Bolu Susu Lembang, Oleh oleh Khas Bandung

Siapa pun kalau sedang bepergian ke suatu tempat yang jauh seperti ke luar kota, pasti ada yang berkata, “Jangan lupa ya oleh-olehnya.” Mereka biasanya adalah dari pihak keluarga, tetangga, atau kawan terdekat. Ya, oleh oleh atau buah tangan adalah sesuatu yang bisa dibawa dari kota tujuan ke kota asal, dan biasanya menjadi ciri khas dari kota tujuan. Oleh oleh ini dapat berupa produk tertentu seperti gelas, miniatur bangunan, gantungan kunci, dll, hingga berupa makanan. Meski tidak banyak, sosok itu selalu berusaha untuk membawa oleh oleh kalau bepergian.

Menurut KBBI, oleh oleh (kata benda) adalah sesuatu yang dibawa dari bepergian. Mengapa disebut sebagai buah tangan? Ini disebabkan bahwa buah tangan adalah hasil pekerjaan sendiri atau biasa disebut dengan barang kerajinan. Barang kerajinan inilah yang kemudian dibawa pulang ke kota asal. Sejarahnya sendiri tidak diketahui pasti. Hanya saja orang-orang terdahulu suka menitipkan dibawakan atau dibelikan kalau ada orang setempat yang akan pergi jauh. Biasanya ada rombongan yang ingin ke pasar besar yang letaknya memang jauh dari rumah.

Banner_016

Setiap kota selalu memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas ini bisa berupa barang kerajinan dan makanan lokal. Hanya dari dua hal inilah pada akhirnya setiap orang yang singgah ke kota tujuan, cenderung membawa oleh oleh khas kota tersebut untuk dibawa ke kota asal. Sebut saja kerak telor khas Betawi/Jakarta, peuyeum khas Bandung, bakpia pathok khas Jogja, lumpia khas Semarang, dan seterusnya. Selain peuyeum, Bandung juga dikenal akan produk susunya, baik itu dari Bandung Selatan maupun dari Bandung Utara.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk oleh oleh juga mengalami perubahan. Di Bandung Selatan, olahan susu berkembang menjadi permen susu dan limbah kulit jeruk Bali berubah menjadi kalua. Sedangkan di Bandung Utara, olahan susu juga berkembang menjadi tahu susu dan kini bolu susu. Bandung memang terkenal dengan kulinernya. Siapa saja yang pernah singgah di Bandung pasti mengenal bahwa produk kulinernya begitu beragam dan layak untuk dicicipi atau dibawa pulang.

Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang atau BSL adalah salah satu produk makanan yang kini menjadi oleh oleh khas Bandung. Produk ini telah teruji kualitasnya dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. BSL diproduksi oleh PT Agrinesia Raya yang memiliki visi menjadi perusahaan cake & pastry kelas dunia dengan kenyamanan, kepuasan, dan kebahagiaan bersama. Misi dari perusahaannya sendiri adalah dengan menciptakan dan mengembangkan usaha produk makanan agar menjadi yang terdepan.

BSL saat ini memilik tiga varian rasa, yang terdiri atas rasa Original, Susu Vanila, dan Susu Cokelat. Harga resminya adalah Rp33.000 untuk Original dan Susu Vanila, sedangkan untuk Susu Cokelat adalah Rp34.000. Mengapa kalau beli di tepi jalan sekitaran Pasteur atau di mana saja cenderung lebih mahal? Wajar saja karena mereka adalah reseller yang membeli BSL di outlet resmi lalu dijualnya kembali dengan menaikkan harga agar mendapatkan keuntungan. Outlet resminya yang bernama island baru ada di Terminal Ledeng, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Bandara Husein Sastranegara.

Sedangkan pusat dari Bolu Susu Lembang sendiri berada di Lembang, tepatnya sebelum Alun-alun Lembang. Oya, sosok itu sendiri pernah melihat dengan kepala sendiri bagaimana Grand Launching BSL di Cihampelas Walk pada hari Minggu, 17 Desember 2017. Hampir dua tahun lalu, dan hingga sekarang BSL terus dicari sebagai oleh oleh Bandung yang paling dicari. Mengapa bisa begitu? Salah satu alasannya bisa jadi karena BSL memiliki kadar susu yang pas, yaitu mengandung 30% susu cair, jadi tidak terasa giung atau kemanisan.

Oleh Oleh Khas Bandung

Banner_017

Penjualan BSL yang tinggi pada akhirnya disikapi oleh beberapa orang sebagai peluang tersendiri. Mereka dengan daya upayanya kemudian kreatif membuat beberapa varian bolu yang mirip. Ya mirip bentuknya maupun mirip penamaannya. Sebut saja ada Bolu Susu Bandung, Bolu Susu Kota Kembang, Brownies Susu Lembang, Bolu Susu Lembang SULE, Bolu Kukus Lembang, dan lain sebagainya. Nah, sosok itu memandang perlu dan wajib untuk memberi tahu ciri dari BSL yang asli.

  1. Ada logo khas di bagian permukaan atas, sisi bawah, dan sisi kanan boks. Logo yang dimaksud adalah gambar ‘Sapi’ dengan tulisan ‘LEMBANG’ di bagian bawahnya (huruf besar berwarna putih), dan tulisan ‘Cita Rasa Bandung’ berwarna emas.
  2. Tulisan ‘Original’ dan ‘Susu Coklat’ berwarna emas mengkilat, sedangkan tulisan ‘Susu Vanila’ berwarna biru mengkilat yang terletak di bagian bawah logo pada permukaan atas boks.
  3. Pada bagian sisi atas terdapat tanggal kadaluarsa bertuliskan EXP ddmmyy (d adalah tanggal, m adalah bulan, y adalah tahun), komposisi, berat bersih, saran, penyimpanan, izin Dinkes PIRT, dan logo halal MUI.
  4. Pada permukaan bawah boks, ada gambar dua sapi di sebuah padang rumput dengan latar langit biru dan awan-awan putih. Terdapat pula tulisan ‘Diproduksi oleh PT Agrinesia Raya Indonesia’.
  5. Pada sisi kiri boks, terdapat logo ‘Bandung Tourism’, situs http://www.bolulembang.com, WA 08111500146, dan alamat FB/IG bolulembang.

Bolu Susu Lembang Asli

Saran Penyimpanan

  • Hindari suhu panas dan matahari langsung
  • Daya tahan produk 7 hari dalam kulkas
  • Daya tahan produk 3 hari dalam suhu ruang

BSL Store Lembang
Jl. Raya Lembang No. 275 Lembang, Kab. Bandung
Jam Operasional pukul 06:00 – 22:00
Hari libur nasional atau tanggal merah, tetap BUKA lho!

Daaan … ada layanan ‘BSL Delivery’ tanpa minimal order ke seluruh wilayah Kota Bandung dan ini semua gratis asal memesannya langsung saja melalui WA 08111500146 atau line @bolulembang ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s