The Best MPV: All New Ertiga

Ada sebuah keinginan, bukan mimpi, suatu hari nanti sosok itu dapat melihat Sang Belahan Jiwa yang tersenyum lebar. Manisnya mengalahkan madu hutan di pedalaman. Duduk di sebelah, dengan binar mata yang bercahaya, melakukan perjalanan cinta bersamanya menuju kenangan-kenangan yang menyejarah. Di atas mobil miliknya sendiri, hasil keringatnya selama bertahun-tahun, setelah berjuang bersama membereskan hutang kredit rumah. Berbicara tentang segala hal, tentang keindahan, tentang keberhasilan anak-anak yang kemudian melahirkan generasi selanjutnya yang saleh dan salehah.

Ada sebuah keinginan, bukan mimpi, suatu hari nanti sosok itu dapat melihat Kakak Bintan yang terus saja memperlihatkan gigi-giginya yang putih. Senyumnya yang khas, sambil terus bercerita tentang pengalamannya selama di Pesantren Al-Furqan, tentang ustadz dan ustadzahnya yang memberi teladan, tentang kawan-kawannya, tentang mimpinya yang makin terpatri untuk dapat berkuliah di luar negeri. Duduk di belakang Sang Belahan Jiwa, sesekali memeluk erat umminya, dan bersenandung lagu-lagu nasyid. Mengiringi perjalanan cinta yang makin menyejarah.

Ada sebuah keinginan, bukan mimpi, suatu hari nanti sosok itu dapat melihat Adik Anin yang terus saja memperbaiki hijabnya karena tidak mau duduk tenang. Sesekali ia memeluk sosok itu dari belakang, seperti pelukannya saat naik motor berdua. Pelukan yang tidak mau dilepas seolah-olah itulah pegangan hidupnya dan karena perasaan nyaman yang tiada tara. Ia tidak mau kalah bercerita setelah kakaknya selesai, tentang mimpinya menjadi seorang olahragawati (entah itu pemain futsal atau pelari) tetapi tetap menjaga hapalan Al-Qurannya. Obrolan yang tiada henti, di atas mobil baru, melakukan perjalanan cinta yang sudah pasti menyejarah.

Suzuki Ertiga

Ada sebuah keinginan, bukan mimpi, bahwa semua hal di atas itu memang nyata adanya. Mengobrol dengan aura cinta di atas mobil keluarga barunya. Suatu hari nanti. Amin.

Banner_012

Sebelum ke nama “Ertiga”, alangkah baiknya mengenal satu istilah yang begitu dekat dengan mobil keluarga. Tahu sendiri kan pertumbuhan penduduk Indonesia itu luar biasa masif, sehingga keberadaan mobil bagi sebuah keluarga tidak boleh mubazir. Jangan karena ingin gaya tapi beli mobil yang hanya muat untuk dua orang. Fiuh. Kebanyakan pasti akan memilih mobil yang berkapasitas keluarga, artinya bisa muat banyak. Nah, mobil keluarga inilah yang kemudian disebut sebagai MPV. MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah jenis mobil “multifungsi” yang dapat digunakan tidak hanya mampu mengangkut penumpang tetapi sekaligus dapat membawa barang-barang. Kendaraan tipe ini cenderung memiliki klasifikasi “minibus” (bus kecil) dilihat dari bentuknya.

Nah, Suzuki Ertiga adalah mobil keluarga. Mobil dengan jenis MPV. Mobil ini awalnya hadir dengan nama R-III di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010. Makna ‘R’ di sini adalah ‘row‘ yang artinya ‘baris’. Dengan begitu R-III dapat memuat penumpang sampai tiga baris, kurang lebih 6-8 orang. R-III kemudian resmi berganti nama menjadi ‘Ertiga’ per bulan Januari pada ajang Auto Expo 2012 di New Delhi. Katanya, Ertiga ini adalah perpaduan MPV dan Sedan, yakni dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Di Indonesia, Suzuki Ertiga diperkenalkan pertama kali pada April 2012 dan pada saat itu juga langsung meraih gelar Best Compact MPV, Best Small MPV, dan Rockie of the Year. Not bad untuk pendatang baru. Keren malah.

Baca juga
6 Ketangguhan Suzuki Ignis Sport Edition

Pada Agustus 2013 dikeluarkan Ertiga Elegant yang meraih Car of the Year, Best of the Best MPV, Best Small MPV, Best Compact MPV, Best New Comer, dan Most Favorite Car. Pada Februari 2014 lahirlah Ertiga Sporty yang juga memenangkan penghargaan Car of the Year, Best Small MPV, Best Resale Value, dan Favorite Compact MPV. Pada Agustus 2015 keluar New Ertiga. Pada November 2015 keluar New Ertiga Dreza GS dengan prestasi New Promotors Leader dan The Highest Customer Satisfaction Index. Pada Februari 2017 keluar New Ertiga Diesel Hybrid yang berprestasi sebagai The Highest Net Promotor Score dan The Highest Customer Satisfaction Index Overall. Dan akhirnya pada 19 April 2018 kemarin lahirlah All New Ertiga.

Press Conference All New Ertiga

Banner_013

Jurnalis Kompas, Febri Ardani Saragih, memberitakan bahwa Suzuki All New Ertiga, generasi baru Ertiga yang meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS), diganjar penghargaan “The Best MPV” oleh penyelenggara dalam ajang IIMS Award 2018. Penghargaan itu dibacakan saat penutupan IIMS pada hari Sabtu (28/4/2018). Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research SIS yang menerima piala “The Best MPV” di atas panggung, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang meriah dari masyarakat pada perubahan desain total Ertiga. “Penghargaan untuk All New Ertiga di ajang IIMS Awards 2018 menjadi motivasi kami untuk berinovasi dalam menghadirkan kendaraan yang tidak hanya mengandalkan gaya, namun juga kenyamanan dan keamanan yang dibutuhkan konsumen Suzuki,” katanya.

