Diari Anin: Pengalaman Membuat Pizza

Pagi itu aku bahagia sekali. Di atas motor, aku dan Arvi tertawa dan terus bercerita. Meski perjalanannya jauh dari Binong ke Cihampelas, aku senang-senang saja karena nanti bakalan bisa berenang di sebuah hotel. Iya, sejak beberapa hari yang lalu Abi memang menjanjikan aku untuk bisa berlibur di hotel. Padahal saat itu aku lagi gak enak badan. Katanya, “Adik harus sembuh ya … nanti kalau sembuh Abi akan ajak Adik berenang di hotel hari Sabtu.” Aku pun langsung bersemangat dan berkata, “Iyes!” Dan pagi itu, di hari Sabtu yang dijanjikan, akhirnya aku dan Arvi benar-benar diajak pergi. Aku senang Abi menepati janjinya. Oya, Arvi adalah sepupuku yang masih duduk di kelas 2 SD, di sekolah yang sama di SDN Karang Pawulang.

KEHANGATAN DI GRAND TJOKRO BANDUNG

Aku pun sampai di hotel yang dimaksud Abi, namanya Grand Tjokro. Hotelnya bagus dan asyik punya. Berbeda dengan hotel yang sering aku lihat dan datangi, hotel ini memiliki dua gedung yang terpisah. Kata Abi, gedung yang ada lobi utamanya itu dinamakan South Tower karena letaknya di sebelah selatan sedangkan gedung satunya lagi dinamakan North Tower karena letaknya di sebelah utara. Ternyata aku tidak sendirian karena ada Aa Fauzan dan Marwah yang telah datang terlebih dahulu. Takberapa lama aku diajak Abi untuk sarapan di lantai dua. Seru deh saat aku naik melewati tangga berputar, bukan lewat lift. Aku suka bingung sendiri kalau harus memilih sarapan di hotel karena pilihannya banyak sekali. Biasanya aku memilih yang Abi ambil aja, dan itu adalah lontong kari.

Oya, ada titipan tulisan dari Abi

Adik Anin dan Arvi sarapan di Tjokro Resto, yang letaknya di lantai dua South Tower dari Grand Tjokro Premiere yang baru ada di Jl. Cihampelas Bandung saja. Fasilitas lainnya yang ada di South Tower adalah Ruang Rapat, Rooftop Garden, Kafe Street Grill & Friends, dan kamar-kamar. Sedangkan fasilitas yang ada di North Tower ada lebih banyak kamar lagi, Kolam Renang, dan Fitness/Spa. Grand Tjokro Premiere ini adalah 1 brand utama dari 4 brand yang sudah ada, yaitu Grand Tjokro (ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Balikpapan), Tjokro Hotel (ada di Klaten dan Pekanbaru), dan Tjokro Style (ada di Yogyakarta). Semua brand tersebut dikelola oleh SAS Hospitality, perusahaan operator hotel yang telah berdiri sejak 2017.

Tadinya aku ingin sekali makan es krim tetapi aku tidak tahu di mana letaknya. Terlalu banyak orang dan aku bingung. Akhirnya aku asyik saja bermain petak umpet sambil bermain balon. Eh, ada juga Kakak Olive yang datang bersama ibunya dan beberapa adik-adik lucu yang aku belum tahu namanya. Setelah semua makan, aku diajak ke lantai paling atas. Di sana ternyata ada taman yang lucu. Ada sepeda warna-warni, ada roda-roda sepeda yang dicat macem-macem, ada kolam ikan, dan ada tempat-tempat foto seperti jendela rumah. Eh, ada juga beberapa pot tanaman yang dibentuk orang-orangan. Kreatif banget, deh. Aku sendiri juga melihat pemandangan di luar hotel yang tinggi itu, melihat mobil-mobil yang jadi kecil. Lama-lama ngeri juga, ya.

Aku diajak jalan lagi dan masuk ke dalam lift. Pas keluar langsung diajak masuk ke dalam kamar. Ternyata ada tempat tidur yang asyik banget buat ditidurin. Beberapa anak langsung loncat-loncatan di atas kasur. Aku sendiri malu, akhirnya aku mengajak Arvi masuk ke kamar mandi dan asyik bermain di bathtub-nya. Dan ternyata kamar itu dihubungkan dengan kamar lain yang lebih luas. Tentu saja asyik banget. Kamar mandinya lebih besar lagi, termasuk dapur sendiri. Asyik neh, Ummi tentu bisa masak kalau menginap di sini. Abi mah malah asyik sendiri dengan memotret beberapa sudut kamar. Aku tahu kok kalau Abi jago motret. Teman-temannya juga begitu, malah asyik memotret anak-anaknya. Aku gak tahu, kapan Abi kebagian rezeki sehingga bisa ngajak aku, Kakak Bibin, dan Ummi untuk menginap di sini.

