5 Alasan yang Membuat Singapura Terkenal

5 alasan yang membuat Singapura terkenal ini sebenarnya bukanlah hal baru. Ia selalu ada pada setiap kesempatan, hanya saja tidak banyak orang yang mau bersusah payah membuat daftar. Yang ada, mayoritas begitu ‘excited‘ untuk segera menuju ke sana hingga akhirnya dari 5 alasan itu, paling hanya satu atau dua yang berhasil diwujudkan. Yups, traveling tampak mudah di depan mata. Hari pertama ke sini, hari kedua ke situ, hari ketiga pulang. Semudah menuliskan itinerary yang hanya satu halaman kertas folio. Kenyataannya selalu saja ada faktor takterduga yang menjadi hambatan sehingga traveling berlangsung begitu singkat, dan belum banyak tempat yang bisa dikunjungi. Sayang.

Di penghujung bulan Oktober pada 2015, sosok itu pernah terpekur di Pelabuhan Rakyat Tanjung Pinang. Saat itu dirinya hendak menyeberang ke Pulau Penyengat bersama kawan-kawan travel blogger. Di sana, tidak hanya perahu-perahu kecil yang biasa digunakan oleh warga setempat, namun dia melihat beberapa kapal ferry yang merapat atau menjauh menuju negara kecil yang tidak begitu jauh. Singapura. Ya, jarak Tanjung Pinang – Singapura seolah hanya sekejap mata saja. Kalau bukan karena faktor paspor, mungkin dia sudah cusss menyeberang. Namun perasaan itu hanya dipendamnya saja. “Belum saatnya,” bisiknya mantap.

Keesokan harinya, dia leyeh-leyeh di tepi kolam air laut terbesar se-Asia Tenggara. Dimana lagi tempatnya kalau bukan di Crystal Lagoon, Lagoi. Selagi asyik memanjakan diri, manajer tempat yang bersangkutan mohon izin untuk pergi. Katanya mau ketemu pemilik Treasure Bay yang lagi di Singapura. “Cuma sebentar, kok. Nyeberang aja pakai ferry,” katanya. Okelah. Sosok itu lagi-lagi dibuat menelan ludah. Begitu mudahnya menuju ke Singapura hanya dengan menggunakan kapal ferry cepat. Tidak seperti yang dibayangkannya kalau harus menggunakan pesawat. Dari Negeri Segantang Lada alias Kepulauan Riau (Kepri) memang segalanya mudah menuju Singapura. Dia jadi kepengen.

MENGAPA SINGAPURA?

Singapura memang negara kecil, bahkan tidak lebih besar dari Pulau Bali. Namun negara bekas kolonial Inggris itu telah maju dan berhasil. Penduduknya pun tidak lebih banyak dari penduduk Jakarta. Namun demikian, Singapura berhasil membangun infrastruktur yang layak bagi warganya dengan tingkat perekonomian yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Pemerintahnya terus saja membangun beberapa tempat wisata meski tanahnya hanya segitu-gitu saja. Takheran kalau pada akhirnya membuat para wisatawan berbondong-bondong datang ke sana, termasuk warga Indonesia. Singapura bahkan didaulat sebagai surganya belanja bagi warga dunia. Transportasi publik sudah dibuat nyaman untuk para turis. Setiap penerbangan yang mau keluar atau masuk Indonesia, selalu saja mampir di Singapura.

Nah, ada 5 alasan yang membuat Singapura terkenal. Apa saja itu?

