8 Tempat Instagrammable di Greko Creative Hub

Kosambi. Apa yang terbesit dalam benak saat mendengar nama ini? Pasar? Pusat oleh-oleh? Roti bakar? Rumentang Siang? Benar semua. Eh, ini dia lagi membicarakan daerah Kosambi yang di Bandung ya. Meski memang nama ‘Kosambi’ juga ada di beberapa daerah lain seperti Karawang atau Tangerang. Nah, Kosambi di Bandung, begitu dikenal dengan pasar dan pusat oleh-oleh. Pusat keramaian untuk mencari barang-barang murah. Pusat penjualan sepeda juga, khususnya di area Simpang Lima. Nama ‘Kosambi’ sebenarnya berasal dari nama sejenis pohon dalam marga Schleichera atau suku Sapindaceae. Bentuk fisiknya mirip rambutan karena satu marga. Nama latinnya Schleichera oleosa. Kayunya keras dan katanya sangat baik dibuat arang.

Ngomong-ngomong soal nama pohon yang dijadikan nama tempat atau nama geografis di Bandung, sosok itu jadi teringat dengan statusnya sendiri di FB beberapa bulan lalu. Khususnya setelah mendengarkan kuliah umum Pak Titi Bachtiar di LFM ITB. Ya, nama alam memang selalu dijadikan nama geografis seperti halnya kata ‘Air’ atau ‘Cai’ di Jawa Barat. Perubahan ‘Cai’ menjadi ‘Ci’ tidak berbeda dengan ‘Wai’ menjadi ‘Way’ di Sumatera bagian selatan. Nama-nama tumbuhan yang dijadikan nama geografis selain Kosambi adalah (ci)Biru, Manglid, (ci)Beunying, (bojong) Loa, Binong, (ci)Ganitri, dan masih banyak lagi. Kebetulan sosok itu tinggal di Ciganitri dan istri berasal dari Binong. Pohon Ganitri sama seperti Pohon Loa, Jawura, Kosambi, Kiara, atau Kapundung, adalah tumbuhan yang membutuhkan banyak air.

Banner_006

Kosambi sudah berganti wajah saat ini. Percaya deh, karena di salah satu sudutya (tepat di tengah-tengah, pas di seberang Yogya Kosambi), terdapat tempat baru bernama Greko Creative Hub. Greko adalah nama brand yang terus digaungkan oleh PT Maju Makmur Usaha Bersama. Greko? Nama lengkapnya adalah Green Kosambi. Ya, Kosambi yang hijau. Agar wajah barunya cerah dan menyegarkan, mungkin diperlukan nama baru. Nah, inilah wajah baru dari sebuah lokasi yang dulunya sosok itu hanya sekadar lewat saja kecuali mau membeli oleh-oleh khas Bandung, emas, atau roti bakar. Oya, dia membeli mas kawin saat melamar Sang Belahan Jiwa di Pasar Kosambi hehehe.

Tempat baru saat ini jelas akan menampilkan desain yang ‘good looking’. Visual yang menarik. Kalau bertanya pada anak-anak ‘zaman now’ yang setiap menitnya membuka aplikasi bernama Instagram, tentu begitu mengenal istilah ‘instagrammable’. Artinya kalau berfoto di spot tertentu, layaklah untuk ditampilkan di Instagram. Meskipun itu ada di daerah pedalaman yang susah dijangkau, kalau sudah instgrammable pasti akan langsung dikejar demi sebuah gengsi bernama ‘anak gaul’. Apalagi Greko Creative Hub yang tempatnya mudah sekali dijangkau karena terletak di jantung kota Bandung. Bus Damri saja melewatinya dari dua arah.

Green Kosambi

Lalu … apa saja 8 (delapan) titik yang digadang-gadang begitu instagrammable di Greko Creative Hub? Kebetulan sosok itu kemarin datang ramai-ramai bersama Blogger Bandung dan Kelas Blogger ke sana untuk membuktikannya. Hasilnya, dia susun di bawah ini.

