Berbagi Berkah Ala AMITRA

Setahun yang lalu sosok itu diundang oleh Kementerian Pariwisata RI, tepatnya 17 November 2016. Di Gedung Sapta Pesona beberapa orang memikirkan bagaimana agar Indonesia bisa memenangkan penghargaan di bidang pariwisata. Penghargaan yang dimaksud adalah World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016. Jelas dia merasa bangga bisa menjadi bagian terpenting itu, apalagi harus mewakili Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jawa Barat. Nah, salah satu orang yang terlibat adalah Dr. dr. H. Endy M. Astiwara alias Pak Endy yang merupakan anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Beliaulah yang menjelaskan apa itu Halal Tourism atau Pariwisata Halal.

Dari sanalah dia memahami betapa pentingnya pariwisata halal bagi Indonesia. Negara dengan jumlah masyarakat beragama Muslim ini harus tahu bahwa pariwisata halal itu bukan hanya sekadar wisata ziarah ke masjid atau makam saja, tetapi jauh lebih luas lagi adalah tentang pariwisata pada umumnya. Wisatawan lokal maupun mancanegara ternyata didominasi oleh umat Muslim, dan sudah selayaknya kalau dunia pariwisata harus menyambut mereka dengan tangan terbuka. Penyediaan tempat shalat yang layak, penginapan yang syar’i, pemilihan menu makanan halal, hingga mengingatkan waktu untuk shalat, adalah empat unsur minimal yang harus diperhatikan demi terwujudnya pariwisata halal. Alhamdulillah Indonesia akhirnya mendapatkan 12 penghargaan di ajang WHTA 2016. Imbasnya bahkan sampai Salman bin Abdulaziz, Raja Arab Saudi, juga lebih memilih berlibur ke Indonesia.

BERBAGI BERKAH SECARA SYARIAH

Waktu terus bergulir. Setahun kemudian sosok itu dikenalkan lagi dengan nama AMITRA. Nama ini adalah salah satu brand dari FIFGROUP yang bergerak di bidang jasa keuangan syariah. FIFGROUP atau PT Federal International Finance merupakan anak perusahaan Grup Astra yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor Tbk., anak perusahaan PT Astra International Tbk. Nah, apa hubungan dengan cerita dua paragraf di atas dengan AMITRA? Ternyata, Pak Endy adalah Brand Ambassador AMITRA. Dunia ini ternyata tidak seluas yang dibayangkan. Dia bahagia bahwa silaturahmi itu menyebar ke mana-mana, dari satu tempat setahun yang lalu ke tempat yang lain pada hari ini. Silaturahmi yang semoga saja membawa keberkahan.

Ngomong-ngomong soal keberkahan, ternyata dalam rangka HUT FIFGROUP ke-28, AMITRA menggelar program khusus yang bertajuk AMITRA Berbagi Berkah. Mohon maaf kalau baru ditulis sekarang karena program ini secara resmi diluncurkan oleh Pak Margono Tanuwijaya (Presiden Direktur FIFGROUP) dan Pak Zulkarnaen Prasetya (Presiden Direktur AMITRA) pada 5 Juni 2017 di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan. Sudah lima bulan yang lalu. Saat itu dalam sambutannya, Pak Margono menyatakan komitmen FIFGROUP untuk senantiasa meningkatkan layanan pembiayaan berbasis syariah. “Kami berharap di tahun 2017, AMITRA bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat Indonesia terutama dalam membantu masyarakat dalam mewujudkan impiannya untuk beribadah di tanah suci,” tuturnya.

Lalu apa saja yang sudah dilakukan AMITRA dengan program ini? Mereka sudah melakukan roadshow dengan menyambangi 5 (lima) kota besar yaitu Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, dan Makassar. Kebetulan Pak Endy yang merupakan anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) juga hadir di Makassar. Di sana, AMITRA Berbagi Berkah dikemas dalam bentuk community gathering dengan semua pelanggan setia FIFGROUP. Salah satu acaranya adalah talkshow mengenai pembiayaan syariah bersama dengan Bu Rina Apriana (Direktur AMITRA) dan Pak Endy. AMITRA tampaknya ingin mengedukasi masyarakat tentang pembiayaan syariah serta manfaatnya sehingga mereka merasa aman dan nyaman dalam bertansaksi melalui AMITRA.

