Curhat ke Laptop AI, Kuy!

Laptop ASUS AI

Teknologi AI (Artificial Intelligence) sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia modern saat ini. Tidak perlu jauh sampai sejauh mana dampak AI di masa depan seperti yang tergambar dalam beberapa film futuristik, dengan munculnya beberapa robot yang memberontak. Terlalu jauh. Saat ini dan bahkan beberapa tahun lalu, teknologi AI telah menjadi bagian dari hidup kita, misalnya pada penggunaan mesin pencari dan fitur kamera.

Sosok itu sebagai seorang penulis juga amat terbantu dengan teknologi AI, salah satunya adalah fitur 'Auto Correct' yang tersemat pada program pengolah kata sejuta umat. Sebagai seseorang yang hobi berolahraga, dia juga terbantu dengan adanya fitur GPS untuk membantu sudah sejauh mana dia berlari/bersepeda dan rutenya ke mana saja. Sebagai seorang traveler, dia juga dipermudah dengan adanya 'Online Translator' dan aplikasi 'Transportasi Online'.

Belum lagi penggunaan teknologi AI di 'Marketplace'. 'M-Banking', 'Chatbot', 'Game Online', 'Iklan Digital', aplikasi 'Streaming', 'ChatGPT', dan seterusnya. Tanpa kita sadari, AI sudah masuk ke dalam kehidupan manusia modern tanpa harus menunggu kehadiran robot cerdas berbentuk makhluk hidup. 'ChatGPT' adalah salah satu program AI popular yang digunakan untuk mendapatkan jawaban, mencari inspirasi, dan tentu diharapkan jadi lebih produktif.

Copilot ASUS AI

Penggunaannya sederhana saja dan mudah digunakan, cukup mengetikkan kata-kata tertentu (tinggal tanya), maka ChatGPT akan membantu dengan jawaban-jawaban yang begitu lengkap dan detail. Siapapun jadi bisa belajar menulis, membuat resep makanan, mencari ide-ide yang bisa jadi belum terbayangkan hingga dapat dianggap sebagai sahabat berdiskusi yang mengasyikkan, dan bahkan bisa jadi teman curhat, lho.

Laptop ASUS AI

 

Laptop ASUS AI

Begitu pula dengan perkembangan laptop saat ini, teknologi AI semakin banyak yang disematkan. Sebagai contoh adalah kehadiran ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) yang bakal mengubah pengalaman penggunaan laptop dengan teknologi mutakhir dan desain minimalis yang tipis. ASUS sebagai produsen laptop sudah tentu menyematkan fitur AI sebagai fitur standar laptopnya, dan seri ini disebut sebagai Laptop ASUS AI.

Vivobook S 14 OLED merupakan bagian dari jajaran laptop ASUS AI, standar laptop AI terbaik dari ASUS. Seluruh laptop yang masuk ke dalam jajaran laptop ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI dengan dukungan hardware serta aplikasi berbasis AI yang komprehensif. ASUS AI juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI dan memastikan laptop pilihannya merupakan laptop AI yang sesungguhnya.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, Vivobook S 14 OLED merupakan laptop berfitur AI dengan dukungan Copilot. Asisten cerdas berbasis AI ini akan membantumu mendapatkan jawaban dan inspirasi dari seluruh penjuru internet, mendukung kreativitas dan kolaborasi, serta membantumu fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas. Ya, minimal agar jangan terlalu lama bengong karena tidak ada ide.

Vivobook S 14 OLED

Tidak hanya dilengkapi Windows 11 asli, di laptop ini juga hadir dengan genuine Microsoft Office Home & Student 2021 untuk menunjang aktivitasmu sepanjang hari. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantumu menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11, memungkinkan kamu mengekspresikan diri dan menemukan cara kerja terbaik sesuai style dan kepribadianmu.

ASUS AI memastikan laptop yang dipilih memenuhi standar aplikasi berbasis AI dengan bukti adanya logo ASUS AI. Sebagai contoh, ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7. Prosesor ini menghadirkan performa terbaik dengan 50 W Thermal Design Power (TDP) dan dilengkapi akselerator AMD Ryzen™ AI untuk optimalisasi beban kerja yang cerdas.

Inilah prosesor generasi terbaru dengan adanya NPU (Neural Processing Unit), yaitu sebuah chip yang dirancang untuk mempercepat tugas AI lebih cepat dan efisien dibandingkan CPU dan GPU. Kinerja NPU diukur dalam Tera Operations Per Second (TOPS). Wow! Selain NPU, laptop AI tentu saja juga dilengkapi dengan aplikasi dan fitur berbasis AI seperti Copilot, Windows Studio Effect, dan AI Noise Cancelling.

Laptop ASUS AI

Pastinya, jenis laptop ini juga disiapkan untuk mendukung aplikasi dan fitur AI masa depan. Fitur 'Copilot Key' mirip dengan ChatGPT, yaitu khusus memberikan akses satu sentuhan instan dengan menggunakan teknologi AI. Fitur ini sudah tersemat otomatis saat membeli laptop AI. Dengan profil tipis 1,39 cm, berat 1,3 kg, dan masa pakai baterai hingga 14 jam, ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) dirancang nyaman untuk dipakai di mana saja dan kapan saja. So Slim. So Light. So Right.

