Catatan Kakak di Pesantren (2)

Sabtu, 20/8/2016

Umi tau gak ih, selama di sini Kk minumnya sedikit terus. Sering minum 1 botol sehari. Kadang2 juga minumnya cuman setengah dari setengah botol. Jadi gimana ya? Oh gini….

Jadi minumnya itu setengah dari setengah botol.

Makannya juga kadang habis, kadang gak habis. Seringnya ga habis. Soalnya kaya gak laper gitu. Kaka seringnya minta minum ke Zahra, soalnya kalau minta ke yg lain pasti jawabannya sedikit lagi.

Abi ih, beliin Kk sepatu olahraga lah, soalnya kalau olahraga Kk suka minjem sepatu ke Zahra. Kalau pake sepatu yg Ka Bibin gitu ga boleh. Itu termasuknya pentopel. Kata Ukhtinya kalau minggu depan masih ada yg pake sepatu pentopel bakal dihukum. Kk teh jadi semakin menderita di sini.

Rabu, 14/9/2016

Umi, ternyata Iedul Adha di sini seru banget. Jadi, malem2 sebelum Iedul Adha itu kita takbiran. Takbirannya gantian per kamar. Kk kebagian jam 10-11. Terus Kk bangun sendiri jam 2, langsung mandi. Abis mandiri tidur lagi sampai jam 4.30, sholat dulu. Abis sholat Kk siap2 untuk shalat Iedul Adha soalnya shalatnya jam 5.30. Udah selesai shalatnya kita ngeliat yg qurban tapi Kaka ngeliatnya dari mat’am (tempat makan), soalnya di lapangan banyak laki2. Udah selesai pemotongan qurban, kita nyate. Nyatenya per kelas.

Jadi kita dikasih masing2 daging, tusuk sate, cabe, kecap, bumbu kacang, tempat buat ngebakar sate, pisau, arang, korek api, kipas, dll. Pertama itu dipotong2 dulu dagingnya. Yg motongin Alif sama Najwa NF. Pokoknya gantian2, terus kalau udah dipotong, langsung ditusuk-tusuk. 1 tusuk 3 daging. Abis itu langsung dibakar setengah mateng, udah gitu dikecapin, langsung dibakar lagi. Dibakarnya sampai mateng. Kalau udah mateng disimpen di piring. Dikumpulin sampai banyak, buat dibagi2.

Kalau Kk kebagian yg nusukin dagingnya ke tusukan, yg ngecapin sate, sama yg bakar + ngipas2 sate. Walaupun masih banyak sate yg belum dibakar, tapi kayanya satenya udah terlalu banyak. Nah terus teh kita cari daun pisang. Satenya itu dijajarin di daun pisang, terus di pinggir2nya dikasih nasi & bumbu terus tuh kita ngariungin daun pisangnya dan makan sampe puas.

Kk makan 3 tusuk, terus kelas Kk beli minuman Floridina pake uang kas. Seru banget tau, Mi. Kerudung Kk jadi bau asep tau. Ah pokoknya seru banget. Kalau Umi & Abi dateng waktu itu, Kk mungkin bakal gak ngerasain apa yg temen2 Kk rasain. Nah, pas besoknya tuh Kk bangun jam 3, siap2 untuk sekolah, eh ternyata ada pengumuman sekolah libur. Nah, tadinya Kk mau langsung ganti baju, tapi Kk udah laper, jadi aja makan dulu.

Kan masih ada sisa sate yg kemarin yg belum dibakar ya terus sisasanya itu dibawa plg sama mamanya Eca. Pas pagi2nya satenya udah jadi gulai. Kan waktu pagi itu cuaca lagi dingin ya jadi enak makan gulai itu. Masih anget, udah gitu. Abis makan itu kita boleh olahraga. Hampir semua temen Kk olahraga tapi Kk gak olahraga. Kk milihnya beresin lemari aja soalnya lemari Kk berantakan. Beresinnya sampe jam 8. Udah gitu Kk langsung tidur, soalnya banyak temen Kk yg tidur.

Bangun2 udah jam 10, soalnya ngantuk … banget. Pokoknya ya tidurnya nyenyak banget, soalnya cuaca mendukung untuk tidur. Pokoknya ya hari itu tuh bener2 liburan dari subuh sampe ashar. Soalnya sesudah ashar ada kegiatan lagi yaitu beres2 pondok. Huh cape.

Kamis, 15/9/2016

Umi tau gak? Skrng Kk bangunnya gak terlambat terus loh. Seringnya bangun jam 3. Mau tidur malem/tidur jam berapa pun, bangunnya jam 3 terus. Soalnya ada bel bangun kenceng banget. Jam 3 biasanya Kk bangun terus tidur lagi, tapi sekarang mah gak. Sekarang mah Kk langsung bangun, terus ke kamar mandi, langsung aja mandi. Abis mandi dandan dulu. Pake losien, bedak, terus tidur lagi. Nanti bangun lagi pas bel sholat. Tapi pernah juga abis mandi gak tidur lagi. Kalau waktu itu Kk beres2 buku, lemari, dsb.

Waktu malam takbiran juga Kk bangun tanpa bel. Bangunnya jam 2, soalnya kan banyak yg takbiran. Kk tidur di atas deket speaker. Jadi berisik. Oh iya, Umi, sekarang Kk kasurnya pindah lagi lo. Jadi di deket lemari, tapi tetep di atas. Umi, Kk kan plg sekolah itu jam 2.30 ya, terus kan bel sholat itu jam 3.00 kan, jadi setiap pulang sekolah itu Kk lari ke kamar, langsung buru2 ke kamar mandi untuk mandi. Soalnya plg sekolah itu suka penuh kamar mandinya sama kelas 1 yg mau mandi. Udah mandi tuh Kk langsung siap2 untuk shalat. Jadi, skrng Kk udah sering mandi sore hehehe 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Catatan Kakak di Pesantren (2)

  1. gimana kaka sampai mau mondok Bang Aswi? disosialisasikan terus? anak saya masih kelas 4 SD mau juga dipondokkin kalo SMP tapi blm tau nih anaknya masih mau ngga..

    >> Ya, disosialisasikan jauh-jauh hari. Bahkan saat masih duduk di kelas 5 dan awal kelas 6, tidak ada niatnya untuk masuk pesantren. Alhamdulillah menjelang akhir kelas 6 dirinya mantap masuk pesantren. Saat mencari pesantren pun dia diajak ke 3 pesantren dan memilih sendiri. Al-Furqon adalah pilihannya sendiri ^_^

  2. Hidup di pesantren itu sangat baik untuk melatih anak mandiri dan bertanggung jawab juga belajar bersosialisasi.
    Semoga Kakak sehat-sehat selalu
    Selalu bersemangat belajar

    salam saya Bang

    >> Insya Allah, Om. Niatnya memang demikian. Amiiin….
    Salam kembali, Om ^_^

  3. kalo di pondok. walau entah rasa sate nya bagaimana mah rasanya tetep nikmaaat 😀

    >> Kebersamaan membuat semuanya menjadi enak hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s