Sosok itu mengamini bahwa melalui talkshow ini, masyarakat bisa lebih mengenal setiap program dan layanan AMITRA. Pak Endy sendiri mengatakan, “Selama ini yang saya ketahui, AMITRA memberikan proses yang mudah dan transparan, serta pembiayaan yang kompetitif dengan tanpa mengutamakan nilai-nilai syariat Islam dalam praktik bisnisnya.” Keren kan. Oya, dia juga ingat bahwa sebulan sebelumnya di kota yang sama, tepatnya di Panekukang Square, AMITRA juga menyelenggarakan lomba menggambar, fashion show, dan berbagai games dengan hadiah menarik. Mereka memberikan promo spesial bagi para pelanggan yang hadir. Pelanggan hanya membayar 600 ribu rupiah sudah langsung dapat memilih tanggal keberangkatan Umrah. Subhanallah. Tidak hanya itu, AMITRA juga memperkenalkan pembiayaan logam mulia.

AMITRA BERBAGI BERKAH

AMITRA Berbagi Berkah tidak hanya sekadar omong doang (omdo). Mereka telah menyiapkan hadiah 1 buah TV LED, 1 buah mesin cuci, dan 4 buah voucher belanja kepada 6 pemenang undian. Bagi yang tidak beruntung, masih bisa berkesempatan mendapatkan rezeki pada pengundian berikutnya. Sebagai bukti, berikut adalah nama pemenang AMITRA Berbagi Berkah Periode 4 yang sudah diundi, yaitu ada Pak Sunarto dari Kadipaten yang berhak mendapatkan 1 buah TV LED. Lalu ada Bu Hannah dari Kediri yang berhasil mendapatkan rezeki berupa 1 buah mesin cuci LG. Terakhir ada 4 (empat) pemenang dari Cirebon, Salatiga, Serpong, dan Kadipaten yang berhak mendapatkan voucher belanja.

Duh, sosok itu kepengen banget mendaftar jadi pelanggan AMITRA. Semoga saja setelah ini kesempatan itu datang tanpa harus memakai kata “susah”. Oya, kemarin dia sempat baca-baca di situs milik FIFGROUP, bahwa selain AMITRA ternyata mereka juga punya tiga brand lainnya, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, dan DANASTRA. Pameran yang dilangsungkan otomatis tidak hanya memperkenalkan AMITRA tetapi juga ketiga brand tersebut. Disebutkan bahwa banyak sekali promo-promo yang menguntungkan pelanggan dari ketiga brand itu. Misalnya saja untuk pelanggan SPEKTRA, peralatan elektronik serta perabotan rumah tangga dapat langsung dibawa pulang hanya dengan membawa KTP dan membayar 10 ribu rupiah. Wuih, enak banget ya?

Wiem Kurniawan (Branch Manager FIFGROUP Makassar) mengatakan bahwa AMITRA sudah langsung melayani masyarakat Makassar dalam hal pembiayaan syariah dari sejak didirikan. Mereka telah memiliki jaringan mitra rekanan yang cukup luas dengan berbagai jenis layanan yang dapat diberikan, seperti pembiayaan Umrah/Haji, modal kerja, serta sepeda motor. Duh, lengkap kan. Katanya lagi, “Apabila masyarakat masih memiliki pertanyaan tentang AMITRA, masyarakat dapat langsung mengunjungi kantor cabang kami yang terdekat atau mitra rekanan kami. Insya Allah kami akan berusaha untuk melayani sebaik-baiknya.” Tuh yang di Makassar, sebuah keberuntungan bahwa AMITRA telah hadir di sana. Alhamdulillah.

Kemudian, AMITRA Berbagi Berkah akan mengunjungi kota terakhir yaitu Jakarta untuk mengundi hadiah grandprize 5 paket Umrah dan 4 sepeda motor Honda. Sik asyiiik! Agar dapat mengambil manfaat dari AMITRA Berbagi Berkah ini, silakan saja masyarakat mengajukan pembiayaan syariah untuk berangkat Umrah/Haji, modal kerja, atau bahkan untuk membeli sepeda motor. Khusus pengajuan 1 paket Haji/Umroh, konsumen akan mendapatkan 1 kupon undian per kelipatan Rp5juta. Tertarik? Sosok itu jelas tertarik, apalagi sistem syariahnya terjamin dengan adanya Pak Endy yang merupakan anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Bismillah yuuuk.[]

Advertisements

4 thoughts on “Berbagi Berkah Ala AMITRA

  1. Wuih, boleh juga nih peminjaman modal syariah. Asal bukan buat konsumsi, mau nih minjam…

    >> Iya, lebih baik jangan buat konsumsi. Untuk kebutuhan primer saja.

  2. Yuk kapan2 kayanya seruu tuh kalo barengan Blogger Umrah eeaa
    Programnya kecee..

    >> Waaah … ide yang bagus. Kopdar Blogger di Mekah.
    Insya Allah dan amiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s