Asyiknya Berfoto di Papyrus Photo Bandung

Masa lalu tidak akan terulang
Waktu tidak pernah bisa dikembalikan
Hanya kenangan yang hanya bisa
Dinikmati melalui gambar dan tulisan

Ingatan sosok itu sudah agak samar kapan terakhir kali keluarga kecilnya berfoto bersama. Bisa jadi karena terlalu sering berfoto dengan gadget sehingga lupa kapan tepatnya. Hal ini bisa diakibatkan oleh sudah canggihnya teknologi gadget yang ada. Namun hal itu dianggap lumrah dan oke … tidak masuk hitungan. Jadi yang dimaksud di sini adalah foto bersama di studio dengan menggunakan jasa fotografer profesional. Nah! Baiklah, dia harus membongkar kembali file-file digital yang ada. Akhirnya dia menemukan foto tertanggal 8 Oktober 2013. Itulah hari dimana sang belahan jiwa berhasil diwisuda setelah tiga tahun berjuang di bangku perkuliahan Teknik Radiodiagnostik Politeknik Al-Islam Bandung. Sudah hampir tiga tahun berlalu.

Blogger-16

Lagi asyik muter-muter di Ciwalk, nemu spot bagus. Klik!

Kakak Bibin kini sudah di penghujung sekolah dasarnya. Hanya tinggal beberapa bulan lagi ia akan memasuki fase berseragam putih biru. Waktu begitu cepat berlalu. Ia telah menjadi ABG. Masya Allah. Momen seperti inilah yang tidak ingin terlewat begitu saja. Sudah saatnya bagi sosok itu untuk segera menjadwalkan foto bersama lagi di studio. Tulisan bisa membalik memori sehingga kenangan masa lalu menjadi terpampang di depan mata. Begitu pula dengan foto. Namun pertanyaan berikutnya yang harus dijawab adalah, “Studio mana?” Dia berpikir sejenak. Terlalu banyak pilihan, apalagi di Bandung. Semua bagus, tapi sosok itu ingin yang istimewa. Harga harus ekonomis, tapi juga jangan yang murahan. Kualitas harus diperhatikan. Jadi … harus benar-benar dipikirkan secara matang.

Hingga kemudian salah seorang sahabat menyebutkan satu kata yang tidak asing lagi. Papyrus. Kata yang begitu melekat di pikirannya. Kata yang membawanya pada kebudayaan Mesir yang legendaris. Kata yang membuatnya kembali teringat pada komik bergenre petualangan yang amat digemarinya. Tintin. Kata yang begitu lekat dengan pekerjaannya saat ini sebagai seorang penulis. Ya, papyrus atau papirus (KBBI Edisi 3 hlm. 828) adalah tanaman alang-alang air (Cyperus papyrus) yang tumbuh di Eropa Selatan dan Afrika Utara, digunakan sebagai bahan kertas pada zaman dahulu. Mesir adalah negara yang memperkenalkan jenis kertas ini sebagai media tulisan sehingga begitu dikenal pada masanya.

AKHIRNYA … PAPYRUS PHOTO CIWALK

Blogger-17

Bisa jadi kalau pemilik dari foto studio ini memakai nama ‘papyprus’ karena alasan di atas. Wallahu’alam. Dia tidak ingin membahasnya lebih lanjut. Sosok itu sendiri jujur belum pernah bergaya di tempat tersebut. Akan tetapi dia sering banget wara-wiri di Jln. Bengawan karena inilah jalan pintas kalau ingin ke pusat kota dibanding harus lewat jalan utama. Di sanalah dia melihat hilir mudik beberapa orang yang ingin berfoto di Papyrus Photo, tepatnya di sebuah bangunan bernomor 29. Apalagi kalau pas musim wisuda, duhhh … jangan ditanya deh ‘crowded‘-nya. Hanya saja, ya itu, cuma lewat saja karena bagi dirinya buat apa main ke studio foto kalau bukan di saat yang tepat. Zaman mahasiswa, sering banget ke studio foto, tapi bukan untuk difoto melainkan untuk cuci cetak hehehe. Ketahuan jadoelnya, deh.

