ROG Phone II, Smartphone Gaming Terkini

Smartphone terus mengalami perubahan yang makin paripurna. Teknologi internet yang terus berkembang, membuat smartphone menjadi alat primer yang selalu dibawa-bawa manusia. Dari bangun hingga bersiap tidur kembali, manusia seperti tidak lepas dengan smartphone. Ponsel tidak lagi hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat menghabiskan waktu untuk bermain games.

Ya, game atau permainan elektronik juga telah merangsang sosok itu untuk menggerayangi komputer lebih edan lagi. Berbagai game yang dikenalnya dari zaman gamewatch, nintendo, hingga play station, kini berpindah ke komputer dan juga smartphone. Sebelumnya dia pernah mengulas tentang Keluarga ROG Series, yaitu berbagai laptop yang memang dibuat ASUS untuk menunjang asyiknya bermain game.

Kini, ASUS kembali memperkenalkan ROG Phone II sebagai smartphone canggih yang bakal memanjakan para gamers di Indonesia. Pada hari Kamis, 5 Desember 2019, ASUS resmi memperkenalkan ROG Phone II sebagai smartphone gaming paling canggih dan bertenaga di dunia. Ponsel ini dianggap sebagai smartphone gaming-centric dengan fitur gaming yang tidak tertandingi.

Makanya taglineWe Own The Game” terus digaungkan untuk menunjukkan bahwa ASUS ROG Phone II telah siap mendominasi pasar mobile gaming di Indonesia. Sejak pertama kali hadir, ROG adalah brand gaming yang konsisten mengedepankan performa serta pengalaman gaming terbaik. “Tidak ada smartphone gaming yang bisa menandingi ROG Phone II,” tegas Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia.

Gak heran, kalau pada malam sebelum peluncuran, ratusan orang sudah memenuhi Grand Ballroom Hotel Pullman untuk mengantri membeli ROG Phone II. Mereka rela menginap demi mendapatkan smartphone gaming dambaannya itu, bahkan ada yang datang dari Batam dengan menaiki pesawat PP. Wajar saja, mereka berharap dapat bonus lebih seperti smartwatch ROG X G-Shock 2nd Generation atau jaket eksklusif ROG.

Banner_058

Sebenarnya apa sih yang membuat ROG Phone II begitu digilai bahkan baru kabarnya saja yang datang, orang-orang sudah berduyun-duyun dan ngantri? Untung saja panitia dari tim ASUS begitu cepat bergerak dan membuat antrian yang biasanya gak manusiawi jadi manusiawi, karena mereka yang antri bisa tidur di Grand Ballroom yang empuk dan nyaman, plus disediakan sarapan/maksi dan minuman.

1. Prosesor Tercepat dan Sistem Pendingin Berlapis

ROG Phone II ditenagai oleh Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform yang dibekali Qualcomm® Kryo™ 485 CPU dengan clockspeed hingga 2,96GHz. Juga ada chip grafis Adreno 640 yang memiliki performa 15% lebih kencang dari GPU yang ada di Qualcomm® Snapdragon™ 855. Prosesor ini pun terintegrasi penuh dengan Qualcomm® Snapdragon™ Elite Gaming yang membuat ROG Phone II sebagai smartphone paling bertenaga dan optimalisasi untuk bermain game.

ROG Phone II menggunakan sistem pendingin khusus yaitu GameCool II yang memanfaatkan 3D vapor chamber yang memungkinkan panas dapat dihantarkan dan dibuang dengan sangat baik. ASUS juga menghadirkan AeroActive Cooler II yang dapat membantu sistem pendingin di ROG Phone II menjadi lebih baik lagi. Alat ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai aksesoris ROG Phone II, seperti Aero Case dan ROG Kunai controller.

2. Kapasitas Penyimpanan dan Konektivitas Juara

ROG Phone II menggunakan penyimpanan UFS 3.0 berkapasitas hingga 512GB, sehingga memastikan waktu loading di dalam game dapat berjalan sangat cepat. ROG Phone II tidak hanya didukung konektivitas 4G LTE Cat 18 dengan kecepatan download hingga 1,2Gbps, tetapi juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ad yang menggunakan koneksi 60GHz serta memiliki kecepatan transfer data hingga 4,6Gbps.

Smartphone Gaming

3. Layar Kelas Profesional

Untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik, ROG Phone II dilengkapi dengan layar AMOLED dengan refresh rate kencang 120Hz dan response time 1ms, mengalahkan seluruh smartphone yang ada saat ini. Tidak hanya dapat menampilkan kualitas visual terbaik berkat warna yang sangat akurat dengan tingkat Delta E<1, ROG Phone II juga mampu menghadirkan pengalaman gaming dengan framerate terbaik serta tampilan jelas tanpa blur.

Layar berukuran 6,59 inci tersebut telah dioptimalkan agar nyaman digunakan saat bermain game dengan posisi landscape. Menggunakan ROG Phone II, gamer akan tetap dapat melihat tampilan game dengan sangat jelas dan tidak terhalangi oleh jari. Smartphone ini juga menggunakan kaca pelindung Corning® Gorilla® Glass 6 yang sangat kuat, menjadikannya sebagai salah satu smartphone flagship paling tangguh.

