Yuk, Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge

Sabtu, 13 Januari 2018. Sosok itu berdiri sambil memegangi sepedanya. Di hadapannya ada beberapa stand penjual makanan, berbaris rapi di tepi jalan. Sementara di tengah jalan, orang-orang hilir-mudik berjalan, berlari, atau bersepeda, baik sendirian atau bersama kawan dan keluarga. Begitu ramai. Dia pun berjalan perlahan, tersenyum ramah pada penjaga stand yang menawarkan dagangannya. Di kejauhan, terlihat beberapa anak yang mencoba meniti tali yang dipasangi beberapa bilah balok kayu, sambil berpegangan pada dua tali besi di kanan-kiri. Ada yang terlihat ketakutan, padahal di pinggang mereka sudah dibelit tali pengaman. Sementara di sebelah sana lagi, ada anak-anak yang asyik bercocok tanam dan memberikan makanan rumput pada hewan-hewan memamah biak. Sudah banyak yang berubah dengan tempat ini, bisiknya dalam hati.

Ya, dia memang sedang berada di Allianz Ecopark Ancol, dan sosok itu merasa punya ikatan batin yang kuat dengan tempat tersebut. Masih jelas dalam ingatan, pada 18 Juni 2014, dia berada di sana untuk menghadiri undangan dari pihak Ancol. Bersepeda tentu saja dari Kelapa Gading, setelah sebelumnya dari Bandung. Saat itu namanya adalah Ocean Ecopark Ancol, sebuah taman yang difungsikan sebagai lahan terbuka hijau dengan luas 34 hektar. Sebelumnya tempat tersebut digunakan untuk kalangan tertentu bermain golf. Sebuah ide yang cemerlang, sehingga bisa mengundang lebih banyak orang lagi yang mencari wisata rekreasi alam dan wisata edukasi.

MENGENAL ALLIANZ ECOPARK

Tiba-tiba saja dia terhenyak. Dia pernah menuliskan sebuah ide acara di Ancol, tulisannya pun masih ada di Blog Kompasiana dengan judul Ancol Rally Party. Artikel tersebut tertanggal 17 Februari 2012. Intinya, dia mengajukan konsep Ancol Rally Party dengan 3 (tiga) kompetisi reli yang berbeda, yaitu Photo Rally, Garbike Rally, dan Science Rally. Dia pun menulis bahwa Ancol saat itu masih memiliki Padang Golf Ancol yang semoga saja bisa dikembangkan. Beberapa diantaranya adalah dengan memanfaatkan/memaksimalkan jalur sepeda yang telah ada dan menggali pengetahuan di Ancol. Dan tulisan ini alhamdulillah dinobatkan sebagai pemenang.

Wallahu’alam … apakah idenya itu terpakai atau tidak, yang pasti setelah itu Padang Golf Ancol berubah fungsi dan nama menjadi Ocean Ecopark Ancol. Pada saat itu, Ocean Ecopark Ancol memiliki empat kawasan utama, yaitu Eco-Care, Eco-Nature (dengan Eco-Island-nya), Eco-Energy, dan Eco-Art. Di Eco-Care, pengunjung bisa belajar cara menanam tumbuhan atau sayur. Di Eco-Nature, pengunjung bisa melihat berbagai keindahan alam dan aneka satwa, termasuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di sana. Eco-Island berupa kawasan danau buatan menjadi bagian dari Eco-Nature dan pengunjung bisa menyewa perahu di danau tersebut. Eco-Energy, adalah kawasan yang berisikan tentang konservasi energi dan informasi tentang sumber energi terbaharukan. Sedangkan Eco-Art menjadi pusat acara seni dan budaya, yang dikenal dengan wahana Fantastique Magic Fountain Show-nya.

Dan sebelum berangkat ke Ancol, sosok itu sudah mendapatkan informasi bahwa Allianz Ecopark adalah wujud komitmen Allianz dalam meningkatkan kualitas hidup. Lho kok, Allianz? Ya, Allianz adalah perusahaan di bidang keuangan yang memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1981 dengan lingkup asuransi umum. Sekarang, Allianz sudah melebarkan sayapnya mengurusi asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun. Tidak berhenti di sana saja, mereka pun berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Buktinya adalah pada 2012 mereka mengadakan acara Allianz World Run. Pada pertengahan 2017, Allianz Indonesia bekerjasama dengan Ancol menghadirkan Allianz Ecopark.

Dengan konsep baru, Allianz Ecopark adalah tempat untuk wisata Nature Sport Edutainment dimana para pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas dengan nilai-nilai edukasi dan hiburan melalui pendekatan green lifestyle. Selain kawasan Eco-Nature, Eco-Art, dan Eco-Care yang telah dijelaskan sebelumnya, Allianz Ecopark juga dilengkapi dengan Eco-Market, Taman Fitness, dan Learning Farm. Eco-Market adalah tempat untuk jual-beli beragam buah dan sayur bebas pestisida. Ini adalah pasar organik pertama dan terbesar di Jakarta. Sedangkan Learning Farm, adalah sarana edukasi yang sangat baik untuk anak-anak dengan hiburan atau wahana bermain sambil belajar. Mereka bisa belajar cara berkebun dan bercocok tanam layaknya seorang petani.