Maaf ya, kelamaan ngalor-ngidul, terlalu asyik soalnya kalau sudah nulis. Oke, akhirnya sosok itu berdiskusi dengan sang belahan jiwa pas malam minggu kemarin. Anak-anaknya kebetulan lagi menginap di Binong. Intinya adalah, “Mau foto keluarga lagi? Di mana? Budget-nya berapa?” Alhamdulillah langsung ketemu jawabannya, yaitu, “Ya. Di Papyrus saja, yang di Ciwalk, sekalian jalan-jalan. Rp500 ribu aja deh.” Lalu muncullah satu strategy plan untuk keesokan harinya. Pagi di hari Minggu (27/3) mereka berdua langsung bersiap-siap menuju Binong. Beberapa baju ganti sudah dibawa sebagai seragam buat difoto nanti. Sampai di Binong, Kakak Bibin diberi wejangan bahwa siang nanti akan difoto bersama, sementara Adik Anin masih tidur. Waktu bergerak cepat, sang belahan jiwa beres mengaji di Shafira sementara sosok itu sempat jalan-jalan di CFD Dago, mereka berempat akhirnya tiba juga Papyrus Photo Ciwalk.

Blogger-18

Bergaya dulu sebelum giliran tiba. Adik, mana matamu?

Awalnya bingung mencari lokasinya mengingat Ciwalk itu luas. Sambil mengukur jarak, mereka mampir dulu di mushala yang asri agar hati menjadi tenang. Ternyata, letaknya di lantai 2, di Ciwalk Extension FF-18. Naik saja melalui tangga jalan di sebelah kiri setelah masuk gerbang Ciwalk. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi tata ruangnya asyik banget. Berbagai pigura atau frame tersedia di beberapa tempat, dan … siapa pun bisa memilih gaya yang sesuai hanya dengan melihat beberapa foto yang terpajang. Sosok itu kemudian segera menuju meja resepsionis (meski bukan tamu undangan hehe) dan segera menanyakan ada berapa macam paket dan berapa harganya. Hingga akhirnya diambillah Paket Family A dengan harga Rp470ribu. Layanan yang didapatkan adalah empat pose, dua background, satu kostum, empat cetakan 4R, satu CD yang berisi 4 file pose retouch, dan satu cetakan 16RP + laminasi + frame minimalis.

PELAYANANNYA CUKUP MEMUASKAN

Sosok itu jelas ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Sudah bayar sebegitu besar, jelas ekspetasinya juga harus besar. Dia pun banyak bertanya ini-itu agar semakin mengerti poin-poinnya, jangan sampai ada yang terlewat. Untunglah karyawan Papyrus Photo dengan sabar menjelaskan dengan singkat, plus ditambah senyuman. Ya, anggap saja sambil menunggu namanya dipanggil, lebih enak sambil bertanya dan coba mengakrabkan diri. Berbagai pose foto yang dipajang juga memperkaya wawasan apa yang harus dilakukan nanti di studio, termasuk macam-macam frame yang menggoda iman untuk dibeli. Ada beberapa frame 4R yang nanti bakal diambil. Akhirnya, namanya pun dipanggil untuk masuk ke dalam studio.

Blogger-19Studio fotonya lumayan lega, berdinding kaca sehingga bisa melihat pemandangan di luar. Jujur, desain bangunan dan pepohonan yang ada di Ciwalk membuat banyak orang betah untuk berlama-lama. Sementara sang belahan jiwa bersalin baju dan mempersiapkan pakaian anak-anaknya, sosok itu berdialog dengan sang fotografer. Dia bercerita tentang apa yang dia harapkan dari foto keluarganya. Pakaian keluarganya yang berwarna dominan hijau baiknya diberi background apa, contoh-contoh gaya yang sedikit berbeda dari gaya konvensional, dan termasuk menyiasati akan tampilan fisik supaya tampak terlihat wajar … bukan over. Alhamdulillah sang fotografer menjawabnya dengan ramah dan santai. Sosok itu puas. Mereka berempat kemudian menjalankan prosesi foto dengan ceria, tanpa tambahan properti. Ini juga atas masukan sang fotografer.

Beres foto dan kembali bersalin pakaian, sosok itu diajak ke depan monitor komputer untuk memilih empat foto yang layak dicetak. Sisanya? Ya, katanya sih bakal dibuang. Sayang sebenarnya. Tapi memang seperti itulah ketentuannya mengingat harga yang diberikan adalah harga empat foto. Dia suka fotografi dan sudah selayaknya jasa fotografer harus diberikan dengan harga yang pantas. Kalau ingin meminta softfile lainnya, harus membayar lagi, dan konsumen dilarang untuk memotret hasil foto yang sudah ada. Lagian juga ribet. Kalau mau, ya bayar saja hehehe. Hingga kemudian dia langsung membayar lunas semua plus memborong tiga frame 4R yang sudah diincarnya tadi. Sang kasir menjanjikan bahwa foto sudah bisa diambil pada hari Jumat nanti (1/4) setelah pukul 18:00. Oke, jangka waktu yang wajar.