4. Stamina Tak Tertandingi

ROG Phone II berbeda dengan smartphone lainnya, berkat baterai berkapasitas 6.000mAh. Otomatis main game jadi lebih lama tanpa harus mengisi ulang daya smartphone-nya. ROG Phone II juga mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 4 dan hadir dengan adapter charger khusus berteknologi ROG HyperCharge. Adapter berdaya 30W tersebut mampu mengisi daya ROG Phone II sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit.

5. Smartphone Gaming Paling Asyik

ROG Phone II merupakan smartphone gaming-centric. Ia hadir dengan rancangan bangun bodi yang ergonomis dan nyaman digenggam untuk bermain game secara landscape. ROG Phone II juga dilengkapi dengan segudang fitur gaming eksklusif seperti AirTrigger II. AirTrigger II merupakan fitur gaming yang tampil dengan sensor khusus sehingga memiliki latency lebih rendah dari pendahulunya, yaitu hanya 20ms.

AirTrigger II menawarkan kontrol lebih dalam game dan menghadirkan pengalaman layaknya menggunakan tombol trigger di controller konsol. Ia juga didukung oleh teknologi Dual Surrounding Vibration dan 3.5mm headphone jack untuk gamer yang masih suka menggunakan headphone kabel. Fitur side-mounting port juga memungkinkan gamer mengisi ulang daya smartphone tanpa mengganggu sesi bermain.

We Own The Game

6. Aksesoris Tiada Duanya

Sederet aksesoris eksklusif bisa disematkan pada ROG Phone II dan membuatnya sebagai smartphone gaming yang tidak tertandingi. Misalnya saja AeroActive Cooler yang merupakan perangkat pendingin aktif. Kipas khususnya lebih senyap dan mampu mendinginkan semua komponen smartphone. Lalu ada TwinView Dock II yang membuat gamer dapat merasakan pengalaman bermain dengan dua layar.

TwinView Dock II masih mengusung layar yang sama dengan ROG Phone II dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Sebuah kipas juga ditempatkan di TwinView Dock II yang memungkinkan gamer bermain dalam jangka waktu lebih lama tanpa mengorbankan performa. Ada pula Kunai Gamepad yang merupakan sebuah controller game berupa casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas.

Terakhir ada Desktop Docking yang merupakan perangkat yang memungkinkan gamer untuk merasakan pengalaman gaming layaknya PC desktop menggunakan ROG Phone II. Aksesoris ini memiliki port USB Type-A dan port display seperti HDMI dan DisplayPort sehingga bisa dihubungkan ke monitor, keyboard, serta mouse. Ada sistem remapping khusus di dalam ROG Phone II sehingga game dapat dikontrol menggunakan keyboard dan mouse.

Banner_059

Asphalt adalah game balapan yang tidak hanya sekadar saling susul-menyusul. Game keluaran Gameloft ini sudah sampai sembilan seri, dimana seri pertama dan keduanya adalah seri Urban GT. Saat itu Asphalt hanya bisa dimainkan di mobile, nintendo, N-Gage, PS Portable, dan Symbian. Baru pada seri lima, Asphalt sudah bisa dimainkan di Android. Artinya sudah bisa dimainkan pada semua smartphone, termasuk iPhone.

Asphalt 9: Legends

Pada seri 8 yang bertema Airborne, Asphalt makin banyak memasukkan elemen aksi. Bagi sosok itu yang menggerami film aksi seperti seri ‘Fast and Furious’ maka rasa Asphalt pada seri ini adalah sama. Bermain game jadi seperti masuk ke dalam film laga yang dikomandani oleh Vin Diesel itu. Asphalt 8 juga ada penambahan mode baru berupa infection (full nitro) dan drift gate.

Jadi kebayang serunya balapan dengan sangat cepat karena adanya energi full nitro selama 20-30 detik atau nge-drift asyik pada tempat-tempat tertentu saja. Desain lintasannya juga semakin hidup dan detail lingkungan sekitar begitu mendekati realistis. Jalan tikus atau jalan pintas pun semakin dioptimasi dan amat berpengaruh pada hasil lomba. Audio juga makin edun, apalagi kalau memakai headphone yang mumpuni.

Nah, pada seri 9 yang bertema Legends, Asphalt jelas akan semakin diasah lebih baik lagi. Bahkan kalau membeli ROG Phone 2, kamu langsung akan mendapatkan mobil Porsche 911 gratis dengan desain ROG Phone di sekujur tubuhnya. Asyik pake banget kan?! Tidak hanya itu, game ini juga mendukung fitur getaran bawaan ROG Phone 2 serta Dual Screen untuk generasi kedua Twinview dock. Wow!

Lalu berapa harga dari ROG Phone II dan bagaimana keunggulan dari kamera ROG Phone II yang katanya mengusung sensor Sony IMX586 dengan kapasitas 48MP Quad Bayer? Oke deh, kalau begitu silakan lanjut baca ke artikel Menjajal Kehebatan Kamera ROG Phone II dan perhatikan spesifikasi dari ROG Phone II ini.[]

Spesifikasi ROG Phone II

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s