  1. Mengenal Singapura sudah pasti harus mengenal simbol negaranya berupa ikan duyung berkepala singa. Itulah Patung Merlion yang legendaris. Berfoto bersama patung ini tentu harus menuju ke kawasan Marina Bay. Apa hanya itu saja? Masih ada beberapa atraksi lainnya seperti menikmati pertunjukan laser dari Hotel Marina Bay Sands setiap harinya. Kalau sudah malas untuk berjalan-jalan, dari lokasi ini siapa pun bisa menikmati pemandangan Singapura di malam hari. Bangunan-bangunan berarsitektur modern seperti jembatan The Helix, Esplanade Theater, dan bianglala Singapore Flyer yang diterangi lampu berwarna-warni terlihat memesona dari kejauhan.
  2. Bukan ke Singapura kalau tidak belanja. Ada beberapa tempat yang menjadi tempat wajib untuk dikunjungi buat belanja di Singapura, misalnya saja Orchard Road. Tempat belanja modern memang ada di sini, mulai dari mal hingga pertokoan di sepanjang jalan. Jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan bahu jalan lebar membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berjalan-jalan. Tempat lainnya adalah VivoCity yang terletak di Harbourfront. Tidak hanya mencari produk-produk dengan merek terkenal, tetapi wisatawan juga bisa mencari mainan, menonton di amfiteater, atau memang ingin berenang atau menonton di bioskop terbesar di Singapura. Kalau mau yang harganya miring, bisa mampir ke Kawasan Little India. Dari pakaian, tas, jam tangan, hingga barang elektronik dari berbagai merek bisa ditemukan dengan harga murah selama 24 jam. Sesuai namanya, di tempat ini juga bakal ditemukan banyak kuliner khas India atau Melayu.
  3. Tempat lain yang kulinernya khas adalah Kawasan Chinatown. Otomatis kuliner khas keturunan Tionghoa dapat dijumpai di sini dan akan semakin ramai menjelang perayaan Imlek di bulan Januari atau Februari. Chinatown memang ada di setiap negara, termasuk di Indonesia, tetapi kawasan Tionghoa yang begitu khas dan bercampur dengan budaya Melayu memang ‘hanya’ ada di Singapura. Wajar jika dalam iklan pariwisata Visit Singapore ditekankan kalimat, “Inilah tempat yang kusebut rumah. Rumah kami. Di sini kami hidup di antara kehijauan, yang dipahat dari logam. Di mana keterbatasan, membawa kami pada jutaan kemungkinan.”
  4. Tempat wisata yang menjadi ciri khas Singapura adalah Gardens by The Bay. Inilah kebun raksasa milik Singapura dengan luas 101 hektare yang menyajikan berbagai koleksi tanaman dari seluruh dunia. Di sini, wisatawan juga bisa menemukan pohon-pohon raksasa yang terlihat spektakuler saat malam hari. “Di sinilah, semua yang Anda sukai. Semua yang membuat Anda bersemangat, bisa terwujud. Di sinilah impianmu bisa diwujudkan.” Dengan mendatangi negara Singapura, Passion Made Possible. Dari bandara, wisatawan bisa meneruskan perjalanan ke lokasi tujuan dengan menggunakan taksi atau bus. Anda juga bisa menggunakan MRT yang jadwal dan tiketnya bisa didapatkan di loket MRT di bandara. Jaringan MRT sudah terintegrasi dengan baik dan bisa mengantarkan wisatawan dari satu lokasi ke lokasi lain di pusat kota, termasuk menyusuri pesisir Singapura.
  5. Dan yang terakhir adalah karena jaraknya yang begitu dekat dengan Indonesia. Tidak hanya dekat dari Kepulauan Riau seperti dari Pulau Batam atau Pulau Bintan (dengan kapal cepat menuju Harbourfront Centre), tetapi memang akses mudahnya dari kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja dari Jakarta atau Bandung. Tidak perlu visa untuk mengunjunginya. Takheran kalau banyak warga Singapura yang juga sering bolak-balik ke Bandung. Berbagai paket wisata ke Singapura yang ditawarkan agen wisata seperti Traveloka insya Allah akan membantu menemukan rute terbaik menuju ke sana. Jika budgetnya terbatas, silakan memesan Paket Wisata ke Singapura berupa tiket pesawat dan hotel sekaligus. Ini jauh lebih murah dibanding harus memesan satu persatu. Anda bisa memilih berbagai paket wisata yang ditawarkan, dan modifikasi sesuka hati untuk mendapatkan kombinasi yang Anda inginkan.

Percayalah, jangan berhenti mencari apa yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Singapura. Saatnya impian jadi nyata![]

Advertisements

7 thoughts on “5 Alasan yang Membuat Singapura Terkenal

  1. wah bang aswi udah di singapore aja :)) ajak-ajak lah aku…

    aku juga pengguna setia Traveloka bang.

    >> Yuk ah, ajak-ajakan. Jangan jalan sendiri-sendiri aja hehehe….

  2. Baru tahu kalau ke Singapura juga bisa pakai kapal ferry! Ternyata sedekat itu ya kang. 😂

    >> Iya, selama ini tahunya harus pakai pesawat, ternyata pakai ferry juga bisa. Kalau di Eropa bahkan bisa menyeberang negara dengan menggunakan kereta…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s