Ba-bye Internet Lemot, No Drama Kuota

Kini kupu-kupu itu telah dewasa
Yang dulu hanya berjalan begitu lambat
Kini telah terbang dengan kepakan cantiknya
Mengarungi angkasa luas

Entah sejak kapan sosok itu mulai menggunakan Smartfren sebagai provider pilihannya. Dia sendiri sudah lupa detailnya. Bisa jadi lebih dari lima tahun lalu saat masih menggunakan teknologi CDMA. Jadul pisan. Namun dari data artikel di blognya ini, tulisan Smartfren 4G LTE Advanced adalah bukti nyata kalau dirinya tetap setiap pada provider merah tersebut. September 2015 adalah penanda bagaimana Smartfren bermetamorfosis dari ulat menjadi kupu-kupu, dari jaringan CDMA ke 4G LTE.

Smartfren GSM

Smartfren kini muncul dengan jargon baru, yaitu GSM Super 4G Unlimited yang kelebihannya dapat digunakan di semua device yang mendukung jaringan Smartfren. Jadi, apapun device-nya asal sudah mendukung jaringan 4G maka aman deh. Kartu perdananya bisa dibeli di semua Gallery Smartfren dan toko-toko offline/online yang disukai. Pokoknya dibuat mudah pisan. Namun perlu dicatat bahwa paket unlimited tidak bisa digunakan untuk mifi, router, atau dongle. Hanya untuk device smartphone saja. Bonusnya bahkan ada benefit gratis panggilan telepon ke semua operator selama 10 menit. Kalau ke sesama Smartfren dapat gratis telepon selama 30 hari. Asyik gak tuh! Nah, ini yang penting diingat … masa aktif Kartu Perdana Super 4G Unlimited adalah 30 hari sejak kartu diaktivasi, dan paket unlimited-nya akan aktif setelah kartu diaktivasi dan didaftarkan sesuai registrasi prabayar.

Banner_040

“Sama kayak Kak Ananta Vinnie, gue juga pernah ngalamin yang namanya #DramaKuota guys. Pekerjaan gue sbg seorang instagram influencer pastinya membutuhkan kuota yg banyak dan jaringan yg cepat, karna harus on kapanpun dimanapun dan pastinya harus fast response. Nah dulu sebelum pake smartfren, gue sering banget nih ngalamin jaringan internet yang super lemot, padahal harus cepet ngirim balik ke client via email materi endorse, harus upload dll. Hufttt kezel bgt kan? Udah harga kuotanya mahal, dapetnya dikit, lemot lg. Tapi semenjak pake smartfren sekarang gue udh terlepas dari drama jaringan internet super lambat! Terimakasih smartfren, hidup gue sekarang bebas drama.”

Lilla Syifa

Cerita di atas adalah kisah dari Lilla Syifa yang curhat di akun instagramnya. Kisahnya ternyata gak jauh beda dengan sosok itu. Drama kuota adalah kisah yang tidak bisa dilepaskan dari seorang blogger. Sebagai contoh adalah ketika dia harus melakukan livetweet dan flash blogging di tempat lokasi. Artinya, dia harus ngetwit atau ngeblog di lokasi yang bisa jadi beberapa provider hilang atau lemah sinyalnya. Jalan satu-satunya adalah mengandalkan wifi gratis. Tapi bayangkan saja dengan kuota terbatas wifi tersebut dipakai oleh puluhan orang … rebutan dong. Alhamdulillah dia selama ini merasa aman-aman saja dengan Smartfren 4G #GoUnlimited sebagai andalannya. Livetweet berlangsung lancar dan target ‘trending topic‘ tercapai tanpa drama. Begitu pula dengan ngeblog di lokasi, semua sesuai dengan ekspektasi. Bahkan pada akhir acara diumumkan bahwa dia adalah salah satu pemenang flash blogging. Sujud syukur, dah!

