Tips Foto Selfie dengan OPPO F1s

Tips Foto Selfie dengan OPPO F1s. Benar, tidak ada yang salah dengan judul artikel ini. Namun sebelum membeberkan berbagai tipsnya, izinkan sosok itu bercerita tentang sepasang kekasih. Minggu, 18 September 2016. Kegembiraan yang menular. Faisal tanpa ragu menjauhkan genggaman tangan kirinya, sementara Novi dengan mesra langsung mengecup pipi kanan lelaki yang telah resmi menjadi suaminya itu. Cekrek! Momen kebahagiaan itu tersimpan abadi dalam sebuah memori OPPO F1s. Wefie menjadi cara unik dan tentu saja berbeda bagi kedua mempelai. Tidak sekadar foto konvensional yang dilakukan oleh ‘wedding photographer‘ yang pastinya sudah disewa. Tidak hanya bagi mereka berdua, tetapi juga bagi mayoritas para pengantin baru. Pertanyaannya: Siapkah mereka untuk tampil beda?

Panitia dan para tamu undangan yang tingkat kreatifitasnya di atas rerata telah siap dengan ponselnya masing-masing. Di beberapa spot atau kebetulan bertemu dengan rekan sejawat, beberapa di antaranya langsung tanpa sungkan mengeluarkan ponsel dan berselfie ria. Ya, selfie bukan lagi hal aneh, meski dalam suasana sakral sekalipun. Menurut akar katanya, selfie adalah self-portrait photography yang pada umumnya menggunakan kamera digital atau ponsel berkamera. Di Indonesia sendiri, istilah selfie diterjemahkan menjadi kata ‘swafoto’. Mengapa? Karena prinsip selfie adalah mengambil foto sendiri (tanpa bantuan orang lain) baik secara langsung atau menggunakan alat bantu seperti tongsis atau cermin. Dengan demikian, memotret dengan timer atau melambaikan tangan (palm) pada kamera yang diletakkan di tempat tertentu juga masih dianggap selfie. Berkenaan dengan ini tampaknya OPPO bisa dibilang sebagai ponsel berkamera yang memanjakan konsumennya untuk lebih banyak berselfie. Kualitas kamera depan seri F1s lebih baik daripada kamera belakangnya.

produk-38

Jadi, izinkan sosok itu untuk membuat arti dari OPPO itu sendiri. Own Portrait Photography Outstanding. Luar biasa. Brand yang satu ini memang terus berinovasi khusus pada bagian kameranya. Takheran kalau tagline mereka berubah dari ‘OPPO Smartphone’ menjadi ‘OPPO Camera Phone’. Takheran kalau ada salah seorang kawan pada hari Jumat pagi (23/9) merasa bangga saat diajak untuk wefie di acara BOSEH (Bike On the Street, Everybody Happy) yang dicanangkan oleh Teh Atalia Kamil demi terwujudnya Bandung sebagai kota sepeda. Takheran kalau mayoritas kawan-kawannya senang saat mengetahui potret wajah mereka tampak bersih dengan OPPO F1s. Takheran kalau mereka heran dengan keluarbiasaan ponsel tersebut. Dan saat meluncurkan OPPO F1s, tagline khusus pun ditambahkan, yaitu ‘New Selfie Expert’.

Inilah alasan mengapa kamera depannya jauh lebih baik dari kamera belakangnya. 16MP dengan layar 5.5 inch. Semua itu semakin paripurna dengan dukungan 3GB RAM, sehingga ponsel berukuran 154.5x76x7.3 mm itu menjadi layak untuk dijadikan perlengkapan yang wajib dibawa ke mana saja. Chelsea Islan dan Reza Rahadian sudah membuktikannya. Yang wanita begitu cantik, dan yang laki-laki juga ganteng. Oke, mereka berdua sudah dari sananya memang menarik. Akan tetapi, tanpa dukungan kamera yang membuat wajah mereka begitu alami, tentu hasilnya kadang tidak sesuai yang diharapkan kalau bukan oleh fotografer profesional. Inilah yang coba ditawarkan F1s. Jika versi F1plus kamera depannya lebih mengutamakan make-up maka pada versi ini kamera depannya tidak lagi bermake-up. Ia lebih menonjolkan kembali pada sifat alaminya. Natural.

