Kampung Siaga Covid-19

Sebuah status di fesbuk pada hari Sabtu (21 Maret 2020) milik Kang Bayu Gawtama menuliskan, “Yang terhormat, Bapak Presiden Jokowi, Para Menteri, Kepala BNPB, Para Gubernur seluruh Indonesia, Para Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, Para camat, lurah, kepala desa, kepala kampung . Ini sumbangsih kami, tim Sekolah Relawan….” Dan seterusnya. Sosok itu membaca dengan teliti dan … WOW!

Ide yang sederhana namun jika diimplementasikan akan sangat luar biasa dalam kondisi bangsa yang sedang dilanda wabah Covid-19. Katanya, ide tersebut disusun hanya satu hari setelah Kepala BNPB, Dony Monardo, mengumumkan Covid-19 sebagai bencana nasional (14 Maret 2020), dan penanganannya bisa dilakukan melalui basis komunitas. Inilah “Kampung Siaga Covid-19“.

Kampung Siaga

Banner_1

Oya, sosok itu mengenal Kang Bayu saat masih aktif di Forum Lingkar Pena (FLP) pada awal tahun 2000-an. Kang Bayu sudah bergelut di dunia kerelawanan selama 20 tahun lebih. Beragam pengalamannya menjadi relawan segala medan, mulai dari sosial, pendidikan, hingga bencana alam telah membentuk karakternya. Namun ada satu hal yang membuatnya resah.

Sterilisasi Fasum dan Fasos

Hal itu ialah soal kapasitas atau kemampuan relawan saat terjun ke masyarakat. “Banyak yang mau bantu dan banyak yang mau jadi relawan. Namun, sesampainya di lokasi, mereka kebanyakan nggak tahu mau melakukan apa, teknik menolong di daerah bencana misalnya, mereka nggak memiliki itu. Belum lagi kalau nggak kuat mental saat menolong korban di daerah bencana,” ujarnya.

Beliau pun terdorong untuk mendirikan sebuah lembaga edukasi kerelawanan yang ia namakan Sekolah Relawan. Ia tidak berdiri sendiri, tetapi menggandeng kedua rekannya, yaitu Dony Aryanto dan Roel Mustafa. Lembaga edukasi itu ia dirikan pada 13 Januari 2013 di kota Depok, Jawa Barat. Lembaga yang memberikan edukasi dalam hal kapasitas dan kemampuan untuk menjadi seorang relawan.

Sistem Keamanan Warga

Kang Bayu sudah menulis beberapa buku, diantaranya adalah Oase Jiwa (Eramuslim, 2004), Berhenti Sejenak (Hikmah Mizan, 2004), School of Life (Hikmah Mizan, 2005), Lelaki 11 Amanah (Gema Insani Press, 2006), Berguru Pada Kehidupan (Hikmah Mizan, 2007), Tangan Allah di Seutas Tali (Kauny, 2008), dan Oase Hati (ProU Media, 2010). Beliau juga memiliki usaha Cekerz Loverz Resto sejak Februari 2014.

Banner_2

Nah, pada tanggal 15 Maret 2020, konsep rumusan Kampung Siaga Covid-19 ini sudah selesai dan langsung disosialisasikan secara langsung ke beberapa wilayah di Depok, yang kebetulan berdekatan dengan basecamp Sekolah Relawan. Beliau juga mensosialisasikannya melalui media sosial. Alhamdulillah … responnya positif bahkan sampai ke Jawa Tengah.

Lumbung Pangan

Konsep utama dari Kampung Siaga Covid-19 ini adalah menggerakkan partisipasi masyarakat, mengaktifkan kembali kearifan lokal (local wisdom), memperkuat budaya gotong royong, serta memberdayakan potensi lokal, baik SDM maupun potensi lainnya. Jadi intinya … mari bekerja sama karena wabah Covid-19 ini adalah masalah bersama yang harus dituntaskan.

Pola Hidup Bersih dan Sehat

Meski namanya kampung, bisa diterapkan juga di komplek-komplek perumahan, karena konsepnya adalah membentuk satgas siaga Covid-19 di tingkat RW/kampung. Beberapa programnya adalah sosialisasi hidup bersih dan sehat, sterilisasi fasum dan fasos, mengaktifkan sistem keamanan warga, membuat sistem informasi kesehatan warga, mengaktifkan lumbung pangan warga, pengadaan relawan lingkungan, dan WA Group.

Kesehatan Warga

Struktur tugasnya harus ada Ketua Satgas, Koordinator Kesehatan, Koordinator Keamanan, Koordinator Logistik, dan Humas. Sedang tugas dan fungsi Satgas adalah mengedukasi warga tentang Covid-19, menggerakkan partisipasi warga, membuat sistem keamanan warga dan sistem informasi kesehatan warga, dan tentu saja mengambil tindakan cepat tepat dan tuntas jika ada warga yang terduga (suspect) Covid-19.

Sekolah Relawan

Semoga melalui tulisan ini, sumbangsih pemikiran Kampung Siaga Covid-19 dapat bermanfaat untuk negeri ini. Kita yakin Indonesia kuat, dan insya Allah sanggup mengatasi wabah ini secepatnya. Bismillaaahirrahmaanirrahim….[]

One thought on “Kampung Siaga Covid-19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s