1. Gerbang Greko

Greko

Sebelumnya kenalan dulu ya dengan Greko dan mengapa menggunakan istilah Creative Hub. Tempat ini menawarkan beberapa tempat mixed-use yang mengasyikkan. Ada hunian Apartemen Somerset Asia Afrika yang terdiri atas 12 lantai dan ada ‘creative hub’ alias penghubung bagi orang-orang kreatif untuk bisa beraktivitas di 5 lantainya. Nah, kalau selfie atau wefie di depan gerbangnya, dengan tulisan ‘GREKO’ yang berwarna dan latar gedung bertingkat yang mewah, bagus banget. Tahu gak kalau Greko mengusung konsep lingkungan hijau nan kreatif. Kreativitasnya tidak hanya berskala lokal tetapi sudah mendunia. Wih. Selamat datang di Greko!

2. Conclave Co-Working Space

Conclave Co-Working Space

Setelah masuk ke dalam gedungnya, langsung saja menuju lantai 1 karena di sanalah pusat kreativitas terjadi. Siapapun atau perusahaan mana pun bisa berkantor di sini. Inilah Conclave Co-Working Space, sebagai bukti nyata bahwa Greko menghubungkan para insan kreatif di Bandung. Tagline-nya saja ‘Creative Space for Creative People’. Artinya Greko begitu berharap bisa menjadi fasilitas bagi pertemuan orang-orang kreatif di Bandung. Dan katanya … Greko menjadi yang pertama. Nah, di sini juga instagrammable bagi orang-orang pebisnis. Bahkan ada auditorium yang keren banget buat foto bareng. Lihat saja hasilnya.

3. Skybridge Conclave

Greko Creative Hub

Masih di lantai 1, ada tempat yang menarik untuk berkumpul, tepatnya di luar gedung. Dari Conclave langsung saja melewati pintu keluar. Sebenarnya belum ada nama. Kalaupun ada, sosok itu belum tahu. Oke, sebut saja Skybridge Conclave. Lapang yang luas, tapi kalau siang begitu menyengat. Berfotolah sendiri atau beramai-ramai di sini. Bisa dengan latar Griya Kosambi yang entah mengapa jadi menarik atau dengan latar gedung Greko yang menjulang. Dijamin begitu instagrammable. Untuk sampai ke lokasi ini juga gak harus masuk ke dalam gedung, setelah melewati gerbang (kalau jalan kaki) langsung saja melipir ke kiri karena ada tangga yang langsung menuju lokasi ini.

4. Indigologia dan Jeanology

Greko Creative Hub

Nah, inilah tempat paling favorit baginya dan menurut sosok itu paling instagrammable, terutama yang tergila-gila dengan segala jenis kain jeans. Bisa celana, kemeja, jaket, atau kaos. Mau tahu mengapa? Indigologia dan Jeanology yang terletak di lantai dua ini semacam tempat pameran semua produk yang berhubungan dengan kain jeans. Indigologia adalah sebuah brand fashion yang bekerja sama dengan beberapa UKM sedangkan Jeanology adalah sebuah perusahaan denim asal Spanyol yang saat ini menjadi perusahaan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan teknologi laser untuk melukis kain jeans hanya dalam waktu sekira kurang dari lima menit. Keren banget. Di sini ada Pohon Jeans yang batang, ranting, daunnya terbuat dari kain jeans. Ada banyak spot yang instagrammable di sini. Pokoknya dijamin gak puas karena begitu banyaknya spot-spot kece untuk berfoto.

5. Pasarpinuh

Pasarpinuh

Laper? Memang kalau ke suatu tempat, perut suka gak kompromi. Gak ingat waktu. Gak harus siang atau malam, ada saja yang membuat seseorang tiba-tiba saja lapar meski sudah sarapan atau makan siang di rumah. Atauuu bisa jadi hanya ingin sekadar menyicipi. Laper mata istilahnya. Nah, kalau sudah begini, langsung saja cusss ke lantai 3. Di sana ada Pasarpinuh yang dikonsep dengan apik dan hijau. Bikin seger mata, hidung, mulut, dan perut. Sosok itu sendiri sudah mencoba beberapa menu dari stand yang ada di sana, yaitu Gado-gado Surabaya, Mie Kwantung Makassar, dan Nasi Goreng Rawon. Untuk minumnya, dia merekomendasikan Herbal Temulawak atau Wedhang Uwuh. Kalau perut sudah kenyang atau sambil menunggu makanan datang, sila berfoto manja di beberapa sudutnya yang menyegarkan. Bisa juga berfoto di teras pasar (smoking area) karena langsung berhadapan dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

