Libur Lebaran Seru Bareng Keluarga

Lebaran selalu identik dengan dua hal, mudik dan liburan. Yeayyy! Siapa sih yang gak mau berkumpul bersama keluarga besar dan setelah itu bersenang-senang? Jangankan bagi kaum Muslimin yang memang patut merayakannya setelah berjuang dan beribadah selama bulan Ramadhan, tetapi juga bagi semua manusia yang memang momennya pas untuk berlibur. Apalagi ada uang THR.

Jadi, kalau liburan enaknya kemana neh? Jelas banyak pilihan dan semuanya dijamin akan menjadi momen berharga. Alasannya sederhana … berlibur bersama keluarga akan selalu menjadi momen yang tak terlupakan. Berbeda jika harus berlibur sendiri atau hanya bersama kawan-kawan saja. Baiklah, sosok itu akan membuat list keren tentang liburan yang oke di Jawa Barat, khususnya di Sukabumi, Pangandaran, dan Pangalengan.

Kebetulan sosok itu sudah pernah ke tiga tempat ini. Sukabumi terkenal dengan seribu curugnya, misalnya saja ke Kawasan Geopark Ciletuh. Ada pemandian air panas, dan juga lingkungannya yang masih asri. Oleh karena itu Sukabumi cocok buat wisata alam petualangan. Dia sendiri pernah merasakan serunya masuk ke goa tergelap dan terdalam di Sukabumi, lalu bermobil offroad melewati jalur yang tidak biasa.

Travel Blogger di Kawah Putih

Bergaya di Kawah Putih (Foto: Dudi Sugandi)

Lalu Pangalengan, yang terkenal dengan udaranya yang sejuk bikin menggigil. Ada Situ Cileunca yang merupakan danau buatan sebagai sumber air bagi warga di sekitar Pangalengan, namun bisa dijadikan tempat rekreasi mengasyikkan. Ada kebun teh Gambung dengan sungai Palayangan yang cocok buat arung jeram. Atau hanya sekadar nongkrong sambil menyesap teh atau kopi pilihan.

Bagaimana dengan Pangandaran? Pangandaran tidak melulu tentang laut dan pantai. Basi itu mah, meski keduanya adalah destinasi favorit siapa pun yang akan berkunjung ke sana. Di pedalamannya yang agak menjauh dari bibir pantai, masih ada sungai-sungai yang jernih untuk beriwisata. Mencoba body rafting di sungai Santirah Citumang atau di Cukang Taneuh jelas akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

1. Sukabumi

Sukabumi adalah laksana tempat wisata dengan paket lengkap yang ada di Jawa Barat. Pegunungannya ada, air terjunnya banyak, gua-guanya juga eksotis, plus pantai dan lautnya. Bisa dibilang, Sukabumi adalah wajah aslinya Jawa Barat. Begitu pula dengan masyarakatnya yang begitu kental dengan budaya Sundanya. Sebagai contoh adalah kearifan masyarakat Ciptagelar yang begitu khas akan budaya dan lumbung padinya.

Namun bagi yang ingin berlibur dengan nuansa berbeda, coba deh sekali-kali melakukan wisata gua. Ini laksana mendatangi sebuah museum tetapi langsung ke lokasinya langsung. Gua adalah sebuah museum di bawah tanah (Underground Museum) dan Sukabumi menyediakannya. Tempatnya sendiri berada di Cipicung Cave Horizontal Buniayu yang menyajikan lorong gelap penuh keindahan dan pengetahuan.

Wisata Gua Buni Ayu

Penelusuran di gua ini akan berlangsung selama satu jam sejauh 200 meter. Seperti halnya museum dengan penataan ruang pamer, gua ini juga menyajikan keindahan meski dalam kegelapan. Ornamen beragam bentuk tersaji dalam berbagai tata letak yang tercipta melalui proses alami selama ribuan tahun. Ada stalaktit, stalagmit, dan sebagainya, dengan berbagai bentuk. Nikmati sajian Gua Buni Ayu yang eksotis.