Blogger-20

Beres foto keluarga, eh ketemu 2 blogger kece di Ciwalk

So far, sampai sejauh ini pelayanannya cukup memuaskan. Sosok itu belum memberikan nilai di atas cukup karena memang seperti itulah yang dia rasakan. Hasil fotonya juga belum bisa dilihat dan apakah nantinya akan mengalami keterlambatan juga tidak tahu. Tunggu saja hasil update-annya dan jangan lupa untuk berkunjung kembali.[]

[UPDATE] Jumat, 1 April 2016

Alhamdulillah sosok itu sampai di Ciwalk pada pukul 17.00, meski sedikit basah karena kehujanan. Selepas salin pakaian di kamar mandi, dia pun langsung menuju Papyrus Photo Studio di lantai 2. Dan takjub, ternyata fotonya sudah siap dibawa pulang meski belum pukul 18.00. Frame 16RP ternyata begitu besar dan sudah pasti bakal kesulitan dibawa menggunakan motor sendiri. Fiuh! MEMUASKAN!

Blogger-21

Blogger-23

Advertisements

14 thoughts on “Asyiknya Berfoto di Papyrus Photo Bandung

  1. Aku udah pernah foto disini, dari segi pelayanan dan foto keren. Apalagi fotografernya atraktif banget

    >> Semoga tetap bertahan selamanya. Amiiin ^_^

  2. aku beberapa kali di poto di papyrus alhandllh selalu puas. yang bikin seneng itu loh potograpernya interaktif, sksd tapi seneng jadi ga kagok..

    >> Kalau fotografernya interaktif, kita juga dijamin gak bingung harus bergaya apa. Mengalir saja hehehe….

  3. beberapakali fotobox dan studio dan mash g kapok buat balik ksana

    >> Semoga nanti ada rezeki lagi buat mampir….

  4. memang dari pelayanan dan hasil foto papyrus itu kualitasnya bagus .

    >> Alhamdulillah….

  5. waah, liza juga belum pernah foto keluarga, tapi kalau ke papyrus kejauhaan

    >> Iya … kejauhan dari Aceh mah. Coba cari studio foto yang oke di sana, Liz….

  6. photonya keren banget mba, emang Papyrus Photo Recommended buat Photo Deeehhhhhh

    makasih mba buat recommendednya, jadi ga akan ambil pusing buat cari studio photo lagi :))))))

    >> Saya bukan mbak hehehehe …
    Ini hanya menceritakan pengalaman saja. Kalau suka ya mangga, semoga cocok ^_^

  7. udah banyak banget koleksi foto foto hasil dari papyrus,,hampir tiap thun foto keluarga di papyrus bandung,,hasilnya makin mantap…

    >> Wah, mantap sekali tuh!

  8. wiieeh.. bener bgt tuh ๐Ÿ˜‰
    studio foto di bandung yang paling keren, harganya terjangkau oleh kalangan remaja, hasil editingnya bagus, & service ke konsumennya paling ramah, yaa di papyrus photo..
    jadi buat yang mau foto untuk mengabadikan moment2 bersama keluarga, teman, pasangan, dll jgn ragu buat dateng ke papyrus photo.
    di bandung kita punya toko pusat di jl.bengawan no 29. toko cabang juga ada, di ciwalk & di bip. jadi buat kalian yang lagi pada maen di bip or ciwalk, jgn lupa juga utk mampir ke papyrus photo yaa..
    dan terima kasih juga utk kepercayaan kalian semua kpd papyrus photo, krn sudah memilih kami sbg studio foto paling favorite di bandung utk kalian eksis & narsis didepan kamera yaa ๐Ÿ˜€

    >> Hatur nuhun, Papyrusss….

  9. Bener banget, Bang. Bikin foto keluarga atau foto bersama atau selfian di Papyrus itu emang puas banget hasilnya. Keren, pelayanannya jg baik dan ramah. ๐Ÿ™‚

    >> Ya, sesuai dengan harganya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s