6. Apartemen Somerset Asia Afrika

Green Kosambi

Nah, inilah hunian langit yang baru ada di Kosambi. Ada berbagai kamar yang tersedia, mulai dari studio (1 kamar) hingga katanya ada penthouse di lantai teratas. Entah seperti apa. Sosok itu sendiri baru mengintip di kamar yang ada dua kamar. Enakeun karena perabotan sudah dipersiapkan dan ada terasnya juga. Kamar ini memiliki teras dengan kolam ikan di depan kamar. Sejuk lah. Kawan-kawan blogger saja langsung bahagia di kamar ini dan tidak mau beranjak pergi. Kelakuan. Oya, untuk apartemen ini katanya dikelola oleh The Ascott Limited, perusahaan asal Singapura ternama dan terpercaya. Bayangkan saja, mereka sudah menguasai Benua Amerika, Asia Pasifik, Eropa, dan Timur Tengah. Wuih! Pantas saja, brandnya sendiri ada Ascott, Citadines, Someret, Quest, Lyf, dan The Crest Collection. Soal foto, jangan tanya deh. Kalau ada akses ke kamarnya dijamin instagrammable.

7. Kolam Renang

Greko

Ada apartemen tentu gak afdhol kalau tidak ada kolam renangnya ya. Bayangkan … di Kosambi sekarang sudah ada kolam renang. Siapa yang gak mau, dan letaknya bukan di hotel hehehe. Anak-anak jelas suka dengan bermain di air dan kebetulan di Greko Creative Hub ada kolam anak dan dewasa. Spotnya juga kece karena langsung berhadapan dengan landscape. Kalau di foto, bayangkan seseorang yang setengah badanke bawahnya terendam air tetapi asyik menatap kota Bandung. Kalau cuacanya mendukung, wuih betapa kecenya foto tersebut di Instagram. Atau kalau mau kreatif lagi, beberapa titik di sekitar kolam renang juga bisa dijadikan objek. Yakin deh, bakalan bikin orang lain mupeng. Oya, lokasinya sendiri berada di lantai 6. Soal apakah boleh untuk umum atau hanya khusus penghuni apartemen atau penyewa ruangan di Conclave Co-Working Space belum ada pengumumannya. Tunggu saja.

8. Rooftop

Greko Creative Hub

Not yet finished alias belum selesai. Meski begitu sosok itu merasa bersyukur dapat naik ke atas bersama kawan-kawan #BloggerBDG dan #KelasBlogger kemarin. Posisinya ya berada di lantai paling atas. Harus naik lift kecuali mau naik tangga demi menurunkan volume perut hahaha. Di rooftop ini terdapat taman yang begitu menyegarkan mata. Wuih … di langit juga ketemu rumput dan beberapa pohon. Senang pastinya dong. Namun bukan itu kejutan yang bakal ditemui. Mental diuji di sini karena melihat Bumi yang seolah-olah jauh sekali. Jelas kerepotan bagi orang yang takut akan ketinggian. Selfie atau wefie dengan landscape kota Bandung adalah kenangan takterlupa dan bakal membuat foto-foto yang spektakuler. Tenangkan dan yakinkan diri sebelum ke rooftop, kalau berani ya tinggal naik.

Nah, itulah beberapa tempat yang instagrammable di Greko Creative Hub. Kosambil yang dulu dikenal sebagai tempat yang ‘rada kumuh’ kini sudah naik kelas. Hayuklah ke sana selain mencari roti bakar atau oleh-oleh khas Bandung di Pasar Kosambi.[]

Advertisements

3 thoughts on “8 Tempat Instagrammable di Greko Creative Hub

  1. Wahh keren yaa..tempat2 yg instagramable pasti bakalan jadi favorite anak muda tuh..jadi pengen ke greko lagi 😀

  2. Yang paling berkesan pas ke Greko adalah di Rooftopnya, jadi pengen tahu kelak jadinya gimana ya? Pasti lebih keren lagi. Wajib datang lagi nih kapan2 ke sana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s