Memilih Villa di Ciater

Menyebut Ciater pasti gak akan bisa lepas dengan nama Bandung, Lembang, Subang, atau Tangkuban Parahu. Bisa benar, tapi bisa juga salah. Namun satu hal yang pasti, Ciater gak akan bisa terlepaskan dari pemandian air panasnya. Ini sudah pasti benar. Menurut Wikipedia, Ciater adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kecamatan ini berjarak sekira 26 km dari ibukota Kabupaten Subang ke arah barat daya. Pusat pemerintahannya berada di Desa Ciater.

Kecamatan Ciater merupakan hasil pemekaran Kecamatan Jalan Cagak. Letaknya berada di bagian selatan Kabupaten Subang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Wilayahnya merupakan daerah perbukitan hingga lereng Gunung Tangkuban Parahu pada ketinggian 450-1800 meter di atas permukaan air laut. Oleh karena begitu dekatnya dengan gunung yang terbilang aktif, gak heran kalau sumber air panas melimpah di sini.

Selain pemandian air panas, sebenarnya ada tempat wisata lain yang begitu menarik di Ciater. Ada lima curug atau air terjun yang begitu dikenal, yaitu Curug Cibareubeuy, Curug Cipeureu, Curug Biru Koleangkak, Curug Cisadala, dan Curug Bentang. Meski begitu, tetap saja kalau mau ke Ciater, sudah pasti tujuannya adalah berendam di air panas. Ini dikarenakan khasiat kesehatannya yang sudah dikenal oleh orang banyak. Dan entah bagaimana ceritanya, banyak orang memilih waktu berendam pada malam hari.

Air Panas Ciater

Banner_029

Pengalaman sosok itu saat ingin berendam di Ciater adalah dia harus menginap di daerah sana. Alasannya sederhana saja, yaitu biar gak terlalu capek badan setelah berendam. Masa iya setelah berendam air panas, lalu jalan berjam-jam untuk pulang ke rumah. Gak banget deh, meskipun bawa mobil juga. Nah, cara efektif agar bisa berendam air panas di Ciater adalah tentu saja lebih baik memilih villa yang memang tersedia di sana. Mengapa bukan hotel? Pertanyaan yang bagus.

Hotel cenderung bersifat pribadi. Disewa hanya satu kamar saja dengan kapasitas terbatas, biasanya hanya untuk 2 pax sehingga hanya dapat bonus sarapan untuk 2 orang. Kalau bawa anak-anak? Ya, mereka gak dapat sarapan. Lalu bagaimana dengan villa? Jelas bisa beramai-ramai. Ada kamar lebih dari satu. Ada dapur sehingga bisa masak bebas. Ada halaman untuk bermain. Dan lain sebagainya. Nah, di Ciater, ketersediaan villa begitu menjamur. Menyenangkan dan gak bikin menyesal.

Coba aja klik di sini karena di sana sudah tersedia beberapa villa yang lokasinya begitu strategis ke tempat berendam air panas. Misalnya saja Villa Marindu & Glamping, Villa De Nata, Villa Lembah Hijau Ciater, atau Villa Ciater Highland. Untuk yang terakhir, sosok itu pernah mencobanya beberapa tahun lalu. Tempatnya enakeun karena berada di perumahan elit. Ada lapangan yang spotnya bagus banget buat foto-foto.

Hanya itu? Ya gak lah. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, harganya juga gak terlalu mahal untuk bisa diinapi oleh banyak orang. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan budget. Fasilitasnya juga biasanya lebih lengkap dibandingkan hotel. Namun yang perlu diingat, untuk menyewa villa biasanya ada sistem DP (Down Paymet) alias bayar terlebih dahulu. Ini untuk menjaga kepercayaan antara kedua belah pihak. Kalau sudah menginap, barulah bisa dilunasi.

Namun … untuk mendapatkan villa yang diharapkan, apalagi pada hari-hari libur yang lumayan padat, lebih baik sudah jauh-jauh hari untuk mem-booking-nya. Segeralah mencari informasi tentang villa yang diharapkan dan segera mem-booking-nya kalau merasa sudah cocok. Jangan sampai kecewa. Traveling itu bagus loh buat kesehatan. Selamat berlibur di Ciater.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s