Bagi yang belum tahu dan ngeh, Smartfren GSM 4G adalah kartu perdana yang memiliki jaringan unlimited, dapat digunakan pada device apapun dengan harga yang terjangkau (murah). Bayangin aja … cuma 65K saja sudah bisa internetan unlimited selama sebulan penuh. Ada yang lebih murah dari ini? Kayaknya gak ada deh. Dan enaknya, kuotanya itu mencapai 30GB selama sebulan yang dibagi-bagi menjadi 1GB per hari. Ini jelas mempermudah kinerjanya sebagai seorang travel blogger. Schedule-nya aman sentosa karena sudah diatur sedemikian rupa. Biasanya kalau internetnya sudah lemot, berarti jatah 1GB per harinya sudah habis. Besoknya sudah aman lagi deh kecepatannya. Begitu seterusnya. Provider lain mungkin jaringannya lebih cepat (mungkin loh yaaa), tapi harganya mahal. Provider lain bisa jadi lebih murah, tapi jaringannya sering lemot.

Daaan … provider lain sering membatasi penggunaannya hanya untuk membuka aplikasi tertentu. Tahu sendiri lah bagaimana fasilitas bonus sekian GB untuk membuka aplikasi youtube, facebook, dll. Asli, dia gak cocok dengan bonus-bonus itu. Pekerjaannya sebagai travel blogger butuh internet full, bukan beberapa aplikasi saja. Dia butuh untuk browsing plus membuka beberapa aplikasi. Penting semua dan harus paket lengkap. O iya … provider lain juga suka ngasih bonus gedhe tapi paket internetnya dibatasi jam, misal hanya bisa digunakan pada tengah malam. Masa iya dia harus maksain melek (alias begadang) kalau mau posting artikel? Alhamdulillah jam tidurnya saat ini sudah lumayan teratur, apalagi setelah konsisten olahraga lari dan sepedaan. Paling telat pukul 23:59 alias tengah malam dia harus sudah tidur. Gak bisa diganggu lagi. Smartfren 4G adalah pahlawan dan problem solver bagi kebutuhannya berinternet. Titik.

Carollyne Dewi

Banner_041

Carollyne Dewi juga pernah curhat di instagramnya (yang fotonya ada di atas). Katanya, “Lagi asik-asiknya LIVE, eh tiba-tiba kuota abis. Komen gak muncul dan obrolan (pun) jadi keputus. (Kesel gak tuh). Terus Carol ganti deh pake Smartfren 4G #GoUnlimited yang jaringannya stabil, gak dibatasi jam dan kuota, dan yang paling penting harganya pas di kantong … hehehe. Gak ada deh #DramaKuota lagi. Sejak saat itu, LIVE aku jadi lancar terus gak putus-putus, sekaligus bisa mantengin IG @indomusikgram (yang oke).” Begitupula dengan Dion Wiyoko yang bercerita, “Gak asik banget neh! Edit foto udah cakep-cakep, pas mau upload foto ehhh kuotanya abis. Padahal foto daunnya lagi merona-rona, neh.”

Kuota habis, jaringan gak stabil, internet dibatasi, dan harga mahal adalah #DramaKuota yang gak perlu lagi terjadi. Semua itu adalah kisah klasik zaman baheula. Seperti halnya T-Rex yang sudah lama punah. Jalan keluar dari semua masalah itu adalah Smartfren Super 4G Unlimited. Sosok itu adalah saksinya bagaimana sebagai seorang travel blogger, dia tetap aman dan nyaman berinternet meski harus pergi ke berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Coverage aman kecuali di hutan, puncak gunung, atau daerah pedalaman. Semua provider juga mengalami hal yang sama kaleee hehehe. Jaringannya aman untuk semua device dan aplikasi. Gak ada batas-batasan lagi tuh. Harganya juga terbilang murah. Reasonable price, lah. Kalau gak percaya coba deh nonton video di bawah ini.

Oya, coba deh di-share pengalaman internet kamu yang gak sesuai ekspektasi dalam bentuk foto/video/komik/meme di Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube pribadi. Lengkapi postingan dengan hestek #DramaKuota #GoUnlimited dan mention @smartfrenworld plus dua temanmu. Hadiahnya keren-keren loh. Ada iPhone X 64GB, Samsung Note 9 128GB, Redmi Note 5, Portable wi-fi Smartfren, dan Unlimited SP. Namun ada syarat utamanya neh, yaitu follow dulu IG @smartfrenworld dan subscribe Official Youtube Channel dari Smartfren. Kalau syarat lainnya adalah bahwa cerita tidak boleh mengandung unsur SARA & pornografi, serta akun media sosialnya tidak boleh dikunci/private. Ikutan yaaak.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s