Baca Memburu Sunrise di Puncak Darma

Kalau ingin petualangan di atas bumi yang biasa dilakukan, coba juga petualangan mobil offroad dan juga tubing di sungai. Kombinasi petualangan ini jelas akan menantang sekaligus menyenangkan buat kamu. Perjalanan fun offroad melalui jalur desa dan kebun menggunakan kendaraan 4 wheel drive ke Pondok Halimun akan mengawali petualangan yang tidak ada habis-habisnya.

Gurilaps

Setelah itu mari bersenang-senang di sungai Cipelang dengan cara tubing. Tubing ini tidak menggunakan perahu, melainkan hanya menggunakan ban dalam. Yakin berani? Ya, keberanian kamu akan dijajal dengan meluncur bebas di atas aliran sungai yang deras hanya menggunakan ban selama 6 jam. Tetapi jangan khawatir kok karena kamu juga bakal mengenakan perlengkapan keselamatan. Jadi aman.

2. Pangandaran

Pangandaran adalah ikon wisata pantai dan laut yang terkenal di Jawa Barat. Akan tetapi kalau bosan dengan membangun istana pasir di pantai atau hanya sekadar makan ikan, mengapa gak mencoba mengintip ikan-ikan laut yang sedang berenang? Tentu ceritanya akan jauh berbeda jika dibandingkan hanya sekadar berenang dan bermain di pantai. Cuss atuh ke Pantai Timur Pangandaran.

Snorkeling atau menyelam di permukaan (dangkal) seperti mengintip pesona alam bawah air laut yang menawan itu bisa dilakukan di perairan Pantai Pasir Putih Timur Pangandaran. Beragam jenis ikan cantik dan terumbu karang indah dapat kamu saksikan dari dekat. Ikan berwarna-warni yang berenang ke sana ke mari akan menjadi sahabat sekaligus pemandangan yang tak ternilai.

Dengan durasi yang hanya empat jam, percaya deh bahwa berfoto di bawah permukaan air laut akan menjadi momen tak terlupakan dan tak akan terlewatkan begitu saja. Ini akan menjadi kenangan tersendiri dan keluarga. Percayalah bahwa Pangandaran yang begitu-begitu saja seperti jalan-jalan di pantai, berenang-renang ke tepian, berkunjung ke pasir putih atau gua di area cagar alam tidak lagi berkesan monoton.

HAU Citumang Ecolodges | Citumang Body Rafting | Pangandaran | Bang Aswi

Ada ‘wajah lain’ dari Pangandaran, tepatnya di suatu tempat agak ke dalam di daerah Cijulang. Sosok itu melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana setelah kabur dari peradaban kota, dirinya langsung terhipnotis oleh keasrian alam yang benar-benar masih alami. Sesuatu yang amat didambakan, yaitu Green Canyon atau Cukang Taneuh dan Citumang.

Baca After Weekend di HAU Citumang

Siapapun bisa bermain air, berenang, melintasi jeram, dan menyusuri arus sungai yang dikeliling pohon-pohon besar. Sekalipun tak mahir berenang, body rafting di Sungai Cijulang menyajikan sensasi berbeda dan dijamin aman. Silakan menyusuri trek sepanjang lima kilometer dengan total perjalanan 2-3 jam. Relaksasi sambil telentang di atas air membentuk formasi melingkar akan menjadi hidup kamu lebih berarti.

Gurilaps

Tidak hanya di daerah Cijulang, di daerah Parigi juga ada. Sensasinya kuran glebih sama, yaitu berenang atau body rafting di Sungai Citumang sejauh satu kilometer selama 1,5 – 2 jam. Kamu bisa bersantai mengikuti arus sungai yang tenang sembari menikmati pemandangan hutan jati alami. Lalu, menyusuri dan melewati jeram dengan beragam ketinggian, atau meloncat dengan berbagai gaya dari atas bebatuan.