BELAJAR MEMBUAT PIZZA

Aku kembali masuk ke dalam lift. Asyik saja keluar dan masuk ke dalam lift. Rasanya lucu, apalagi bisa melihat pemandangan di luar, termasuk gedung UFO yang kata Abi itu mah Sabuga. Oke! Aku kembali lagi ke lobi dan langsung masuk ke dalam resto kecil. Itu adalah Street Grill and Friends, lucu ya namanya. Di sana ada dapur dan tempat makannya. Eh, ada hiasan ulang tahun juga, kayaknya sih nanti ada yang bakal ngerayain pesta ulang tahun. Asyik juga kalau begitu. Semoga saja aku diundang. Kemudian aku, Arvi, dan Abi langsung menghadap ke salah satu meja. Di atasnya sudah ada bahan-bahan makanan yang masih mentah. Kata Abi, “Kita mau belajar membuat pizza. Mau?” Aku pun langsung mengangguk kegirangan.

Sebelum dimulai, aku dipakaikan celemek. Arvi juga, tapi lebih kecil. Terus ada chef yang mengajarkan cara membuatnya. Pertama-tama, aku memasukkan ragi dan minyak zaitun ke dalam tepung terigu. Aku dan Arvi mengaduk-aduknya sambil sesekali dimasukkan air oleh abi. Harus hati-hati gak boleh kebanyakan air, nanti malah lengket. Pokoknya sampai adonan bagus dan tidak lengket. Jadi kayak main slime hehehe. Anak kecil di depanku gagal membuat adonan karena ayahnya memasukkan banyak air tapi untunglah langsung dibantu oleh chef. Adonan yang sudah jadi kemudian dibuat diteken-teken agar menghasilkan bentuk lingkaran yang lebar. Tidak boleh tebal atau tipis, harus pas.

Adonan yang sudah berbentuk lingkaran kemudian diolesin pakai saus, tapi bagian tepinya jangan. Biarkan kosong, gak tahu kenapa. Lalu ditambahkan bahan-bahan topping sesuai selera. Ada paprika, sosis, bawang putih, daging, dan juga jamur. Aku tidak memasukkan jamur karena tidak suka. Terakhir ditaruh potongan keju secara merata. Dan yeay, akhirnya pizza-ku sudah jadi. Gampang, kok. Talenan punyaku kemudian ditulis namaku, dan pizza yang sudah jadi menunggu dibakar oleh chefnya. Bakarnya di dalam tembok yang sudah ada apinya. Satu persatu pizza dimasukkan, bergantian. Yang sudah matang langsung diserahkan pada yang punya. Pizzaku takberapa lama sudah matang.

Aku pun langsung membawa pizza itu ke meja besar. Bersama Abi dan Arvi, aku langsung menyantap pizza tersebut. Wahhh … ternyata enak banget. Aku tidak menyangka kalau aku bisa membuat pizza yang enak. Tanpa ba-bi-bu lagi aku langsung memakan banyak. Arvi juga begitu, sementara Abi cuma kebagian 1 potong hahaha. Gak papa lah. Kenyang makan pizza, aku dan anak-anak lain diajak berkumpul di depan dekorasi hiasan ulang tahun. Bener kan ada yang ulang tahun, anak perempuan, lucu banget, soalnya masih kecil. Aku bernyanyi lagu ‘happy birthday’ lalu acara meniup lilin dan akhirnya pembagian hadiah. Aku dapat kue ultah yang kecil, Arvi juga. Asyik juga ya kalau kapan-kapan aku berulang tahun di sini.

DAN PUNCAKNYA … BERENANG

Kenyang makan ini dan itu, aku akhirnya diajak Abi ke gedung sebelah. Masuk lift kembali dan pas keluar, wow, ada banyak binatang yang dipelihara di sana plus ada juga taman bermain meski buat anak-anak balita. Ada kelinci, burung, dan juga kura-kura. Pastinya, ada juga kolam renang. Inilah tempat yang dari tadi aku tanyakan. Aku sudah bisa berenang, tentu akan asyik kalau langsung nyebur. Tidak menunggu lama aku langsung berganti baju, dan byur … basah semua deh. Aku bersenang-senang saja dengan Arvi. Anak-anak yang lain juga pada berenang. Ayah dan ibunya malah tidak ada yang berenang. Setelah berapa lama, Abi juga iku berenang. Jadi tambah ramai deh. Pokoknya gak bosen deh berenang, apalagi kolamnya gak terlalu besar.

Hari makin siang dan panas. Arvi sudah kecapekan. Azan Dzuhur terdengar berkumandang dari masjid terdekat. Abi memanggilku, katanya sudah saatnya pulang. Arvi mandi terlebih dahulu, lalu Abi, dan terakhir aku. Aku masih betah di kolam. Pulangnya Abi dapat kue besar. Aku mencomot dikit jelinya soalnya menggoda mata. Di motor, aku berterima kasih pada Abi karena sudah memberikan hadiah liburan yang menyenangkan. Alhamdulillah.[]

Advertisements

One thought on “Diari Anin: Pengalaman Membuat Pizza

  1. hotel tjokro itu ngingetin saya sama kota pekanbaru, karena tiap kali dinas kesana saya nginep di hotel tjokro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s