Kamera OPPO F1s memang ingin membuktikan bahwa hasil fotonya itu natural (tanpa polesan make-up alias editing berlebih) dengan hasil yang lebih bercahaya dan tampak bersemangat. Pencahayaan pada layar kacanya pun difungsikan sebagai pengganti flash yang cenderung menyilaukan. Jadi, tidak usah ragu saat ingin selfie di tempat yang minim cahaya. Ini serius, sosok itu pernah membuktikannya. Cekrek.

Produk-39.jpg

TIPS FOTO SELFIE DENGAN OPPO F1s

Sosok itu tidak akan membahas detail soal spesifikasi OPPO F1s di sini karena sudah banyak tulisan yang bisa dilacak dengan mesin pencari. Dia hanya ingin menceritakan hal yang belum pernah dibahas blogger lain, yaitu Tips Foto Selfie dengan OPPO F1s. Jumat malam, 23 September 2016, dia sudah berada di sebuah tempat yang enak buat nongkrong. Amat nyaman. Padahal sebagian pakaiannya telah basah oleh hujan semenjak hari terang. Bukan hari yang tepat untuk menyusuri jalanan basah. Namun ada kewajiban menanti di Tjendana Bistro. Setelah bersenda-gurau dan makan malam yang begitu intim dengan Blogger Bandung dan OPPO COmmunity, dia pun bercerita tentang sejarah selfie.

Aktifitas selfie sendiri (ternyata) sudah amat panjang. Prosesnya sudah dilakukan oleh Robert Cornelius, seorang fotografer Amerika pada 1839. Wow! Pada masanya dunia fotografi masih terbilang awal. Menggunakan film besar yang begitu sensitif terhadap cahaya, dan belum berwarna. Namun dengan segala kekurangannya, dia berhasil membuat foto sendiri tanpa bantuan orang lain. Itulah foto selfie pertama kali yang tercatat dalam sejarah. Sedangkan istilah ‘selfie’ itu sendiri diperkenalkan oleh Jim Krause pada 2005, tepatnya saat beliau berdiskusi soal dunia fotografi. Hingga kemudian, selfie menjadi makin dikenal sejak munculnya beberapa aplikasi medsos seperti yang dikenal saat ini. Dan peradaban dunia berubah. Tiada hari tanpa berfoto dan langsung mengunggahnya ke medsos. Mendapatkan tanda cinta dan komen begitu amat dinantikan, meski akhirnya terganggu oleh iklan-iklan pengurus badan yang datang tanpa diundang.

Produk-40.jpg

Tanpa terasa, hujan kembali mengguyur bumi. Sosok itu berbisik, “Hujan ini tampaknya bakalan awet.” Dia tersenyum. Kang Vany sudah selesai memaparkan keunggulan OPPO F1s. Beberapa diantaranya yang dianggap penting adalah sensitifitas sidik jari. Kelima jari bisa dimanfaatkan untuk membuka aplikasi yang berbeda secara cepat. Misal jempol digunakan untuk membuka WA, telunjuk untuk memotret, jari tengah untuk membuka instagram, jari manis untuk menelpon kekasih, dan kelingking untuk menulis di notes. Terserah. Keunggulan lainnya adalah bahwa F1s masih menggunakan baterai tanam, sama dengan F1plus. Penggunaan baterai tanam jauh lebih awet dan lebih aman ketimbang baterai yang mudah bongkar-pasang. Contohnya adalah brand sebelah yang baterainya meledak itu sehingga harus menarik semua ponsel dengan seri sama yang sudah terjual.

Itu urusan lain. Urusan sosok itu hanyalah ingin menjelaskan di malam yang semakin basah dengan tips yang bisa menghangatkan hati dan pikiran, yaitu Tips Foto Selfie dengan OPPO F1s. Apa sajakah itu?

