Mengenal Computer Assisted Test (CAT) dalam Tes CPNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS sampai sekarang tetap menjadi idaman banyak orang yang baru lulus kuliah atau bahkan sudah lama lulusnya, asal syarat usia masih di bawah 35 tahun. Wajar saja karena kehidupan masa depan PNS dianggap masih berwarna hijau, terutama tunggangan pensiun. Gak heran kalau para orangtua zaman dulu hingga sekarang selalu meminta anak-anaknya untuk Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Alhamdulillah orangtua sosok itu adalah seorang PNS di PLN. Kakak pertamanya juga setelah beberapa tahun bekerja di swasta akhirnya diterima sebagai PNS. Akan tetapi entah mengapa dia tidak begitu tertarik, apalagi setelah melihat dengan mata kepala sendiri ada tetangganya yang terkena pidana korupsi.

Apapun latar belakangnya, menjadi PNS tetapi menjadi incaran. Pada 2017 saja, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. Satu juta orang berjuang untuk bisa masuk ke dalam satu kementerian. Itu baru satu, lho. Silakan hitung sendiri berapa kementerian yang ada di Indonesia. Dari satu juga orang itu, paling yang diterima hanya lima atau belasan orang saja. Tidak banyak. Nah, karena itulah Badan Kepegawaian Negara (BKN) berusaha mencari cara bagaimana tes yang berlangsung bisa cepat dan presisi. Artinya jangan sampai disalahgunakan seperti yang terjadi dan terdengar desas-desusnya pada masa lampau.

Tes CPNS

Bagi pemburu PNS, momentum penerimaan CPNS menjadi saat yang paling dinanti. Takjarang beberapa orang salah mengambil jalur, yaitu dengan melakukan hal yang dilarang. Kecurangan selalu saja terjadi dan entah sudah berapa banyak korban yang berjatuhan dan tetap saja mereka tidak lulus. Agar tidak masuk ke dalam lubang yang sama, sudah seharusnya masyarakat tahu bahwa tes CPNS itu memerlukan persiapan yang matang. Salah satu persiapan penting yang mesti dilakukan oleh para calon pendaftar diantaranya terkait dengan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) BKN. Sistem CAT BKN masih dipercaya sebagai satu-satunya media yang digunakan untuk pelaksanaan tes seleksi CPNS baik untuk tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB).

Ya, setelah pendaftar CPNS dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan tes CAT. CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.Standar kompetensi dasar CPNS diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS , dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD. Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor. Waktu pengerjaannya adalah 90 menit. Soal dalam bentuk pilihan ganda dan cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Banner_033

Eh, tahu gak sih kalau CAT alias tes CPNS yang sudah menggunakan komputer ternyata dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen CPNS di Indonesia. Jelas ini merupakan berita baik dan membanggakan. Berita tersebut dimuat dalam “Global Report: Public Sector Performance” yang dirilis World Bank pada Oktober 2018. Katanya, CAT itu telah menghilangkan kesempatan untuk melakukan korupsi dalam tes CPNS. Semua database dijamin terkontrol dan hasil tesnya juga langsung realtime alias saat itu juga.

“In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies.”

Sistem CAT dalam Tes CPNS

Edwin Ariadharma (Perwakilan World Bank Indonesia) menyampaikan bahwa terpilihnya CAT BKN yang mewakili Indonesia dikarenakan sistem CAT telah menghadirkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen CPNS yang berjalan secara transparan, adil, dan akuntabel. CAT amat berkontribusi terhadap penjaringan SDM CPNS yang memang lolos karena kualitas kompetensi individunya, dan hal ini tentu berdampak pada penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan. Ditetapkannya CAT BKN oleh World Bank sebagai produk layanan publik Indonesia karena dinilai sudah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance. Tuh, kan? Jadi sudah seharusnya kalau sekarang ini tidak lagi memandang sebelah mata terhadap Tes CPNS.

Ada 4 (empat) unsur utama dalam CAT BKN yang dianggap berhasil mereformasi kualitas rekrutmen CPNS di Indonesia, yaitu:

  1. Aspek Political Leadership. Kepemimpinan ini penting. Awalnya diinisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS, hingga pada tahun 2014 Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS dan diberlakukan ke seluruh Instansi Pemerintah Pusat.
  2. Aspek Teknologi. BKN telah melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security).
  3. Aspek Transparansi. Rekrutmen CPNS dengan CAT telah berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time).
  4. Aspek Kapasitas Institusi. BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, World Bank Global Report 2018 membagi Improving Public Sector Performance ke dalam lima kategori, yakni: Driving Results from the Center of Government; Civil Service Management; Innovations in Managing Public Money; New Approaches to Last-Mile Service Delivery; dan Innovations in Delivering Justice Services.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s