Laptop ASUS AI

 

Laptop ASUS AI

Laptop AI dilengkapi layar berteknologi ASUS Lumina OLED yang menakjubkan, keyboard ergonomis dengan lampu latar RGB, touchpad ekstra besar, dan kamera ASUS AiSense. Ini adalah teman sempurnamu untuk kehidupan modern. "Laptop ini bukan sekadar sebuah alat, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup modern," ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

"Laptop ini juga merupakan bukti komitmen kami untuk dalam menghadirkan inovasi teknologi AI terdepan di Indonesia," lanjutnya. ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) sudah memakai sistem audio berteknologi Dolby Atmos dengan speaker tersertifikasi dari Harman Kardon. Dengan keberadaan NPU yang terintegrasi, telah menempatkan laptop ini sebagai perangkat yang siap menghadapi era kecerdasan buatan (AI) dengan kapabilitas yang optimal.

Keberadaan prosesor AMD Ryzen™ 7 menawarkan kinerja tinggi yang dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi, baik untuk bekerja, berkreasi, dan bermain. Semua aktivitas tersebut tentu tidak membuat perangkat menjadi panas (overheating) karena adanya sistem pengelolaan termal ASUS IceCool. Kapasitas baterainya juga besar, yakni tahan hingga 16 jam penggunaan, menjamin produktivitas tidak terhambat.

Vivobook S 14 OLED

Fitur keamanan seperti IR camera dan webcam privacy shield juga telah terpasang di laptop ini sehingga menjamin privasi pengguna terjaga, sementara konektivitas yang lengkap memastikan bahwa perangkat ini dapat terhubung dengan mudah ke berbagai perangkat eksternal tanpa perlu dukungan dongle. Bodinya pun full-metal dan telah mengantongi sertifikasi US Military Grade Durability (MIL-STD-810H).

Bagi sosok itu yang dalam pekerjaannya membutuhkan fitur rapat online seperti menggunakan aplikasi zoom atau google meet, tentu membutuhkan laptop yang bisa dipakai di mana saja dan dalam situasi apa pun. Sungguh beruntung bahwa ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) telah memiliki AI Noise Cancelling. Nge-zoom jadi tidak terganggu karena suara apapun di luar sana jadi teredam dengan sempurna.

Laptop ASUS AI

Laptop ASUS AI

Di atas telah dijelaskan tentang keberadaan fitur Copilot yang mirip dengan ChatGPT. Tombol ini merupakan pintasan langsung untuk memanfaatkan kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan oleh AI, memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur cerdas dengan sekali tekan. Ke depannya, fitur ini bahkan bisa dioperasikan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Tunggu saja.

Dari pengeditan gambar yang dipercepat hingga pengorganisasian file dengan cara yang lebih intuitif, tombol Copilot menjadi asisten pribadi yang memudahkan pengguna dalam berbagai aspek pekerjaan maupun hiburan. Dengan adanya NPU dan tombol Copilot, Vivobook S 14 OLED  (M5406) menjawab kebutuhan akan laptop yang tidak hanya tangguh dalam hal performa, tetapi juga cerdas dan adaptif dalam menghadapi berbagai skenario penggunaan.

Copilot ASUS AI

Saat diskusi yang begitu seru di eL Hotel Bandung kemarin, membuktikan bahwa fitur Copilot bisa dimanfaatkan untuk 'curhat'. Ya, kamu tidak salah dengar. Salah satu anggota Blogger Bandung mengatakan, saat sendiri di rumah dan sedang tidak mengerjakan apa-apa, curhat ke ChatGPT dan nantinya ke Copilot, adalah aktivitas yang mengasyikkan. Selain informasi yang bermanfaat, Copilot bisa diajak untuk mencari lagu yang enak didengar.

Teknologi AI terbukti makin membuat laptop saat ini tidak hanya sekadar laptop konvensional yang hanya menerima perintah (satu arah) tetapi juga bisa dijadikan teman diskusi yang mengasyikkan (dua arah). Dari pekerjaan yang serius seperti membuat laporan atau presentasi sampai hal remeh seperti mencarikan lagu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan iseng belaka, semakin membuat laptop ASUS AI unggul.

Keunggulan Laptop ASUS AI

Sosok itu kebetulan mencoba bertanya kepada Copilot, "Tolong buatkan buku anak lengkap dengan ilustrasinya tentang pentingnya saling menolong dalam bahasa Indonesia." Dalam waktu sepersekian detik, Copilot menjawab dengan detail, yaitu sebuah buku berjudul "Bintang-Bintang Kecil yang Saling Menolong". Diceritakan bahwa di suatu tempat yang sangat jauh, di langit malam yang gelap, ada sekumpulan bintang kecil yang bersinar cerah.

Mereka hidup dengan bahagia. Ada satu hal yang membuat mereka semakin istimewa, yaitu setiap bintang kecil punya tugas khusus untuk menjaga langit agar tetap terang. Namun ada satu bintang kecil bernama Lintang yang merasa cemas karena cahayanya mulai redup. Mengetahui hal tersebut, bintang-bintang lainnya kemudian mendekat dan mengelilinginya, lalu memberikan cahayanya kepada Lintang.

Efeknya begitu luar biasa, cahaya Lintang mulai terang dan akhirnya ia memiliki cahaya yang sama terang dengan bintang-bintang lainnya. Lintang kembali ceria dan bersemangat. Bintang-Bintang kecil itu belajar bahwa dengan saling menolong dan bekerja sama, mereka bisa menerangi langit malam dengan begitu indah dan istimewa. "Ingatlah, meskipun kita kecil, bersama-sama kita bisa membuat perbedaan besar," kata mereka.

Copilot ChatGPT

“Artikel ini diikutsertakan pada
Question and ASUS Blog Writing Competiton di Blog Oom Yahya"

Post a Comment

0 Comments