Produk-41.jpg

  • Kenali dirimu. Kenali bentuk wajahmu. Nilai sendiri bagian mana yang fotogenik. Tonjolkan itu dan sembunyikan bagian yang tidak suka kamu lihat. Lakukan percobaan terus-menerus saat sedang sendiri dan nilai sendiri pose mana yang paling pantas dan enak dilihat. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa melakukannya di tempat umum. OPPO F1s mempermudah semuanya, dengan beberapa kali percobaan maka kamu akan segera menemukan pose yang pas dan enak dilihat. Pada saat di tempat umum yang tidak bisa menunggu sepi, kamu akan bisa berselfie dengan yakin dan langsung mendapatkan hasil yang bisa dibanggakan di medsos.
  • Pencahayaan. Percayalah bahwa cahaya alami selalu menjadi yang terbaik untuk hasil selfiemu. Perhatikan lingkungan sekitar bagaimana pencahayaannya. Mana yang over dan mana yang terlalu rendah. Kenali dengan beberapa kali percobaan. Hasil yang bagus seperti apa. Kalaupun tidak mendapatkan cahaya alami, gunakan cahaya yang ada seperti memaksimalkan lampu atau gunakan aplikasi senter dari kamera lain. Tidak ada salahnya mencoba-coba selfie di tempat gelap (misal gua) dan lihatlah hasilnya. Dan OPPO F1s memiliki keunggulan pada cahaya di layarnya. Cahaya layar atau flash screen menghasilkan wajah yang terang alami, tidak seperti flash yang cenderung menyilaukan.

Produk-42.jpg

  • Background. Yup, latar menjadi bagian terpenting dari selfie yang berhasil. Biasanya pemandangan alam, lokasi yang ekstrem, atau memang spot buatan yang unik. Kalau latarnya sudah sangat bagus, seaneh-anehnya wajah akan menjadi tidak masalah. Carilah tempat atau lokasi terbaik dan ambil dari sudut (angle) yang tidak biasa. Meski begitu, kadang-kadang ditemukan latar yang terlihat gelap. Nah, OPPO F1s mengeliminasi hal itu dengan baik sekali. Bagian yang gelap menjadi terlihat jelas dan bahkan detail. Contohnya adalah foto Chelsea Islan saat berselfie di jalanan Korea. Wow, mantap!
  • Malu? Jangan pernah jaim atau sungkan melakukan selfie di tempat umum. Berselfie di tempat keramaian biasanya memberikan efek yang berbeda dibandingkan selfie di tempat sepi. Apalagi jika dilakukan di sebuah event yang memang jarang sekali terjadi. Lakukan itu dan sementara … takusah peduli dengan lingkungan sekitar. Bahkan (kalau perlu) lakukan selfie dengan mimik muka yang tidak biasanya dan ajak kawan-kawan yang lain. Kalau perlu dan memungkinkan, selfie terbaik adalah saat dilakukan bersama orang terkenal. Nah! Kurang ruang? OPPO F1s memberikan fasilitas panorama pada kamera depannya. Maksimalkan penggunakan timer atau palm untuk menghasilkan foto wefie yang kereeen.
  • Jangan pernah percaya dengan prinsip satu kali jepret. Lakukan beberapa kali selfie/wefie selama itu memungkinkan karena selalu saja ada hasil foto yang tidak bagus setelah hasilnya diperhatikan dengan detail. Ulangi beberapa kali demi hasil yang terbaik. Tidak usah khawatir dengan kehabisan film, ini kan sudah zamannya digital. Semua tersimpan aman dalam file memori OPPO F1s yang berkapasitas besar. Masih kurang? Ya, rajin-rajinlah memindahkan filenya ke tempat lain hehehe.[]
Advertisements

2 thoughts on “Tips Foto Selfie dengan OPPO F1s

  1. Penting banget ini, Bang..TIPS nya.
    Sejak dapet tips ini dari Bang Aswi, saya jadi tidak malu dan ragu lg utk selfie berulang-ulang.
    Awalnya hanya 1 kali, trus udahan dan berujung kecewa ketika sampai di rumah dan membuka album.
    Karena hasilnya ga maksimal.

    Jadi sekarang,
    Ambil fotonya bolak balik…nanti di rumah tinggal pilah pilih mana yg oke utk dipajang di blog.

    Ehhee..
    Keren Bang.

    >> Hehehehe … semoga bermanfaat dan terus dipraktikkan sampai ke generasi berikutnya #eh

  2. Kenapa tidak ada mode burst mode di oppo f1s
    Dan juga tidak bisa photo painting ….
    Apa tidak ada update feature aplikasi Kamera untuk lebih Menarik
    Terimakasih

    >> Semoga di seri berikutnya bakal dilengkapi ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s