Sedangkan Asep Budiman, Jurnalis PR, memberitakan bahwa All New Ertiga disambut antusias oleh Ertiga Mania Bandung dan masyarakat saat peluncurannya pada hari Jumat (18/5/2018) malam di Paskal 23 Mall Pasirkaliki. Kebetulan sosok itu sendiri juga hadir menyaksikannya. Dipandu oleh MC Jazzy, suasana malam itu begitu meriah, apalagi juga diramaikan oleh KSP Band. Banyak yang terkesima dengan perubahan signifikan dari All New Ertiga hingga beberapa diantara yang hadir langsung mengisi surat pemesanan mobil. “Semalam SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 52 unit. Belum termasuk hari ini dan besok,” tutur Vicky Yusika, Sales and Marketing Manager PT Nusantara Jaya Sentosa, keesokan harinya. Wow! Luar biasa.

New Ertiga

Wajar sih, karena konsep dari All New Ertiga adalah gaya yang ‘gue banget’. Desainnya kompak tetapi bisa muat 7-8 orang. Itulah mengapa All New Ertiga bakal memperkaya hidup keluarga pengendaranya. Enriching Your Life. All New Ertiga memang benar-benar ‘The New Face of Urban MPV‘. Desain konsepnya begitu kuat dan elegan, dilengkapi berbagai fitur mutakhir. Ubahan tersebut akan memberikan sensasi berkendara yang berbeda untuk keluarga di Indonesia. Lihat saja di dapur pacu, performanya disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B. Mesin ini memberikan tenaga total 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm di 4.000 rpm. Artinya bisa lebih responsif saat berjalan di berbagai medan.

Lalu dari segi emisi, All New Ertiga memiliki multi-point injection yang sudah berstandar Euro 4, sesuai regulasi pemerintah. Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) juga pernah mengujinya, dan hasilnya kalau mobil ini konsumsi BBM-nya terbilang irit. Untuk transmisi otomotis hanya memerlukan bahan bakar sebanyak 16,37 km/liter dan 18,09 km/liter saja untuk transmisi manual. Irit banget itu mah. All New ERTIGA memang mobil yang mengERTI keluarGA Indonesia.

All New Ertiga di Kota Bandung dibanderol dengan harga Rp 197,5 juta untuk tipe GA dan Rp 215,5 juta untuk tipe GL manual. Untuk tipe GL otomatis harganya Rp 225 juta, untuk tipe GX manual dihargai Rp 225,5 juta, sedangkan untuk tipe GX otomatis harganya Rp 236 juta. All New Ertiga tersedia dengan tujuh pilihan warna, dua di antaranya warna baru. Black, Lylac, Red Burgundy, Graphite Grey, Radiant Red, Silky Silver, dan Pearl/Snow White.

All New Ertiga

Sosok itu pengen banget ngejelasin panjang lebar soal All New Ertiga ini, tetapi dia yakin kalau semua sudah tahu dari berbagai informasi yang ada di dunia maya atau bahkan langsung tahu dari penjelasan sales marketingnya. Langsung kesimpulan saja deh, bahwa All New Ertiga memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Eksterior yang memang oke. Bumper, kap mesin, dan gril mengalami sedikit perubahan, jadi lebih berotot. Meski penerangan utama masih mengadopsi proyektor halogen (belum LED), tetapi lampu belakang dan stoplamp sudah menggunakan LED. Spionnya sudah elektrik dan dapat buka-tutup secara otomatis. Oya, kunci sudah bersistem smart key, artinya pada jarak kurang dari 30 cm (dengan kunci di kantong celana) cukup dengan menekan tombol kecil di handle sudah dapat membuka pintu.
  2. Interior yang mewah banget. Nyambung dengan poin pertama, tombol start/stop sudah menggantikan anak kunci sehingga memudahkan pengendara. Ada aksen kayu yang membentang di panel dasbor, door trim, dan setir. Alami banget ya, meski bahan jok masih kain. Sistem hiburannya, head unit layar sentuh dapat terintegrasi dengan ponsel. Pada tipe GX, di konsol tengah terdapat ‘kulkas mini’ yang dapat mendinginkan dua botol minuman sekaligus. Wuihhh.
  3. Kabin yang luas (karena dimensinya lebih besar dibanding seri-seri sebelumnya). Bagi sosok itu yang memiliki postur tinggi badan 170 cm, posisi duduk terasa nyaman banget karena jok bisa diatur tinggi-rendahnya, bukan hanya maju-mundur saja. Oya, meski pengaturan setir hanya tilt steering (belum teleskopik), namun di sana sudah ada tombol pengatur suara, bluetooth, dan penerima telepon. Memudahkan banget.
  4. Nyaman dan nenangin banget. Socket untuk portal USB 12V disediakan di bagian depan dan konsol tengah untuk penumpang yang ingin mengisi daya ponsel. Colokan itu memang wajib ya hahaha. Sebagai penunjang keselamatan, ada dual SRS airbag, pengait isofix untuk keamanan anak kecil, smart entry, immobilizer, dan security alarm. Sistem pengereman pada All New Ertiga sudah ditambah Electronic Stability Program (ESP) dan Torque Control System (TCS) yang mengendalikan laju kendaraan. ESP membantu keamanan saat berbelok sehingga tidak terjadi oversteer dan understeer. Hampir lupa, ada pula fitur Hill Hold Control (HHC) yang berfungsi untuk menahan laju kendaraan selama dua detik. Ini memberi waktu kepada pengendara untuk memindahkan dari pedal rem ke pedal gas. Jadi mobil tidak mundur atau bergerak ke bawah.[]
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s