3. Pangalengan

Menjernihkan pikiran atau melepas penat bisa dilakukan dengan cara berkemah atau bermalam di Glamping Cileunca di tepian Situ Cileunca. Di sana akan terasa lebih tenang dan damai. Tak terdengar bising kendaraan, udara yang bersih, dan keramahan penduduk lokal. Di tengah pemandangan hijau dan udara dingin khas pergunungan, kamu dapat merayakan kebersamaan dengan beragam kegiatan.

Bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja dapat mengitari api unggun sembari menyantap kudapan tradisional hingga menikmati malam dengan bernyanyi. Jika langit malam cerah tak berawan, pemandangan milky way di angkasa tentu akan menjadi bonus tak terlupakan. Beberapa juga bisa dengan santai menikmati teh atau kopi panas setelah rafting itu memang sesuatu banget.

Gurilaps Situ Cileunca

Baca Perang Air di Sungai Palayangan

Ya, rafting. Rafting dengan titik start di Situ Cileunca akan diteruskan ke sungai Palayangan. Rafting yang seru karena bisa menikmati keindahan alam hutan pinus, perkebunan kopi, dan perkebunan teh sepanjang lima kilometer. Bertualang selama dua jam yang penuh drama karena menyusuri jeram-jeram sungai dengan berbagai tingkat kesulitan. Lalu setelahnya menyesap teh atau kopi hangat. Nikmatnya.

Kemping oke, rafting juga oke. Dua kegiatan alam bebas yang akan memberikan pengalaman berkesan bagi siapapun. Pikiran pun bisa menjadi jernih setelah berkemah di tengah pemandangan hijau sekaligus merayakan kebersamaan mengitari api unggun dan hidangan barbekyu. Dinginnya udara Pangalengan akan terasa hangat saat kamu berkumpul dan bernyanyi bersama keluarga atau sahabat di depan api unggun.

Rafting-5

Yakin kan gak mau melewati semua keasyikan dan petualangan yang disuguhkan di atas? Jika yakin, maka segeralah booking biar tidak gak kehabisan. Kebetulan ada HOT PROMO POTONGAN HARGA dari Gurilaps untuk pembelian paket wisata sampai tanggal 9 Juni 2019 kalau kebetulan kamu dan keluargamu sedang mudik ke sekitar Pangandaran, Sukabumi, atau Bandung Selatan.

Beli sekarang dan gunakan paket wisatanya bersama keluarga tercintamu. Sosok itu sudah pernah merasakannya dan alhamdulillah seru pisan. Akan tetapi kalau kebetulan tempat mudik kamu jauh dari ketiga tempat di atas dan masih di Jawa Barat, coba deh cek ke situs https://www.gurilaps.com karena di sana juga ada paket wisata lainnya yang tidak kalah serunya. Cus atuh![]

Keterangan Meeting Point (mepo):

  1. Museum Bawah Tanah Gua Buni Ayu meponya di BAT CAVE (Buniayu Adventure & Training), Jl. Cipicung, Kertaangsana, Nyalindung, Sukabumi.
  2. Petualangan Offroad dan Tubing meponya di Boendel Cafe & Resto depan RS. R. Syamsudin SH, Jl. Rumah Sakit, Cikole, Sukabumi. Lalu menuju ke Pondok Halimun Camping Ground Selabintana.
  3. Mengintip Ikan di Laut meponya di Pantai Timur Pangandaran, Pangandaran.
  4. Mengambang di Green Canyon meponya di Jl. Raya Cijulang, Kertayasa, Cijulang.
  5. Body Rafting di Citumang meponya di Parkiran Citumang, Parigi.
  6. Santai bareng Keluarga di Situ Cileunca, Rafting, dan Libur Lebaran Seru meponya di tempat yang sama, yaitu di parkiran Situ Cileunca.

One thought on “Libur Lebaran Seru Bareng Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s