah mengenalnya.
  4. Fase Takaful atau saling menanggung beban, tapi bisa diartikan sebagai bentuk interaksi yang saling melengkapi. Persahabatan selalu saja ada kekurangan, untuk itulah diperlukan adanya istilah saling melengkapi. Saling menguatkan. Indahnya persahabatan setelah menolong, mengenal, dan memahami adalah saling melengkapi.
  5. Fase Al-Itsar atau lebih mendahulukan sahabatnya. Sampai di titik ini, apalagi yang dibutuhkan dari seorang sahabat kalau sudah merasa diharga karena haknya lebih didahulukan dibandingkan dirinya sendiri? Sungguh paripurna jika persahabatan sudah sampai pada fase ini, seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah saw. dan para sahabatnya.

Blogger-02.jpg

Itulah mengapa kalau hubungan cinta juga harus dilengkapi dengan hubungan persahabatan. Itulah mengapa hubungan dalam sebuah keluarga, masing-masing anggotanya juga harus memahami tentang konsep persahabatan. Jadi, sudah sampai fase mana tingkat persahabatanmu?

Advertisements

7 thoughts on “Arti Persahabatan [1]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s