Mau olahraga? Bisa kok dilakukan di Allianz Ecopark. Nah, kehadiran sosok itu di sana memang untuk berolahraga. Selain bersepeda, dia juga bisa melakukan aktivitas jalan atau lari. Ssst … Allianz Ecopark memang akan dipromosikan sebagai pusat pernapasan sehat di kawasan Ancol yang dapat memberi manfaat bagi sekitarnya. Keren, kan? Dan hebatnya lagi, masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali hanya membayar tiket masuk Ancol saja. Allianz Ecopark buka setiap hari pada pukul 06.00 – 18.00 WIB. Hanya wahana/permainan tertentu saja yang bayar, yaitu Paintball (usia minimal 14 tahun), Learning Farm (Tiket Rp50.000) dengan paket Tour Animal, Tour Garden, dan Outdoor Activity. Khusus untuk Eco-Market, hanya buka setiap weekend dan hari libur nasional saja selama setengah hari.

ALLIANZ SWEAT CHALLENGE

Puas berjalan-jalan di area Eco-Market, sosok itu melanjutkan perjalanan ke salah satu lapangan di Eco-Nature. Sesampainya di sana, sudah ada beberapa orang yang siap ber-zumba ria. Dan ada satu orang yang ingin ditemuinya saat itu, yaitu Cantika Felder. Gadis yang kecantikannya menurun dari mamahnya itu dulu dikenal sebagai bintang sinetron, tetapi sekarang fokus sebagai instruktur zumba. Wah, apa hubungan Allianz Ecopark dengan Zumba? Gini ya … kan sudah dijelaskan bahwa Allianz Indonesia berkomitmen untuk memperkuat proposisi dalam hal kesehatan dengan mendorong orang untuk menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan tempat bernama Allianz Ecopark. Nah, kegiatan regulernya pada minggu kedua dan keempat setiap bulannya adalah senam bersama, yang kali ini akan dipandu oleh Cantika Felder.

Program ini sudah punya nama besar, yaitu Allianz Sweat Challenge. Sebenarnya tidak hanya zumba karena nantinya bakal ada cardio dance, hiphop cardio, body weight training, yoga, pound fit, body combat, dan lari. Hanya itu? Tentu saja tidak, karena semua aktivitas harus dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni. Allianz Sweat Challenge yang diadakan selama setahun di 2018 ini juga akan menghadirkan Program Tematik (setiap 2 bulan) yang berhubungan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser atau pertunjukan. Dijamin keren, lah. Jadi bukan kebetulan kalau Sabtu kemarin sosok itu hadir di Allianz Ecopark demi bisa ber-zumba ria dengan Cantika Felder. Oya, ia juga pernah jadi instruktur zumba pada acara Launching Program Allianz Sweat Challenge tanggal 25 November 2017 kemarin.

Musik latin pun bergema. Sosok itu tersadarkan bahwa acara sudah dimulai. Tubuh Cantika bergerak dengan gemulainya, mengikuti musik yang begitu enak. Awalnya slow karena fokus untuk pemanasan. Dia pun terbawa suasana, awalnya malu jadi mau hehehe. Biar tidak memalukan lebih baik ya mengambil posisinya di belakang. Dengan celana training hitam berpola putih dan kaos putih, Cantika begitu bersemangat memimpin. Pada saat bagian inti, gerakan senam menjadi cepat dan membuat jantung ini bergerak cepat. Kadang dan sering malah, dia tidak begitu bisa mengikuti gerak Cantika. Wajar saja, jarang senam zumba. Belum sampai satu jam, keringat sudah mulai bercucuran. Yeay … inilah Allianz Sweat Challenge yang begitu mengasyikkan. Hidup sehat memang harus mau berkeringat.

Beres senam, dia bersama peserta lainnya langsung menuju beberapa stand minuman. Alhamdulillah dapat minum gratis dari dua produk minuman yang memang sudah dikenal. Tidak hanya itu, peserta juga dapat goodybag. Makanya jangan lupa daftar secara online ke website Allianz Sweat Challenge. Dengan mengisi form di sana, siapa pun berhak mendapatkan goodybag. Asyik, tho. Dan sepertinya sosok itu tidak akan berhenti sampai di sini saja. Dia bakal ikut kegiatan Allianz Sweat Challenge selama setahun ini yang semoga saja bisa. Dan untuk 27 Januari 2018 nanti, bakal ada CARDIO DANCE bersama Step Dance Academy. Yuk, Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge.[]

Advertisements

8 thoughts on “Yuk, Berkeringat Bersama Allianz Sweat Challenge

  1. Seru banget pastinya olahraga tetapi bisa menikmati suasana berbeda di Allianz Ecopark.
    Andai saja bisa kesana tanggal 27 besok, pasti bakalan senang anak saya juga yang saat ini sedang diajari gemar olahraga

    >> Insya Allah bisa tinggal diagendakan

  2. jadi pengen kesana… kirain tempatnya free, ternyata harus bayar masuk Ancol dulu yah? kayaknya harus seharian ini sih, biar puas.

    >> Bisa atuh, Kang

  3. Aku yakin sosok itu sangat bersemangat zumba. keringat sampai bercucuran. šŸ˜€ Apakabar, Bang? šŸ˜€

    >> Hahahaha … pastinya, tapi biasa da saya mah sudah berkeringat meski tidak berzumba ^_^
    Kabar baik, Idaaah. Bagaimana dengan kabar dirimu?

  4. tempatnya mantap nih, habis olah raga di Allianz Sweat Challenge bisa langsung jalan-jalan ke dufan, atlantis ataupun samudra.,,

    >> Iya, tempatnya memang mantap.
    Kalau ada waktu lebih dan dana lebih ya lebih baik mampir juga ke Dufan hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s